uefau17.com

Cara Membuat Bubble Tea Sendiri di Rumah, Hemat dengan Bahan Sederhana - Hot

, Jakarta Boba atau bubble tea adalah minuman populer yang berasal dari Taiwan dan kini populer di seluruh dunia. Bubble tea adalah minuman teh yang terdiri dari campuran teh, susu, gula, dan bola-bola kenyal yang disebut boba atau bubble. Boba biasanya terbuat dari tepung tapioka dan memiliki tekstur yang unik dan kenyal. Minuman ini biasanya dikonsumsi melalui sedotan besar untuk memungkinkan boba dapat tersedot.

Cara membuat bubble tea sangat mudah, membuatnya sendiri akan sangat menghemat uang jajan yang harus dikeluarkan tiap membeli bubble tea. Bubble tea dapat dibuat dari berbagai jenis teh seperti teh hitam, oolong, atau matcha. Susu kental manis, susu cair, atau kremer, biasanya ditambahkan ke dalam bubble tea untuk membuat rasa lebih creamy dan manis. Cara membuat bubble tea juga bisa ditambahkan gula atau pemanis lain sesuai selera.

Minuman ini sering dianggap sebagai minuman ringan dan segar, dan banyak orang menikmati bubble drink dengan kombinasi unik antara teh dan bubble. Boba atau buble dapat dikreasikan menjadi berbagai variasi rasa minuman, seperti buah-buahan, coklat, atau sirup rasa lainnya. Beberapa orang menyukai bubblenya dengan teh saja atau susu saja. Berikut cara membuat bubble yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Bubble Tea: Boba

Pembeda antara bubble tea dan minuman lain adalah boba atau bubblenya. Memastikan boba dibuat dengan baik menjadi kunci keberhasilan cara membuat bubble tea. Berikut resep boba dengan bahan yang mudah ditemukan.

Bahan-bahan:

- 1 Bungkus bubuk jelly coklat/plain

- 10 Sdm tepung tapioka

- 5 Sdm gula merah atau gula pasir 

- Perasa makanan secukupnya (opsional)

- Air panas secukupnya

 

Cara membuat:

- Masukkan tepung tapioka dan nutrijel coklat ke dalam wadah. Aduk rata.

- Rebus air secukupnya. Tuang sedikit demi sedikit ke dalam tepung, aduk rata dengan spatula hingga menjadi adonan yang bisa dipulung. Jika sudah tidak terlalu panas, uleni sebentar hingga lembut.

- Ambil sebagian adonan, buat gulungan memanjang dan potong-potong sepanjang 1 cm. Bulat-bulatkan satu per satu hingga habis, tabur dengan tepung tapioka agar tidak saling menempel. Pastikan ukuran boba tidak terlalu besar.

- Rebus air hingga mendidih. masukkan boba dan masak hingga mengapung.

- Angkat dan tiriskan boba yang sudah matang.

- Panaskan teflon, masukkan gula merah dan 200 ml air. Masak hingga gula larut dan mendidih.

- Jika ingin membuat boba dengan varian rasa lain, lakukan langkah di atas dengan menggunakan gula pasir dan tambahkan perasa makanan sesuai selera.

- Masukkan boba ke dalam gula, masak hingga air agak menyusut dan mengental. Aduk-aduk terus agar tidak menempel.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Bubble Tea

Setelah boba selesai dibuat langkah selanjutnya pada cara membuat bubble tea adalah memadukan boba dengan teh dan susu. Bisa juga memilih salah satu antara teh saja atau susu saja. Berikut cara membuat bubble tea.

Bahan-bahan:

- Teh matcha, oolong, hitam atau apapun jenis teh yang disukai

- Susu kental manis, kremer, atau susu cair (opsional)

- Sirup gula atau pemanis cair lain (pemanis yang dipilih sebaiknya berbentuk sirup untuk memudahkan proses pencampurannya dengan bubble tea)

- Air

- Es batu

 

Cara membuat:

1. Rebus air hingga mendidih kemudian masukan daun teh yang ingin dibuat menjadi bubble tea. Didihkan air sekali lagi kemudian matikan api, biarkan teh terendam hingga air teh benar-benar pekat, dinginkan.

2. Saring air teh dengan saringan kain hingga ampasnya benar-benar terpisah dengan air. Proses ini penting karena ampas yang tertinggal akan membuat bubble tea kurang nikmat. 

3. Masukan boba yang sudah dibuat terlebih dahulu ke dalam gelas. Gula yang ada pada boba dapat digunakan untuk membuat dekorasi pada dinding gelas.

4. Masukan susu kental manis atau susu cair. Jika tidak menginginkan susu dalam bubble tea, tahap ini boleh dilewatkan.

5. Masukan es batu sesuai selera kemudian air teh. Jika dirasa kurang manis tambahkan sirup gula atau susu kental manis sesuai selera.

6. Bisa juga ditambahkan topping lain seperti potongan buah, agar-agar, atau jelly untuk memperkaya tekstur dan rasa bubble drink.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat