uefau17.com

7 Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar dan Mudah, Ketahui Tips dan Triknya - Hot

, Jakarta Cara merawat sepatu kulit tidak sama dengan cara merawat sepatu dengan bahan lainnya, diperlukan perlakukan khusus dalam cara merawat sepatu kulit, agar sepatu kulit tetap awet dan terjaga tampilannya.  

Banyak orang yang menyukai sepatu kulit, hal ini karena memiliki sepasang sepatu kulit berkualitas tinggi menunjukkan gaya, selera dan komitmen seseorang untuk hanya mengenakan alas kaki terbaik dan nyaman yang fashionable. 

Namun, terlepas dari daya tahan dan desainnya, semua alas kaki kulit rentan terhadap keausan. Untungnya, terdapat cara merawat sepatu kulit yang mudah yang bisa diikuti untuk menjaga agar sepatu kulit tetap dalam kondisi terbaiknya.

Lebih lengkapnya, berikut ini rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (23/11/2022). Tentang cara merawat sepatu kulit yang benar dan mudah, untuk menjaga sepatu kulit tetap seperti baru.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perlengkapan Perawatan Sepatu Kulit

 

Perlengkapan Perawatan Sepatu Kulit

Perawatan benda yang berbahan dasar kulit membutuhkan sedikit waktu dan beberapa hal lainnya, tetapi sebagai imbalannya, anda mendapatkan pakaian dan sepatu kulit yang akan bertahan lebih lama dari semua pakaian lain yang anda miliki.

Terlepas dari jenis kulit yang berbeda, ada beberapa barang yang harus anda miliki dalam perlengkapan yang akan membantu anda merawat sepatu kulit dengan benar. Berikut adalah beberapa hal yang dapat digunakan pada semua jenis bahan kulit:

1. Sikat bulu kuda : Sikat khusus ini lebih baik daripada sikat lembut biasa karena mampu membersihkan kotoran dan kotoran yang menumpuk, tetapi tanpa merusak kulit. Ini juga bisa digunakan sebagai sikat buffing.

2. Kain lembut : Kain kering adalah alat terbaik untuk merawat sepasang sepatu kulit. Jika anda tidak memiliki sikat khusus saat ini, kain lembab dan sabun akan menghilangkan sebagian besar kotoran. Jika memungkinkan, gunakan kain microfiber, karena kinerjanya mengungguli semua kain pembersih lainnya.

3. Sabun sadel : Ini adalah jenis sabun kulit khusus yang tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi bahannya. Ini digunakan untuk membersihkan dan mengkondisikan semua bahan kulit.

4. Kondisioner kulit : Kondisioner membantu memulihkan sebagian kandungan minyak alami kulit, sehingga menjaga serat kulit tetap terhidrasi. Saat kulit kehilangan minyak alaminya, permukaannya mulai retak dan berkerut. 

5. Semir sepatu : Lapisan semir dapat menutupi lecet dan mengembalikan warna sepatu ke intensitas dan rona aslinya. Kulit berwarna membutuhkan semir yang serasi.

6. Semprotan kedap air : Semprotan ini melindungi sepatu kulit dari musuh terbesar mereka, cuaca buruk. Namun, jangan sembarangan menggunakan semprotan. Semprotan silikon dan pengeringan instan dapat merusak kulit.

7. Pengganjal sepatu : Pengganjal sepatu dari kayu bagus digunakan untuk menjaga bentuk sepatu saat anda tidak memakainya. Lebih penting lagi, mereka menghapus kelembaban berlebih, menjaga sepatu tetap kering dan sehat untuk kaki. Pengganjal sepatu dari kayu juga bisa menyerap sebagian bau.

8. Pembersih kulit : Seperti yang diketahui, lapisan cat kuku dapat menumpuk seiring waktu dan mulai menjebak kotoran. Menghapus lapisan semir sama sekali tidak mudah kecuali anda memiliki pembersih kulit. 

3 dari 5 halaman

Jenis Semir Sepatu Kulit

Jenis Semir Sepatu Kulit

Semir sepatu kulit mengembalikan warna, melembabkan kulit, dan lapisan semir bahkan dapat berfungsi sebagai perlindungan terhadap kotoran dan debu. Sehingga menyemir sepatu anda adalah hal yang mutlak diperlukan untuk melindungi sepatu kulit dengan benar. Berikut dua jenis semir yang dapat dipilih untuk sepatu kulit:

1. Semir Sepatu Kulit Krim

Semir sepatu krim sangat baik untuk memberi nutrisi pada sepatu kulit, memperpanjang umurnya, dan menjaganya tetap segar dan tampak baru. Mereka juga digunakan untuk mengisi tengkuk yang secara alami terjadi pada kulit. 

Selain itu, semir sepatu krim biasanya memiliki konsentrasi pigmen yang tinggi dan karenanya merupakan pilihan nomor satu untuk mengembalikan semangat warna pakaian kulit. Karena semir krim tidak mewarnai kulit, melainkan menambah lapisan warna, sehingga anda tidak harus mencocokkan warna sepatu dengan sempurna.  

2. Semir Sepatu Kulit Lilin

Semir sepatu lilin memberikan kilau cermin yang cenderung disukai beberapa orang. Wax akan memberi sepatu anda lapisan kilau yang tidak bisa dicapai oleh semir krim. Namun, lilin hampir tidak bernutrisi seperti krim dan tidak akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan serat kulit pada sepatu anda. 

Lapisan semir lilin juga memberikan tidak hanya memberikan perlindungan terhadap kotoran, tetapi juga membuatnya tahan terhadap air. Semir lilin adalah alternatif yang jauh lebih baik untuk membuat sepatu kulit tahan air daripada semprotan sepatu. Wax akan melindungi seluruh sepatu dari noda air.

4 dari 5 halaman

Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar

Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar

Perawatan sepatu kulit yang tepat melibatkan pembersihan sepatu segera setelah digunakan tetapi juga memikirkan kondisinya dalam jangka panjang. Berikut adalah langkah-langkah wajib dalam merawat sepatu kulit:

1. Membersihkan Sepatu Kulit Setiap Hari

Yang terbaik adalah membersihkan sepasang sepatu tepat setelah digunakan. Jika anda segera membersihkannya setelah memakainya, kotoran tidak akan menumpuk dan anda dapat langsung membersihkannya tanpa banyak kesulitan.

Kain lembab dan sabun pelana akan membantu, terutama jika lapisan kotoran masih segar. Pastikan untuk menggunakan kain bersih untuk menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya pada kulit. Selain itu, anda tidak boleh menggunakan spons karena alasan yang sama.

Jika kotoran sudah membentuk kerak, sebaiknya gunakan sikat khusus yang terbuat dari bulu kuda untuk menghilangkan kotoran tersebut. Sikat lembut kemungkinan besar tidak akan berfungsi jika lapisan kotoran mengeras.

Gunakan kain microfiber untuk menghilangkan sisa sabun dan biarkan sepatu mengering. Dengan mengeringkan udara, kami bermaksud meninggalkannya di tempat terbuka di mana mereka dapat bernafas, tetapi jauh dari sumber panas atau sinar matahari langsung.

 

2. Pengkondisian Sepatu Bulanan

Kondisioner kulit akan membantu menjaga serat mikroskopis pada sepatu anda tetap lentur dan mencegah retak. Anda tidak harus menggunakan kondisioner setiap kali memakai sepatu. Melindungi sepatu kulit dengan lapisan kondisioner setiap beberapa bulan sekali sudah lebih dari cukup.

Gosokkan kondisioner ke kulit menggunakan kain lembut dan sikat semir bulu kuda. Jangan malu saat mengaplikasikan kondisioner dan gunakan kondisioner sebanyak yang anda butuhkan. Lagi pula, anda hanya akan melakukan ini setiap beberapa bulan, jadi tidak akan membuat anda boros.

Sekali lagi, menggunakan kain microfiber diinginkan karena umumnya lebih baik untuk mengoleskan kondisioner atau pembersih, tetapi kain kering apa pun bisa digunakan. Coba dan masukkan kondisioner ke setiap jengkal kulit, termasuk sol luar dan lidah sepatu. Sol kulit membutuhkan pengkondisian dua kali setahun.

Anda harus membiarkan sepatu mengering setelah dikondisikan. Gosok mereka menggunakan kain pembersih atau lap kering, dan selesai. Selain itu, anda bisa memberi mereka lap lagi dengan amukan kering keesokan paginya untuk menghilangkan kelebihan kondisioner

 

3. Memoles Sepatu 

Seiring waktu, pewarna sepatu rusak karena terkena air dan cahaya. Potongan kulit kecil cenderung rontok dan merusak keindahan sepasang sepatu favorit anda. Saat itulah anda akan melihat sepatu anda mulai terlihat tua dan usang. Itu bisa terjadi pada semua jenis kulit, semua kulit asli cepat atau lambat akan mulai mengelupas. 

Kulit imitasi lebih tahan lama tetapi tidak sebagus real deal. Di situlah polesan diperlukan. Ini mengembalikan warna yang hilang karena kerusakan permukaan kulit, sekaligus memberi sepatu kulit anda nutrisi dan minyak yang mereka butuhkan agar tetap kenyal, seperti halnya kondisioner. Berikut proses menyemir yang benar:

 

4. Pelindung Kulit untuk Sepatu

Sepatu karet bagus untuk melindungi sepatu kulit dari lumpur atau air. Mereka cukup populer di daerah dengan cuaca hujan yang berlebihan di mana hampir tidak mungkin menghindari air. Mereka bukan pilihan nomor satu untuk gaya, karena banyak orang tidak suka mengenakan lapisan pelindung di atas sepatu kulit elegan mereka. 

Namun, terkadang hal ini mutlak diperlukan jika anda peduli dengan daya tahan sepatu kulit anda, yang secara objektif lebih penting daripada penampilan. Bahkan pemoles lilin tidak akan melindungi anda dari terlalu banyak air, tetapi pelindung kulit akan melindungi sepatu anda dengan lebih baik.

5 dari 5 halaman

Tips dan Trik Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar

Tips dan Trik Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar

Berikut adalah tips dan trik cara merawat sepatu kulit agar tetap terlihat bagus dalam jangka panjang. 

1. Berinvestasi pada sepatu kulit berkualitas

Meskipun harga bukan satu-satunya faktor penentu dalam membuat sepatu berkualitas tinggi, sepasang sepatu dengan harga yang lebih tinggi biasanya memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada sepatu setengah harga. Ketika anda berinvestasi pada bahan kulit yang berkualitas maka semakin lama sepatu anda berpotensi untuk bertahan.

2. Rutin ganti sepatu setiap hari

Dengan memberikan sepatu anda istirahat setidaknya sehari, dapat membantu memperpanjang umur sepatu. Jangan menggunakan sepatu yang sama pada hari-hari berturut-turut, terutama jika saat itu pertengahan musim panas dan musim hujan.

3. Manfaatkan pengganjal sepatu dari kayu cedar

Berikut adalah tiga alasan untuk menggunakan pengganjal sepatu dari pohon cedar:

- Membantu sepatu kulit untuk mendapatkan kembali dan mempertahankan bentuknya setelah dipakai

- Menyerap kelembaban untuk melindungi kulit, kain, jahitan dan sol

- Aroma cedar menghilangkan bau sepatu anda, membantu memerangi bau dan menjaga kesegaran sepatu anda.

Intinya adalah bahwa pengganjal sepatu membantu menjaga sepatu anda dalam kondisi baik untuk jangka panjang dan relatif murah.

4. Gunakan tanduk sepatu

Aksesori kecil yang bagus ini membantu menyelipkan sepatu kulit. Hal ini memungkinkan anda untuk dengan mudah memasukan kaki ke dalam sepatu tanpa merusak kulit. Anda juga bisa meletakkannya di dalam sepatu saat tidak memakainya.

5. Hindari kondisi cuaca buruk

Hindari sepatu anda terpapar secara langsung saat kondisi cuaca sedang buruk, seperti saat panas terik atau hujan. Jika sepatu basah, jangan letakkan di dekat panas langsung karena dapat merusak bahan kulit. Sebagai gantinya isi dengan koran atau handuk kertas sehingga dapat menyerap kelembaban dan membiarkannya mengering secara alami.

6. Pertahankan perawatan sepatu yang tepat

Hal ini sangat membantu menjaga sepatu kulit anda dalam kondisi prima. Merupakan ide bagus untuk memiliki perlengkapan perawatan kulit khusus. Item yang harus ada meliputi Pembersih kulit, Kuas semir bulu kuda, Kondisioner kulit, Kain microfiber, Semir sepatu kulit dan aplikator semir.

7. Bawa kantong debu saat bepergian

Tip perawatan sepatu terakhir adalah menggunakan kantong debu saat bepergian untuk menyimpan sepatu anda, membantu melindungi kulit dari lecet dan menjaga agar pakaian anda tidak kotor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat