uefau17.com

9 Cara Mengajari Anak Membaca dengan Menyenangkan dan Mudah - Hot

, Jakarta Cara mengajari anak membaca bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Mengingat belajar membaca merupakan proses yang kompleks dan membutuhkan teknik pengajaran yang baik dan terampil. Cara mengajari anak membaca yang menyenangkan tentu menjadi pilihan untuk mengajarkan anak-anak yang masih dalam usia bermain.

Kemampuan membaca sangat penting untuk semua orang, dan akan semakin baik jika diajarkan sejak masih anak-anak untuk membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.Selain itu, membaca memungkinkan orang untuk belajar tentang hal-hal baru, menjelajahi budaya lain, dan memahami dunia di sekitar mereka.

Pentingnya membangun keterampilan membaca ini, tentu menjadi perhatian khusus, terutama bagi orangtua yang ingin anaknya dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik dan maksimal. Dan mengetahui cara mengajari anak membaca yang menyenangkan tentu menjadi penting bagi setiap orang tua.

Tidak hanya menyenangkan, cara mengajari anak membaca juga bisa dilakukan dengan beberapa tips agar mudah dilakukan oleh orangtua. Berikut ini rangkum dari berbagai sumber, Selasa (01/11/2022). Cara mengajari anak membaca yang menyenangkan dan mudah. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengajari Anak Membaca

1. Fokus Pada Suara Huruf 

Cara mengajari anak membaca yang pertama adalah fokus pada suara huruf. Kita dulu belajar bahwa "b" adalah singkatan dari "bola." Tetapi ketika anda mengucapkan kata bola, kedengarannya berbeda dengan mengucapkan huruf B sendiri. Hal ini dapat menjadi konsep yang aneh bagi seorang anak kecil dan mereka mungkin kesulitan untuk memahaminya.

Alih-alih berfokus pada nama huruf, lebih disarankan mengajari mereka suara yang terkait dengan setiap huruf alfabet. Misalnya, anda dapat menjelaskan bahwa B membuat bunyi /b/ diucapkan seperti bunyinya saat anda mengucapkan kata bola dengan keras.

Begitu mereka dengan kuat membangun hubungan antara segelintir huruf dan suaranya, anak-anak dapat mulai mengucapkan kata-kata pendek. Seiring bertambahnya jumlah hubungan antara huruf dan suara yang diketahui, jumlah kata yang dapat diucapkan anak juga akan bertambah.

 

2. Mulailah Dengan Huruf Besar

Mempraktikkan cara membuat huruf jauh lebih mudah ketika semuanya terlihat unik. Inilah sebabnya lebih mudah mengajarkan huruf besar kepada anak-anak yang belum bersekolah di sekolah formal. Meskipun huruf kecil adalah format huruf yang paling umum, huruf besar lebih mudah dibedakan satu sama lain.

Sebagai contoh adalah huruf “b” dan “d” yang sangat mirip. Tapi "B" dan "D" jauh lebih mudah untuk dibedakan. Dimulai dengan huruf besar akan membantu anak untuk memahami dasar-dasar identifikasi huruf dan selanjutnya mereka dapat mulai  membaca.

Untuk membantu anak mempelajari huruf besar, peneliti menemukan bahwa melibatkan sentuhan fisik dapat sangat berguna. Untuk itu, anda dapat mempertimbangkan untuk membeli kertas bertekstur, seperti amplas dan memotong bentuk huruf besar.

Minta anak untuk meletakkan tangan mereka di belakang, dan kemudian letakkan surat itu di tangan mereka. Mereka dapat menggunakan indra peraba mereka untuk menebak huruf apa yang mereka pegang. Anda juga dapat memainkan game yang sama dengan huruf magnetik.

 

3. Menggabungkan Phonics

Cara mengajari anak membaca yang ketiga adalah menggabungkannya dengan phonics. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak dengan latar belakang yang kuat dalam phonics, hubungan antara suara dan simbol cenderung menjadi pembaca yang lebih kuat dalam jangka panjang.

Pendekatan phonics untuk membaca menunjukkan kepada seorang anak bagaimana membaca huruf demi huruf, suara demi suara dan memadukan suara-suara saat anda membaca untuk membaca kata-kata yang belum dihafal oleh anak..

Begitu anak-anak mengembangkan tingkat otomatisasi, mereka dapat mengucapkan kata-kata hampir seketika dan hanya perlu menggunakan decoding dengan kata-kata yang lebih panjang. Phonics paling baik diajarkan secara eksplisit, berurutan, dan sistematis.

3 dari 4 halaman

Cara Mengajari Anak Membaca

4. Seimbangkan Phonics Dan Kata Isyarat

Cara mengajari anak membaca yang selanjutnya adalah dengan menggabungkan phonics dan kata isyarat. Penglihatan kata juga merupakan bagian penting dalam mengajari anak Anda cara membaca. Ini adalah kata-kata umum yang biasanya tidak dieja seperti bunyinya dan tidak dapat didekodekan atau disuarakan.

Jadi, jika anda ingin memberi anak  awal yang baik dalam perjalanan membaca mereka, yang terbaik adalah menghabiskan sebagian besar waktu anda untuk mengembangkan dan memperkuat informasi dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengucapkan kata-kata.

 

5. Banyak Bicara

Meskipun berbicara biasanya dianggap sebagai keterampilan berbicara saja, itu tidak benar. Anak seperti spons. Mereka menyerap segalanya, sepanjang waktu, termasuk kata-kata yang anda ucapkan. Sering berbicara dengan anak dan melibatkan keterampilan mendengarkan dan mendongeng mereka dapat meningkatkan kosa kata mereka.

Ini juga dapat membantu mereka membentuk kalimat, menjadi terbiasa dengan kata-kata baru dan cara penggunaannya, serta mempelajari cara menggunakan petunjuk konteks ketika seseorang berbicara tentang sesuatu yang mungkin tidak banyak mereka ketahui. Semua keterampilan ini sangat membantu anak anda dalam proses belajar membaca mereka.

 

6. Tetap Santai

Membaca adalah tentang bersenang-senang dan menjelajahi dunia melalui teks, gambar, dan ilustrasi. Dalam hal membaca, lebih baik bagi anak anda untuk santai dan fokus pada apa yang mereka pelajari daripada terjebak dalam sesi stres setelah hari yang panjang. Pastikan anak tidak boleh merasakan tekanan apapun saat membaca.

Meskipun konsistensi selalu membantu, disarankan untuk berfokus pada kualitas daripada kuantitas. Lima belas menit mungkin terdengar seperti waktu yang singkat, tetapi penelitian menunjukkan bahwa 15 menit sehari adalah waktu yang berkualitas untuk belajar membaca

4 dari 4 halaman

Cara Mengajari Anak Membaca

7. Berlatih Membaca Bersama

Cara mengajari anak membaca yang berikutnya adalah dengan membaca bersama. Saat anda membaca bersama anak, pertimbangkan untuk meminta mereka mengulangi kata atau kalimat kembali kepada anda sesekali sambil anda mengikuti dengan jari anda. Tidak perlu menghentikan waktu membaca anda sepenuhnya jika anak kesulitan dengan kata tertentu. 

Pilihan lain adalah membagi waktu membaca dengan suara keras dengan anak. Untuk pembaca baru, anda dapat membaca satu baris dan meminta mereka untuk membaca baris berikutnya. Untuk anak yang lebih besar, membaca satu halaman dan membiarkan mereka membaca halaman berikutnya bermanfaat.

Melakukan hal ini membantu anak merasa mampu dan percaya diri, yang mana hal ini penting untuk mendorong mereka membaca dengan baik dan konsisten. Teknik ini juga membuat anak  lebih mengenal aliran alami membaca. Sementara mereka melihat gambar dan mendengarkan ceritanya dengan gembira, mereka akan mulai fokus pada kata-kata yang mereka baca dan lebih terlibat dengan buku di depan mereka.

Membaca ulang buku juga bisa membantu. Ini memungkinkan anak-anak untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang kata-kata dalam sebuah teks, membuat kata-kata yang akrab menjadi kata-kata yang "diketahui" yang kemudian dimasukkan ke dalam kosakata mereka.

 

8. Mainkan Game Kata

Cara mengajari anak membaca lainnya adalah dengan memainkan game kata. Melibatkan anak dalam membaca tidak harus hanya tentang buku. Permainan kata bisa menjadi cara yang bagus untuk melibatkan keterampilan anak anda tanpa membaca keseluruhan cerita sekaligus.

Salah satu permainan membaca favorit kami hanya membutuhkan setumpuk catatan Post-It dan kaus kaki yang diikat. Untuk kegiatan ini, tuliskan kata-kata atau kata-kata yang dapat disuarakan oleh anak anda ke dalam catatan Post-It yang terpisah. Kemudian tempelkan catatan ke dinding.

Anak anda kemudian dapat berdiri di depan Post-Its dengan kaus kaki yang diikat di tangan mereka. Anda mengucapkan salah satu kata dan anak anda melempar bola kaus kaki ke catatan Post-It yang cocok.

 

9. Baca Dengan Bahan Tidak Biasa

Dengan cara yang sama, permainan kata dapat membantu anak anda belajar membaca, demikian juga dengan mendorong anak anda untuk membaca tanpa benar-benar menggunakan buku. Pertimbangkan untuk menggunakan PlayDoh, tanah liat, cat, atau pasir yang aman di dalam ruangan untuk membentuk dan membentuk huruf atau kata.

Pilihan lain adalah mengisi panci besar dengan huruf magnetik. Untuk pelajar yang baru muncul, sarankan agar mereka menarik sebuah huruf dari pot dan mencoba menyebutkan bunyi yang dihasilkannya. Untuk pelajar yang sedikit lebih tua, lihat apakah mereka dapat menyebutkan kata yang dimulai dengan bunyi yang sama, atau ambil kumpulan huruf yang digabungkan untuk membentuk sebuah kata.

Demikian 9 cara mengajari anak membaca yang dapat dicoba oleh orang tua, agar proses belajar dapat dilakukan dengan mudah namun tetap menyenangkan bagi anak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat