uefau17.com

Cara Membuat Sabun Cair dan Sabun Batang, Hemat dan Praktis - Hot

, Jakarta Cara membuat sabun cair juga bisa dilakukan sendiri di rumah, selain menjaga kebersihan, membuat sabun sendiri juga lebih hemat dan praktis. Cara membuat sabun cair juga dapat dibuat langsung dari proses awal, atau membuatnya dari sabun batang. Namun Anda juga bisa menerapkan kedua cara ini, untuk mendapatkan sabun cair yang diinginkan.

Cara membuat sabun cair tentu dilakukan mulai dari proses awal, dengan memilih semua bahan yang akan digunakan, sehingga bisa menggunakan bahan-bahan alami. Sedangkan, jika kamu ingin membuatnya dari sabun batang, maka bisa memilih produk yang dibuat dari bahan alami.

Cara membuat sabun cair menggunakan bahan alami, tidak sulit untuk diterapkan serta prosesnya juga terbilang mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, perlu untuk mengikuti segala proses dengan baik agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Kamu juga perlu menyiapkan berbagai peralatan serta bahan-bahan sesuai komposisi yang dibutuhkan.

Berikut ini cara membuat sabun cair yang rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Sabun Cair Alami

Cara membuat sabun cair secara alami, tidak terlalu sulit untuk dibuat. Hanya perlu untuk menyiapkan berbagai peralatan juga bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Kamu juga bisa memilih berbagai bahan sesuai keinginan sendiri, namun untuk komposisi yang ditentukan harus pas. Jika komposisi berbagai campuran bahan tersebut tidak pas, maka dapat menyebabkan cara membuat sabun cair gagal nantinya.

Peralatan:

 - Siapakan Mangkuk stainless steel

- Sendok pengaduk dan Thermometer stainless steel

- Pengukur stainless steel dan Cetakan silikon

- Handuk bekas juga Koran

Bahan

- Minyak Kelapa

- Minyak Zaitun

- Minyak Alami lainnya (sesuai selera)

- Alkali sebanyak ¼ gelas

- Air dingin ¾ gelas

Cara membuat sabun cair:

- Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tutupi lantai atau meja yang akan digunakan untuk membuat sabun menggunakan koran bekas. Kemudian siapkanjuga semua peralatan dan bahan di atasnya.

- Kenakan sarung tangan, kacamata dan masker.

- Siapkan juga mangkuk khusus yang sudah diisi air dingin, lalu masukkan alkali secara perlahan-lahan. Tunggu selama beberapa detik, kemudian aduk alkali hingga berasap dan air berubah menjadi lebih jernih.

- Langkah selanjutnya tambahkan beberapa tetes minyak dengan menggunakan pipet, lalu diamkan sejenak, dan hangatkan larutan ke dalam oven selama beberapa menit dengan suhu 95 hingga 120 derajat Celcius.

- Setelah itu, tambahkan juga beberapa tetes minyak alami dan aduk perlahan selama kurang lebih 5 menit. Aduk hingga larutan berubah mengental seperti pudding.

- Tambahkan beberapa bahan alami yang diinginkan, kemudian aduk lagi, kemudian  masukkan adonan sabun dalam cetakan dan diamkan selama 12-24 jam.

- Sabun mandi alami siap digunakan.

3 dari 4 halaman

Sabun Cair dari Sabun Batang

Selain cara membuat sabun cair menggunakan bahan alami, membuatnya menggunakan sabun batang juga bisa menjadi salah satu cara alternatif. Memang, terkadang menggunakan sabun batang untuk membersihkan tubuh seringkali tidak cukup efektif. Maka dari itu, mengubah sabun batang menjadi sabun cair merupakan suatu langkah yang cukup tepat. 

Berikut beberapa langkah yang dapat dipraktikkan untuk mendapatkan sabun cair

- Pilih sabun batang yang ingin kamu gunakan sesuai dengan keinginan

- Kemudian, parutlah sabun tersebut. Gunakanlah parutan yang halus untuk memarut seluruh batangan sabun ke dalam sebuah mangkuk. Anda juga dapat memotong sabun menjadi potongan-potongan tebal jika ingin lebih mudah untuk memarutnya.

- Didihkan secangkir air, sekitar 235 ml air yang nantinya akan dicampurkan dengan parutan sabun.

- Campurkan parutan sabun dengan air mendidih, ke dalam wadah yang telah diisi air mendidih tadi. Selanjutnya campurkan air dan sabun hingga memiliki tekstur kental seperti pasta. Sebagai opsional, kamu juga bisa menggunakan microwave.

- Tambahkan juga gliserin di dalam adonan. Campurkan 1 sendok (5g) gliserin, lalu aduk hingga tercampur seluruhnya. Gliserin dapat berperan sebagai pelembap untuk kulit, dan membuat sabun lebih lembut untuk digunakan pada tubuh.

- Tambahkan juga beberapa bahan yang diinginkan, misalnya kamu mau menambah pewangi, dan menambah bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit. Kamu juga bisa menambahkan lavender, chamomile, minyak alami dan pewarna alami untuk membuat sabun menjadi semakin unik.

- Aduk hingga kekentalan sabun cair terasa pas, lalu setelah dingin, tuangkan sabun ke dalam wadah yang telah disiapkan. 

4 dari 4 halaman

Sabun Batang Penuh Warna

Melansir dari laman Healthline, cara membuat sabun batang yang lembut juga hemat biaya, bisa dibuat sendiri di rumah. 

Bahan:

- 600 ml minyak kelapa

- 300 ml minyak zaitun

- 250 air sulingan

- 140 ml 100 persen alkali murni

- Minyak esensial sesuai dengan selera

- Pewarna makanan (opsional)

- Herba atau bunga kering (opsional)

Cara Membuat Sabun:

- Langkah pertama yang harus dilakukan, ukur bahan dan kenakan juga perlengkapan keselamatan.

- Setel slow cooker ke suhu yang rendah, lalu tuang minyak kelapa dalam wadah yang tahan panas.

- Siapkan larutan alkali. Tambahkan alkali ke dalam air secara perlahan, dan aduk menggunakan spatula secara perlahan dan hati-hati selama menuangkan alkali. Ini akan menjadi panas dan mengeluarkan asap

- Sisihkan larutan alkali, dan dinginkan selama 15 hingga 20 menit, lalu pastikan minyak kelapa benar-benar meleleh, tambahkan minyak zaitun dan aduk rata.

- Setelah minyak mencapai suhu 49 hingga 54 derajat celcius, masukkan dalam blender, putaran rendah. Tuangkan larutan alkali dengan lembut untuk menghindari percikan dan aduk secara perlahan.

- Aduk campuran dengan gerakkan dalam lingkaran. Lanjutkan memblender dan mengaduk selama 10 hingga 15 menit. Ini adalah saat minyak dan larutan alkali telah teremulsi dan terlihat seperti puding.

- Tutupi slow cooker, dan masak dengan api kecil selama 50 menit. Jika adonan menggelembung, aduk secara perlahan, setelah itu matikan slow cooker. Biarkan dingin sampai campuran turun di bawah 82 derajat celcius.

- Tambahkan minyak esensial dan pewarna, aduk merata, kemudian tuang adonan ke dalam cetakan sabun. Ratakan juga bagian atas dengan spatula. Ketuk cetakan supaya benar-benar terisi, tak ada gelembung udara lalu taburi dengan bunga kering.

- Setelah sabun dituang ke dalam cetakan, diamkan selama 24 jam. Jika sudah dingin, keluarkan sabun dari cetakan dengan hati-hati dan potong menjadi batangan dengan pemotong sabun atau pisau. Sebaiknya biarkan mengering selama seminggu lagi. Ini akan meningkatkan kekerasan dan kualitasnya.

Nah, itu tadi beberapa cara membuat sabun sabun cair dan sabun batang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Membuat sabun cair sendiri bisa Anda sesuaikan dengan jenis kulitmu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat