uefau17.com

Arti Bersin Menurut Kesehatan, Primbon, dan Budaya di Berbagai Negara - Hot

, Jakarta Arti bersin mungkin dipahami secara berbeda-beda oleh setiap orang. Tidak hanya sebagai pertanda dalam kesehatan, sering kali bersin dianggap atau dikaitkan dengan firasat tertentu. Bersin kerap kali dikaitkan dengan berbagai mitos.

Secara medis, bersin berkaitan dengan sistem pernapasan. Hal ini merupakan reaksi tubuh dalam merespons zat asing. Penyebab bersin bisa dipengaruhi oleh benda asing yang masuk ke sistem pernapasan, masalah pernapasan seperti flu, hingga alergi.

Arti bersin selain pertanda kesehatan dalam medis, juga tidak jarang dikaitkan dengan berbagai mitos. Bahkan, mitos tentang bersin ini juga berbeda-beda pada berbagai jenis budaya. Walaupun begitu, hal ini tentunya lebih tepat disikapi sebagai suatu kondisi tubuh atau berkaitan dengan kesehatan.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/3/2023) tentang arti bersin.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Bersin dalam Kesehatan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti bersin adalah keluar udara dengan tiba-tiba dari hidung dan mulut karena tidak tertahan (seperti waktu terserang pilek, tercium bau yang menusuk hidung). Dalam istilah medis, bersin disebut juga dengan sternutasi. Arti bersin secara medis adalah cara tubuh menghilangkan iritan dari hidung atau tenggorokan. Bersin merupakan salah satu pertahanan pertama tubuh terhadap serangan bakteri dan gangguan lainnya.

Arti bersin adalah mekanisme yang digunakan tubuh untuk membersihkan hidung. Hidung akan merespons untuk membersihkan dirinya saat benda asing seperti kotoran, serbuk sari, asap, atau debu masuk ke lubang hidung.

Penyebab Bersin

- Alergi. Alergi umumnya disebabkan oleh respons tubuh terhadap organisme asing. Dalam keadaan normal, sistem kekebalan melindungi tubuh dari penyerang berbahaya seperti bakteri penyebab penyakit. Jika seseorang memiliki alergi, sistem kekebalan tubuh biasanya mengidentifikasi organisme yang tidak berbahaya sebagai ancaman. Alergi dapat menyebabkan seseorang bersin ketika tubuh mencoba mengeluarkan organisme ini.

- Infeksi. Infeksi yang disebabkan virus seperti flu dan pilek juga bisa membuat bersin. Ada lebih dari 200 virus berbeda yang dapat menyebabkan flu. Namun, kebanyakan pilek disebabkan oleh rhinovirus.

- Iritan dan pemicu bersin. Arti bersin tidak selalu terjadi karena masalah kesehatan serius seperti flu atau infeksi. Seseorang bisa saja bersin jika tidak sengaja menghirup atau berkontak dengan iritan pemicu bersin. Beberapa pemicu bersin yang sering ditemui yaitu Iritan kimiawi dan iritan fisik. Iritan kimiawi contohnya seperti bubuk cabai, lada, debu, dan berbagai bubuk-bubuk lainnya. Iritan ini bertindak sebagai bahan kimia iritan pada saraf di mukosa hidung, yang menyebabkan bersin. Iritasi kimiawi lain yang menyebabkan bersin termasuk bau menyengat, parfum, dan asap tembakau. Sementara itu, iritasi fisik seperti sinar matahari yang cerah juga dapat menyebabkan bersin. Kondisi ini disebut refleks nasookular. Ini melibatkan koneksi refleks antara mata dan hidung, yang menyebabkan rangsangan saraf di dalam selaput lendir hidung, yang mengakibatkan bersin.

3 dari 4 halaman

Arti Bersin Menurut Primbon

Melansir KapanLagi, berikut arti bersin menurut primbon:

Pagi

- Jam 5-6, arti bersin pada jam ini yaitu akan ada rasa yang sangat penuh kenikmatan dan kebahagiaan kepada kamu.

- Jam 6-7, arti bersin pada waktu ini yaitu akan ada ajakan untuk makan-makan.

- Jam 7-8, arti bersin pada jam ini yaitu akan ada keberuntungan yang tak terduga.

- jam 8-9, Arti bersin pada waktu ini yaitu akan ada orang yang menghina kamu dalam waktu dekat.

- Jam 9-10, Arti bersin pada jam ini yaitu akan ada keberhasilan dari urusan yang sedang diusahakan.

- Jam 10-11, Arti bersin pada waktu ini yaitu kamu akan menjadi bahan pembicaraan banyak orang.

Siang

- Jam 11-12, Arti bersin pada jam ini yaitu akan ada perselisihan yang mengkhawatirkan antara kamu dengan teman.

- Jam 12-13, Arti bersin pada waktu ini yaitu akan ada berita yang menyenangkan dari luar daerah.

- Jam 13-14, arti bersin pada jam ini bisa bermakna akan ada penghalang dalam setiap rencana yang menyebabkan terjadinya kegagalan.

- Jam 14-15, Arti bersin pada waktu ini yaitu akan ada orang yang akan mencelakakan diri kamu.

Sore

- Jam 15-16, arti bersin pada waktu ini yaitu akan ada berita yang kurang mengenakkan dari kerabat sendiri.

- Jam 16-17, arti bersin ini bisa bermakna akan ada sesuatu yang menghalang-halangi niat baik kamu.

- Jam 17-18, arti bersin ini yaitu akan ada suatu sebab yang mengganggu kesehatan kamu.

- Jam 18-19, arti bersin ini bisa bermakna akan ada pemberian yang menggembirakan dari atasan.

Malam

- Jam 19-20, arti bersin pada waktu ini yaitu tanda kekasihmu sedang merindukanmu.

- Jam 20-21, arti bersin ini bisa bermakna akan ada pencuri yang akan mengunjungi rumah kamu.

- Jam 21-22, arti bersin pada waktu ini bisa bermakna akan ada suatu barang yang dinilai berharga pergi meninggalkan kamu.

- Jam 22-23, arti bersin ini yaitu akan ada perjumpaan antara kamu dengan seorang keluarga atau orang dekat yang lama di perantauan.

- Jam 23-24, arti bersin ini bisa bermakna akan ada peristiwa yang menyusahkan yang menghambat perjalanan.

- Jam 24-1, arti bersin pada waktu ini yaitu terhindar dari perselisihan yang akan terjadi pada rumah tangga.

Dini Hari

- Jam 1-2, arti bersin ini bisa bermakna akan ada kabar yang kurang mengenakkan jiwa dan hati yang datangnya dari luar daerah.

- Jam 2-3, arti bersin ini yaitu akan ada undangan yang datang kepada kamu untuk dapat menghadiri suatu perayaan.

- Jam 3-4, arti bersin ini bermakna akan ada teguran dari pimpinan padamu.

- Jam 4-5, arti bersin ini yaitu akan ada penyambutan untuk tamu yang datang dari jauh.

4 dari 4 halaman

Arti Bersin Menurut Mitos dan Kepercayaan

Arti bersin menurut mitos di Indonesia

Di Indonesia, tak sedikit yang percaya bahwa bersin tiba-tiba merupakan pertanda sedang dibicarakan atau "digosipin" orang lain. Mitos ini biasanya mengatakan bahwa ketika ada orang yang membicarakanmu, seakan ada orang yang menggelitiki hidung. Kamu seakan ditelepati orang tersebut untuk merasakan sesuatu dan bersin jadi salah satu reaksinya.

Arti bersin menurut mitos di Jepang

Di Jepang, masyarakat percaya bahwa bersin sekali berarti seseorang menggosipkan sesuatu yang baik tentangmu. Bersin dua kali berarti akan terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Bersin tiga kali berarti ada gosip yang sangat, sangat tidak menyenangkan.

Arti bersin menurut mitos di Inggris

Dalam kepercayaan Skotlandia dan Inggris, bayi berada di bawah mantra peri sampai mereka bersin. Ketika bayi mengalami bersin pertamanya, mereka akan kehilangan pesona malaikat dan kepolosan dan dianggap mulai tumbuh besar.

Arti bersin menurut mitos di Polandia

Di Polandia, bersin juga bisa berarti seseorang membicarakan. Orang Polandia percaya, jika bersin artinya ibu mertua sedang membicarakan mereka. Jika mereka belum menikah, artinya ketika mereka menikah, hubungan mereka dengan ibu mertua akan menjadi buruk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat