uefau17.com

Menkes Ingatkan Kasus Pembuangan Pasien Jangan Terjadi Lagi - Health

Pembuangan pasien lansia di Bandar Lampung sungguh membuat miris di hati. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi saja dibuat geram dan mengingatkan pada semua petugas medis tak mengulanginya. Nafsiah menegaskan semua pasien harus segera di tolong.

"Kejadian seperti itu jangan lagi terjadi, semua rumah sakit perlu status terakreditasi karena dengan hal itu semua aturan dapat dijalani dengan baik. Selain itu standarisasi di rumah sakit harus lebih ditingkatkan lagi. Kasus seperti pembuangan pasien itu kriminal perlu penindakan hukum yang tegas," kata Nafsiah di Jakarta seperti ditulis Kamis,(13/2/2014).

Menurut Nafsiah, semua rumah sakit atau dokter bila ada pasien yang gawat darurat harus segera dilakukan penindakan.

"Itu semua sudah diatur dalam Undang-Undang kesehatan atau kedokteran. Kalau sudah masuk kondisi gawat darurat harus segera ditolong. Jangan lagi ada pelanggaran Hak Asasi Manusia," kata Nafsiah saat ditemui usai acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Nafsiah juga mengingatkan para dewan pengawas di semua rumah sakit untuk lebih meningkatkan pengawasan setiap tindakan rumah sakit atau dokter yang bertugas.

"Setiap rumah sakit itu sudah ada dewan pengawasnya. Saya ingatkan para dewan pengawas harus lebih meningkatkan lagi pengawasannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," katanya.

(Mia/Mel)

Baca Juga:

Menkes : Pembuangan Pasien Tindakan Kriminal
Inhotch : Pembuangan Pasien Rusak Citra Dunia Kesehatan
Pembuangan Pasien di Lampung, Kejahatan Kemanusiaan!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat