uefau17.com

11 Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak yang Efektif, Ikuti Langkahnya - Hot

, Jakarta Cara meningkatkan konsentrasi otak dapat dilakukan dengan berbagai langkah. Dengan bertambahnya usia, maka konsentrasi otak juga ikut mengalami perubahan. Selain itu, kurang tidur juga dapat mempengaruhi konsentrasi.

Cara meningkatkan konsentrasi otak menjadi penting untuk diketahui. Sebab setiap aktivitas sehari-hari baik di tempat kerja, pelatihan, belajar, hingga bertemu permasalahan juga membutuhkan konsentrasi untuk menyelesaikannya dengan baik dan maksimal.

Cara meningkatkan konsentrasi otak yang efektif bisa dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat salah satunya. Dengan begitu, kemampuan mengingat anda tetap optimal dan tidak termakan oleh usia.

Berikut ini ulas mengenai cara meningkatkan konsentrasi otak yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak yang Efektif

1. Rutin olahraga

Cara meningkatkan konsentrasi otak yang pertama adalah dengan rutin olahraga. Para ilmuwan mulai menemukan olahraga teratur merupakan hal penting bagi kesehatan otak yang berguna dalam waktu jangka panjang. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari karena akan bertambah baik bagi kesehatan mental kita

2. Istirahat yang cukup

Cara meningkatkan konsentrasi otak yang efektif selanjutnya yaitu dengan istirahat yang cukup. Ketika kita beristirahat dan bermimpi beberapa ingatan akan muncul dan sebagian hilang, sedangkan sisanya akan tergabung dan disimpan. Jika kita tidak tidur maka kita akan sulit mengingat, hal ini dinyatakan dalam sebuah studi baru yang menemukan bahwa protein membangun sinopsis pada susunan syaraf yang membuat kita sulit berpikir dan mengingat hal baru. Cukup istirahat akan membuat tubuh terasa bugar dan terhindar dari stres. Biasanya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7 sampai 9 jam untuk tidur. 

3. Meditasi

Bermeditasi selalu membantu dalam memfokuskan pikiran kita. Cara melatih konsentrasi otak dengan meditasi adalah dengan berlatih mengatur napas dengan menarik napas kemudian hembuskan secara perlahan-lahan. Cukup lakukan selama 20 menit saja pada pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Mengatur pernapasan tidak hanya menenangkan sistem sirkulasi pernapasan anda, tetapi fokus juga akan membantu mencapai rasa 'damai' dan kepuasan yang sulit dijelaskan. Selain itu, anda juga dapat melakukan hal ini kapan saja dan di mana saja.

3 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak yang Efektif

4. Perbanyak makanan sehat

Cara meningkatkan konsentrasi otak yang efektif lainnya adalah perbanyak makanan sehat seperti ikan berlemak (salmon), telur, bayam, kacang-kacangan, teh hijau, dan bluberi. Hal ini untuk menjaga fungsi otak. Selain itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup juga bisa membantumu untuk tetap fokus. Sebaiknya hindari makanan olahan, makanan manis, dan makanan yang sangat berminyak atau berlemak. 

5. Luangkan waktu berada di alam

Cara melatih konsentrasi juga bisa dengan mencoba untuk keluar rumah setiap hari, bahkan hanya selama 15-20 menit. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kompleks perumahan, duduk di taman atau halaman belakang juga bisa membantu. 

Berada di lingkungan terbuka apa pun bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi pada otak. Bahkan penelitian tahun 2014 menunjukkan bahwa memasukkan tanaman di ruang kerja bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, serta kepuasan tempat kerja dan kualitas udara. Dengan tumbuhan yang berwarna hijau dapat membuat mata juga kembali sejuk dan bisa fokus.

6. Lakukan senam otak

Selain menjaga nutrisi yang kita konsumsi dan berolahraga, otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Senam otak dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, atau belajar memainkan alat musik.

4 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak yang Efektif

7. Aktif bersosialisasi

Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi, misalnya dengan teman, sahabat, dan orang-orang terdekat adalah salah satu cara meningkatkan konsentrasi otak yang efektif. Berkumpul dengan mereka memungkinkan Anda terbebas dari stres dan depresi. Kedua kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan penyebab menurunnya konsentrasi otak ataupun fungsi otak.

Untuk beberapa kondisi, penggunaan obat-obatan atau suplemen juga dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi otak. Namun, sebelum mengonsumsi konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk memastikan efektivitas dan risiko yang dapat muncul.

8. Biasakan diri mengorganisir hal-hal kecil

Cara meningkatkan konsentrasi otak yang efektif selanjutnya yaitu biasankan diri untuk mengorganisir hal-hal kecil. Mulai dari hal-hal sepele, seperti menaruh barang kembali pada tempatnya, menulis agenda harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Hal tersebut akan membuat otak lebih fokus, sehingga daya ingat tetap terjaga.

9. Hindari multitasking

Menghindari multitasking dalam bekerja adalah salah satu cara melatih konsentrasi. Kegagalan fokus sering terjadi karena anda melakukan banyak pekerjaan sekaligus (multitasking). Otak dipaksa bekerja untuk fokus pada hal yang berbeda sehingga kerja otak menjadi berantakan. Cobalah untuk mengatur prioritas pekerjaan anda, mana yang lebih penting dan mendesak untuk diselesaikan, mana yang bisa dikerjakan nanti karena deadlinenya masih lama.

5 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak yang Efektif

10. Mendengarkan musik klasik

Mendengarkan musik klasik juga merupakan salah satu cara melatih fokus dan meningkatkan konsentrasi. Kebanyakan orang mendengarkan musik sambil melakukan hal lain seperti membaca, olahraga atau bekerja. Cobalah mendengarkan dengan fokus instrumen-instrumen yang dimainkan dalam musik klasik. Ketika anda menjernihkan pikiran dan membiarkannya diisi hanya dengan musik, itu juga merupakan bentuk lain dari meditasi. Di mana pikiran anda berfokus pada satu hal.

11. Jangan biarkan perut kosong

Lapar merupakan salah satu alasan mengapa kita sulit konsentrasi. Jangan mengabaikan perut kita yang sedang kelaparan. Kembalilah bekerja setelah perut terisi atau ditemani dengan makanan ringan sehingga kita dapat kembali berkonsentrasi. Dengan menjaga kesehatan anda, tetap aktif, dan makan makanan yang kaya nutrisi merupakan salah satu cara meningkatkan konsentrasi otak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat