uefau17.com

Internship adalah Magang, Ini Aturan, Tujuan, dan Manfaatnya bagi Siswa dan Mahasiswa - Hot

, Jakarta Internship adalah suatu program di mana seorang siswa atau mahasiswa belajar mengenai suatu bidang dengan cara terlibat langsung dalam industri terkait. Ketika internship, biasanya seorang siswa atau mahasiswa akan menghabiskan waktu dalam beberapa bulan mengerjakan tugas-tugas operasional harian dalam suatu perusahaan untuk mendapatkan keterampilan dan pengalaman baru. 

Dari penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa internship adalah program magang. Internship adalah cara terbaik, di mana siswa atau mahasiswa dapat mengembangkan skill terkait dengan karier yang ingin mereka kembangkan.

Di Indonesia, internship adalah suatu program pelatihan kerja yang telah diatur dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa internship adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara keseluruhan di bawah bimbingan serta pengawasan instruktur atau dengan pekerja berpengalaman lebih dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Untuk lebih memahami apa itu internship, berikut adalah ulasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peraturan tentang Internship atau Magang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, internship atau yang lebih dikenal dengan istilah magang, merupakan program pelatihan kerja yang sudah diatur dalam UU 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa internship adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Internship adalah suatu program pelatihan yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Internship perlu dilakukan dengan memperhatikan aturan yang ada pada Pasal 22 sampai dengan Pasal 29 UU 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Aturan tersebut mengatur mengenai apa yang dimaksud dengan internship, siapa yang boleh menyelenggarakan program internship, dan bagaimana program internship seharusnya dijalankan.

Internship harus dilaksanakan atas dasar perjanjian pemagangan antara peserta dengan pengusaha yang dibuat secara tertulis. Program internship yang tidak dilakukan dengan perjanjian tertulis, maka program tersebut akan dianggap tidak sah status peserta berubah menjadi pekerja/buruh perusahaan yang bersangkutan.

Dalam seperangkat aturan tersebut juga memuat sejumlah hak dan kewajiban peserta magang atau internship, antara lain adalah berhak atas pengakuan kualifikasi kompetensi kerja dari perusahaan atau lembaga sertifikasi.

3 dari 4 halaman

Tujuan Internship

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, internship adalah suatu program pelatihan kerja, di mana siswa atau mahasiswa belajar dengan cara langsung terjun di industri terkait dan bekerja dan mengerjakan tugas-tugas, layaknya seorang karyawan. Program ini dilaksanakan jelas untuk mencapai tujuan tertentu. Adapun tujuan dari program internship adalah sebagai berikut:

1. meningkatkan pengalaman dan kompetensi siswa/mahasiswa sesuai bidang ilmunya dan memperkenalkan budaya kerja yang riil

2. memperoleh masukan serta umpan balik (feedback) kepada pihak Prodi dalam menyesuaian kurikulum yang sesuai tuntutan dunia kerja

3. salah satu upaya percepatan keterserapan alumni pada pasar kerja sehingga terjalin kerja sama yang saling menguntungkan, pihak industri akan memperoleh input calon tenaga kerja yang sesuai kebutuhannya serta mengurangi biaya recruitment dan training awal.

Itu merupakan beberapa hal yang ingin dicapai dari program internship dari sudut pandang sebuah lembaga pendidikan. Bagi sebuah perusahaan yang menyelenggarakan program internship, hal ini bisa menjadi peluang untuk mencari karyawan yang potensial.

4 dari 4 halaman

Manfaat Internship untuk Siswa/Mahasiswa

Di samping itu, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh siswa/mahasiswa yang menjadi peserta magang. Bagi siswa/mahasiswa, manfaat internship adalah sebagai berikut:

1. Pengalaman

Internship adalah program yang dapat memberi siswa/mahasiswa pengalaman langsung di dunia kerja dan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan. Internship juga akan membuat peserta lebih kompetitif saat melamar pekerjaan.

2. Memperluas Relasi

Internship adalah sebuah program yang dapat memperluas jaringan profesional. Ini karena program internship sering menuntut peserta magang untuk membuat laporan kepada karyawan tingkat menengah hingga senior. Hal ini akan akan memperluas relasi dalam perusahaan yang memiliki beragam pengalaman kerja dan koneksi profesional.

3. Praktik di Dunia Kerja

Siswa/mahasiswa tidak hanya dapat menerapkan pengetahuan dan teori dari diskusi kelas ke tempat kerja, tetapi mereka juga akan memperoleh keterampilan praktis dan profesional lainnya. Saat menjalani program internship inilah seorang siswa/mahasiswa belajar mengenai bagaimana menjadi profesional, bertanggung jawab, dan mengambil inisiatif.

4. Memberikan Gambaran tentang Karier

Pengalaman lapangan di jurusan atau studi yang Anda minati adalah cara yang bagus untuk menemukan jalur karier Anda. Banyak pemberi kerja menggunakan pekerja magang sebagai generalis untuk membantu menyelesaikan berbagai tugas, memungkinkan pekerja magang mendapatkan pengalaman baru dalam berbagai aspek perusahaan atau model bisnis. Ini juga bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengetahui apakah karier tersebut cocok untuk keahlian dan minat Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat