uefau17.com

12 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya - Hot

, Jakarta - Memahami penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya ini penting, terutama untuk mencegah kematian pada hewan berkumis ini. Penyebab kucing tidak mau makan adalah berhubungan dengan masalah kesehatan hingga jenis makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, sebenarnya penyebab kucing tidak mau makan juga bisa dipengaruhi depresi, stres, dan perasaan tidak bahagia pada kucing. Pada kondisi ini, pemilik harus lebih memperhatikannya, seperti lebih sering menemani, mengelus, menyisir, hingga menggendongnya yang bisa membuat kucing bahagia.

Berbagai penyebab kucing tidak mau makan ini mayoritas bisa diatasi. Pastikan sebelum mengatasi, lakukan identifikasi penyebab. Kemudian, saat penyebab kucing tidak mau makan cukup serius, lakukan konsultasi segera dengan dokter hewan atau mendatangi puskeswan terdekat.

Berikut ulas lebih mendalam penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya, Selasa (20/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Ini penyebab kucing tidak mau makan dan penjelasannya melansir dari The Spruce Pets:

1. Penyakit Pernapasan

Penyakit pernapasan adalah penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya dengan mengobati masalah pernapasan tersebut. Pernapasan memengaruhi indra penciuman atau kemampuan bernapas kucing yang menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Penyakit pernapasan sebagai penyebab kucing tidak mau makan, untuk bagian atas dapat menyumbat hidung dan mata kucing dengan keluarnya cairan yang mengakibatkan hilangnya atau pembatasan penglihatan dan penciuman sementara.

Kemudian, penyakit saluran pernapasan sebagai penyebab kucing tidak mau makan, bagian bawah dapat mempengaruhi paru-paru kucing yang menyebabkannya mengalami kesulitan bernapas.

Masalah pernapasan yang bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang memerlukan perawatan dasar atau mungkin serumit kanker.

2. Masalah Sistem Pencernaan

Ada masalah pada sistem pencernaan adalah penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya dengan mengobati penyakit pencernaan itu. Penyakit ini berhubungan dengan perut, usus, pankreas, atau bagian lain dari sistem pencernaan kucing yang dapat menyebabkannya berhenti makan.

Kucing dengan masalah pencernaan akan mengalami gejala seperti muntah dan mengalami diare atau sakit perut di samping masalah pencernaan. Inilah penyebab kucing tidak mau makan yang juga mengindikasi masalah pencernaan.

Masalah pencernaan yang bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan adalah dapat berkisar dari refluks asam, tumor, ketidakseimbangan bakteri usus, parasit, penyakit iritasi usus, dan masalah lainnya. Segera lakukan penanganan tepat, agar kucing mendapat nutrisi yang seharusnya didapatkannya setiap hari.

3. Kemasukan Benda Asing

Benda asing yang masuk ke sistem pencernaan kucing atau mulut kucing, bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya dengan mengeluarkan benda asing tersebut. Contohnya mereka menelan bola rambut, yang semuanya dapat tersangkut di perut atau usus.

Benda asing yang tersangkut di saluran pencernaan kucing sebagai penyebab kucing tidak mau makan disebut sebagai obstruksi gastrointestinal, atau obstruksi GI. Masalah obstruksi GI tidak akan membiarkan makanan melewati saluran pencernaan dan karena itu kucing mengalami muntah dan kemungkinan besar berhenti makan.

4. Penyakit Gigi dan Gusi

Penyakit gigi dan gusi adalah penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya dengan membawa kucing ke dokter hewan atau puskeswan terdekat. Gigi dan gusi yang sakit dapat menyebabkan kucing berhenti makan.

Masalah gigi yang berisiko dialami kucing dan menjadi penyebab kucing tidak mau makan adalah mereka dapat mematahkan giginya, mengembangkan lesi resorptif pada giginya, mengembangkan radang gusinya, membentuk abses gigi, dan mengalami masalah gigi lain yang menyebabkan sakit mulut.

Sama seperti manusia, kucing tidak mau makan jika area mulutnya sakit. Namun, masalah gigi mungkin sulit didiagnosis pada kucing, dan dokter hewan perlu membius hewan peliharaan seperti kucing untuk mengevaluasi masalahnya.

3 dari 4 halaman

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan Selanjutnya

5. Rasa Makanan

Rasa makanan bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya adalah mengganti. Kucing bisa menjadi sanga pemilih pada makanan. Seekor kucing mungkin memakan satu rasa dari merek yang sama, tetapi sepenuhnya menolak rasa baru karena preferensi.

Penolakan makanan secara tiba-tiba dapat terjadi jika produsen makanan mengubah rasa dan bahan tanpa tanda yang jelas pada kemasannya. Pada kondisi ini, kucing mungkin memperhatikan dan memberontak tidak mau makan.

6. Bentuk atau Tekstur Makanan

Bentuk atau tekstur makanan bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya dengan evaluasi atau menggantinya. Kucing bisa sensitif terhadap bentuk dan tekstur tertentu dalam hal makanan.

Beberapa kucing menyukai bentuk segitiga, yang lain menyukai bentuk bulat, dan yang lain lagi hanya akan memakan makanan kering yang renyah atau makanan basah kalengan.

7. Makanan Rusak

Kerusakan makanan adalah penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya dengan mengganti. Jika pemilik memberi kucing makanan kedaluwarsa atau basi, ia mungkin tidak mau memakannya. Periksa tanggal kedaluwarsa pada makanan. Bisa pula dengan mengendusnya untuk melihat apakah baunya tengik.

4 dari 4 halaman

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan Lainnya

Apa lagi yang bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan? Selain yang sudah disebutkan, ini penyebab kucing tidak mau makan yang lansir dari berbagai sumber:

8. Usai Melakukan Vaksinasi

Vaksinasi adalah penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya dengan membiarkannya istirahat cukup. Kucing yang habis divaksinasi akan cenderung kurang nafsu makan. Ini memang rekasi negatif dari suntikan vaksin.

Meskipun vaksin telah menjadi penyelamat hidup bagi jutaan hewan, vaksin menyebabkan efek samping pada beberapa hewan. Kehilangan nafsu makan adalah salah satu efek samping yang lebih umum yang biasanya bersifat sementara dan ringan.

9. Bepergian dan Bertemu Lingkungan Asing

Bepergian dan beradal di lingkungan asing adalah penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya dengan membiarkannya istirahat serta menyesuaikan diri. Seperti manusia, kucing juga termasuk makhluk yang punya kebiasaan.

Perubahan rutinitas pada kucing atau lingkungan bisa mengakibatkan hilangnya nafsu makan. Selain itu, beberapa hewan mengalami mabuk perjalanan saat bepergian dengan mobil atau pesawat. Ini dapat menyebabkan mual dan penolakan untuk makan.

10. Mengalami Stres

Stres adalah penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya dengan lebih memperhatikan perawatannya. Hilangnya nafsu makan bukan hanya disebabkan masalah fisik. Terkadang kecemasan atau depresi bisa menjadi alasan kucing tidak mau makan.

Pastikan untuk mengenali tanda-tanda kucing stres seperti grooming berlebihan dan terus mengeong tanpa sebab. Sering menggendong, mengajak bermain dan mengelus kucing bisa menurukan tingkat stres pada kucing. Cobalah cara mengatasi kucing tidak mau makan yang dinilai cocok.

11. Dehidrasi

Dehidrasi menjadi risiko penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya dengan memberinya air minum. Jika kucing berhenti makan makanan kering namun tetap makan camilan, artinya kucing sedang kehausan atau dehidrasi. 

Seperti namanya, makan makanan kering pasti akan menimbulkan rasa haus yang serius. Cara mengatasinya, masukkan sedikit air ke dalam makanan kering mereka dan lihat dengan baik serta teliti apakah itu mempengaruhinya. 

12. Mengidap Penyakit Serius

Penyakit lainnya bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya dengan berobat ke dokter hewan. Kehilangan nafsu makan adalah salah satu indikator utama ada sesuatu yang salah pada tubuh kucing. Sejumlah kondisi berbeda mungkin menjadi penyebab, termasuk infeksi, gagal ginjal, pankreatitis, masalah usus, dan kanker.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat