uefau17.com

3 Cara Membuat Origami Love, Perhatikan Langkah-langkahnya - Hot

, Jakarta Cara membuat origami love adalah kegiatan yang dapat mengasah kreativitas karena dalam proses pembuatannya, seseorang diharuskan memikirkan cara melipat kertas menjadi bentuk hati yang indah dan estetis. Proporsi, simetri, dan keselarasan dalam setiap lipatan harus dipertimbangkan agar bentuk hati yang dihasilkan tampak seimbang dan terlihat sempurna.

Cara membuat origami love dapat dilakukan dengan kertas berbagai warna dan pola yang berbeda. Hal ini menjadi salah satu media mengekspresikan kreativitas dan perasaan pembuat origami. Cara membuat origami love dapat dilakukan dengan teknik-teknik lipatan yang berbeda untuk menghasilkan bentuk hati yang berbeda pula. 

Selain mengasah kreativitas, membuat origami love juga dapat meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, karena memerlukan kesabaran dan perhatian yang tinggi pada setiap langkah pembuatannya. Dengan demikian, membuat origami love dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi pengembangan diri dan keterampilan yang dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan. Berikut cara membuat origami love yang rangkum dari berbagai sumber, Senin (27/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Origami Love Sederhana

  1. Pakai kertas origami 15x15cm
  2. Letakkan kertas di alas lipat dengan bagian berwarna atau bermotif menghadap bawah.
  3. Lipat kertas menjadi dua secara diagonal, kemudian buka. Lakukan hal yang sama pada sudut lainnya hingga terdapat bekas garis diagonal yang saling bersilangan.
  4. Lipat ujung atas hingga sudutnya bertemu dengan lipatan tengah.
  5. Lipat ujung bawah ke atas hingga sudutnya bertemu dengan lipatan atas.
  6. Lipat sisi kanan ke atas secara diagonal agar sejajar dengan tengah.
  7. Ulangi hal yang sama untuk sisi kiri.
  8. Balik kertas, kemudian lipat kedua sudut di kanan dan kiri ke dalam dalam.
  9. Lipat dua sudut bagian atas ke dalam juga.
  10. Origami love sederhana selesai dibuat.
3 dari 4 halaman

Cara Membuat Origami Love Bunga

  1. Ambil selembar kertas lipat, kemudian bagi menjadi dua membentuk persegi panjang.
  2. Lipat jadi dua membentuk persegi dengan sisi berwarna di bagian luar, kemudian buka
  3. Bawa 2 atas ke lipatan tengah membentuk segitiga, kemudian buka lagi.
  4. Lakukan hal yang sama pada 2 sudut bagian bawah.
  5. Sekarang dapat terlihat ada ada dua garis X.
  6. Lipat ke dalam sisi kiri dan kanan garis X sehingga membentuk ssegi tiga, lakukan hal yang sama pada X lain.
  7. Pastikan untuk menekan lipatan sampai rata
  8. Ambil lapisan atas segitiga di kiri dan lipat ujung atas dan bawah sampai bertemu dengan titik tengah di kiri. Ulangi juga untuk sisi yang kanan.
  9. Buat lipatan squash dengan penutup yang baru saja dibuka. Buka dengan hati-hati trus tekan ujungnya ke bawah sampai memenuhi garis lipatan tengah. Ulangi sampai membentuk empat squash.
  10. Ambil dua sudut setiap persegi trus lipat ke arah lipatan tengah untuk membuat layang-layang kecil. Lakukan juga untuk tiga kotak lainnya.
  11. Buka setiap layang-layang kecil dan tekan ujungnya ke bawah ke lipatan tengah. 
  12. Balik origami, akan tampak dua segitiga dengan lipatan di tengahnya. Lipat salah satu segitiga ini di atas segitiga lainnya. 
  13. Bentuk love dengan melipat dua titik terluar. Selesai.
4 dari 4 halaman

Cara Membuat Origami Love Tumpuk

  1. Siapkan selembar kertas ukuran letter atau A4. 
  2. Lipat sudut atas kertas ke bawah sehingga bertemu dengan sudut kiri kertas. Buka lipatannya, dan lakukan hal yang sama pada sudut yang lainnya, jangan buka lipatan kertas.
  3. Lipat bagian dasar kertas menjadi dua bagian hingga sisi bagian dalam kertas tidak terlihat lagi.
  4. Buka lipatan di bagian atas kertas. Sekarang akan tampak dua cekungan diagonal di atas kertas.
  5. Lipat bagian atas kertas ke bawah secara horizontal, sehingga lipatannya bersinggungan dengan persilangan di tengah kertas. Kemudian, buka lipatan kertas.
  6. Balik kertas sekali lagi. Ambil sisi kanan dan kiri kertas di bagian yang ditandai dengan cekungan horizontal dan tarik ke tengah kertas. Saat menariknya, kedua cekungan kertas yang lain seharusnya akan ikut terlipat. Tarik kedua sisi kertas sehingga saling bersentuhan. 
  7. Lipat sudut bawah segitiga sehingga bertemu dengan puncaknya. Hanya lipat lapisan kertas yang atas, bukan keduanya. Buatlah lipatan yang sama di sisi yang lain; sekarang seharusnya Anda telah mendapatkan bentuk wajik.
  8. Lipat kedua sisinya agar bertemu dengan bentuk wajik. Ambil sisi kiri kertas, dan lipat semua yang bukan merupakan bagian dari bentuk wajik yang dibuat pada langkah sebelumnya ke tengah. Buat lipatan yang sama di sisi lainnya.
  9. Buatlah cekungan vertikal. Lipat seluruh bentuk yang dibuat menjadi separuhnya secara vertikal, kemudian buka lipatannya, dan balik.
  10. Lipat sudut bawah ke atas. Ambil kedua sudut bawah dan lipat ke atas, sehingga bertemu di tengahnya. Lipat sehingga bagian yang sebelumnya merupakan garis tepi bagian bawah sejajar dengan garis vertikal yang melalui bagian tengah.
  11. Sembunyikan sudutnya. Masukkan kedua sudut yang dilipat dari bawah ke atas ke dalam ruangan di dalam sayap segitiga. 
  12. Sembunyikan sudutnya lagi. Masukkan sudut sayap tersebut ke dalam ruangan di dalam sayap yang besar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat