uefau17.com

Profil PT Aqua Golden Mississippi, Pelopor Industri Air Minum Dalam Kemasan - Hot

, Jakarta - PT Aqua Golden Mississippi adalah perusahaan yang mempelopori industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Tirto Utomo menjadi sosok yang melatarbelakangi berdirinya PT Aqua Golden Mississippi sejak tahun 1973.

PT Aqua Golden Mississippi dalam menjalankan kegiatan usahanya menerapkan sistem produksi in line. Di mana pemrosesan air dan pembuatan kemasan produk PT Aqua Golden Mississippi, dilakukan dalam waktu bersamaan.

PT Aqua Golden Mississippi melakukan sinergi dengan PT Tirta Sibayakindo sebagai grup AQUA. Setelah melakukan sinergi ini, grup AQUA melahirkan sejumlah inovasi yang dinilai mampu menyelamatkan bumi.

Dalam proses produksinya, grup AQUA mengganti solar dengan minyak goreng bekas dan mampu mengurangi karbon sebanyak 116 ton CO2/tahun. Simak profil PT Aqua Golden Mississippi selengkapnya.

Berikut ulas lebih mendalam tentang profil PT Aqua Golden Mississippi, sejarah berdiri, kegiatan produksi, dan inovasi-inovasinya, Rabu (28/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT Aqua Golden Mississippi adalah Pelopor AMDK

PT Aqua Golden Mississippi adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi minuman. PT Aqua Golden Mississippi adalah perusahaan industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). PT Aqua Golden Mississippi berperan sebagai persero yang menggagasnya pertama kali di Indonesia.

Melansir dari situs website resminya, PT Aqua Golden Mississippi pertama kali didirikan pada tahun 1973 dengan pabrik utamanya di Pondok Ungu, Bekasi. Tirto Utomo menjadi sosok yang melatarbelakangi berdirinya PT Aqua Golden Mississippi.

PT Aqua Golden Mississippi dalam menjalankan kegiatan usahanya menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari dan AQUA menjadi produsen air minum dalam kemasan yang pertama kali menerapkannya. In Line adalah pemrosesan air dan pembuatan kemasan yang dilakukan dalam waktu bersamaan.

Kelebihan dari kegiatan produksi PT Aqua Golden Mississippi ini, membuat botol AQUA baru bisa segera diisi dengan air bersih di akhir proses produksi. Ini membuat produksi PT Aqua Golden Mississippi dinilai lebih higienis karena sangat minim campur tangan dari manusia.

Visi PT Aqua Golden Mississippi adalah menginspirasi masyarakat Indonesia untuk hidrasi yang lebih sehat. Sementara misi PT Aqua Golden Mississippi adalah membangun masa depan yang lebih sehat dari gaya hidup yang sehat, bumi yang sehat, dan ekosistem yang sehat.

3 dari 4 halaman

Status Kepemilikan PT Aqua Golden Mississippi

PT Aqua Golden Mississippi melakukan sinergi dengan PT Tirta Sibayakindo sebagai grup AQUA. Saat ini, Grup AQUA mencantumkan logo Danone di seluruh produk AQUA karena beberapa alasan.

Danone meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama, sehingga Danone menjadi pemegang saham mayoritas Grup AQUA. Di tahun yang sama, melansir dari situs website resminya AQUA menghadirkan kemasan botol kaca baru 380 ml.

Selain itu, AQUA Grup ikut menyelenggarakan Danone Nations Cup (DNC), yaitu turnamen sepakbola internasional terbesar untuk anak-anak usia 10-12 tahun. Memenangkan penghargaan Indonesia Best Brand Award.

AQUA Grup pun memenangkan penghargaan Superbrands dan Indonesia Best Brand Award. AQUA Grup memenangkan Best Brand dan Indonesia Golden Brand. AQUA Grup mencetuskan komitmen terhadap kualitas produknya dengan nama AQC, dan meluncurkan program Satu untuk Sepuluh.

Danone-AQUA berhasil mendapat satu Anugerah PROPER emas untuk Pabrik AQUA Mambal dan delapan PROPER hijau kepada Pabrik AQUA Mekarsari, Pabrik AQUA Babakan Pari, Pabrik AQUA (TIV) Citereup, Pabrik AQUA (AGM) Citereup, Pabrik AQUA Wonosobo, Pabrik AQUA Pandaan, Pabrik AQUA Airmadidi dan Pabrik AQUA Klaten.

Selain itu, Danone-AQUA dinilai berhasil atas komitmen dan pencapaiannya dalam menerapkan proses produksi yang ramah lingkungan, serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat secara konsisten.

Danone-AQUA sebagai perusahaan FMCG pertama di Indonesia, berhasil meraih sertifkasi B-CORP. Selain itu, Danone-AQUA dengan bangga menjadi official water sponsor untuk ASEAN Games 2018.

4 dari 4 halaman

Inovasi yang Sudah dilakukan AQUA Grup

Ada sejumlah inovasi yang dilakukan PT Aqua Golden Mississippi setelah melakukan sinergi dengan PT Tirta Sibayakindo sebagai grup AQUA. Ini daftar inovasi yang lansir dari berbagai sumber:

1. Melakukan Efisiensi Energi

Inovasi yang dilakukan PT Aqua Golden Mississippi setelah melakukan sinergi dengan PT Tirta Sibayakindo adalah melakukan efisiensi energi. Efisiensi energi yang telah diterapkan AQUA Grup telah berhasil mengurangi konsumsi energi sebesar 2,13 kwh/botol.

2. Memanfaatkan Bahan Daur Ulang

Inovasi yang dilakukan PT Aqua Golden Mississippi setelah melakukan sinergi dengan PT Tirta Sibayakindo adalah memanfaatkan bahan daur ulang.

Ini berguna untuk membantu mengurangi sampah bumi, AQUA Grup memanfaatkan bahan daur ulang untuk digunakan sebagai bahan kemasan kardus, sehingga semakin sedikit sampah kardus yang dihasilkan oleh pabrik.

3. Memanfaatkan Minyak Goreng Bekas

Inovasi yang dilakukan PT Aqua Golden Mississippi setelah melakukan sinergi dengan PT Tirta Sibayakindo adalah memanfaatkan minyak goreng bekas sebagai bahan bakar.

AQUA Grup mengganti penggunaan solar di pabrik dengan minyak goreng bekas. Dalam waktu satu bulan, inovasi tersebut telah mampu mengurangi konsumsi solar rata-rata 3 ton per bulan atau setara dengan mengurangi karbon sebanyak 116 ton CO2/tahun.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat