uefau17.com

Usia Bukan Hambatan, Wanita 105 Tahun Raih Gelar Master di Stanford University AS - Health

, Jakarta Seorang wanita bernama Virginia Hislop, menerima gelar master di Stanford University Amerika Serikat pada usia 105 tahun.

Hislop menerima gelarnya setelah lebih dari 80 tahun berkecimpung dalam bidang pendidikan di sekolah dan dewan sekolah di Yakima, Washington, Amerika Serikat.

Dilansir dari laman resmi Stanford University pada Jumat, 28 Juni 2024, ketika Hislop mulai kuliah pada tahun 1936, rencananya adalah mendapatkan gelar sarjana pendidikan, yang dia capai pada tahun 1940.

Dia juga ingin mendapatkan gelar master pendidikan agar bisa mengajar, dan mulai mengajar segera setelahnya.

Namun, setelah menyelesaikan tugas kuliahnya dan sebelum menyerahkan tesis terakhirnya, pacarnya saat itu, George Hislop AB, seorang siswa GSE di Korps Pelatihan Perwira Cadangan (ROTC), dipanggil untuk bertugas selama Perang Dunia II.

Hal ini mendorong pasangan tersebut untuk menikah, dan Virginia Hislop meninggalkan kampus sebelum lulus.

"Saya pikir itu adalah sesuatu yang bisa saya pelajari di sepanjang jalan jika saya membutuhkannya. Saya selalu senang belajar, jadi itu bukan masalah besar bagi saya—dan menikah adalah masalah besar," kata Hislop, yang lahir di Palo Alto dan tinggal di Yakima, Washington.

83 tahun setelah meninggalkan kampus dan mengabdi pada pendidikan, Virginia Hislop kembali ke Stanford untuk menyelesaikan apa yang dia mulai dan menerima gelarnya.

"Sebagai pendukung kuat kesetaraan dan kesempatan untuk belajar, hari ini kami dengan bangga menganugerahkan gelar master seni di bidang pendidikan kepada lulusan kami yang berusia 105 tahun," kata Dekan GSE Daniel Schwartz dalam pidatonya pada upacara pembukaan GSE hari Minggu, 16 Juni. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengabdi Pada Pendidikan untuk Membantu Generasi Muda Mendapatkan Kesempatan Belajar

Dalam banyak hal, pekerjaan Hislop di bidang pendidikan setelah meninggalkan Stanford dimulai dengan anak-anaknya.

Ketika putrinya, Anne, mulai kelas satu di Washington, Hislop memperjuangkan agar dia bisa mengikuti pelajaran bahasa Inggris tingkat lanjut, daripada kursus ekonomi rumah tangga yang disarankan oleh sekolah.

"Saya merasa dia bisa belajar memasak di rumah dan lebih penting dia belajar keterampilan akademis di sekolah," katanya.

Setelah pertemuan pertama itu, Hislop terdorong untuk bergabung dengan dewan sekolah agar bisa lebih berperan dalam apa yang diajarkan kepada anak-anak, untuk membantu mereka mencapai kesuksesan.

"Saya merasa semua anak harus memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka sebaik mungkin, dan semua orang harus memiliki kesempatan untuk pendidikan tinggi jika mereka menginginkannya," kata Hislop.

3 dari 4 halaman

Kontribusi Hislop Jadi Dewan Sekolah

Hislop berada di dewan sekolah selama 13 tahun sebelum memindahkan keterlibatannya ke tingkat kota, kabupaten, dan negara bagian di Washington.

Beberapa perannya termasuk menjadi Ketua Dewan Direksi Sekolah Yakima, menjadi anggota pendiri dewan direksi untuk Yakima Community College.

Selain itu, dia juga membantu memulai Heritage University di Toppenish, Washington, di mana dia bertugas di dewan selama 20 tahun.

"Saya telah melakukan pekerjaan ini selama bertahun-tahun dan senang diakui dengan gelar ini," kata Hislop.

Saat ini, Hislop menghabiskan sebagian besar waktunya dengan melakukan pekerjaan komunitas, membaca, bersosialisasi, dan bekerja di kebunnya, rutinitas yang dia katakan telah membuat pikirannya tetap aktif.

"Pelajaran terbesar yang saya ambil darinya adalah bahwa Anda tidak pernah benar-benar berhenti belajar," kata menantunya, Doug Jensen.

"Dia adalah pembaca yang rakus, dan pada usia 105 tahun dia masih aktif bergerak dan berkegiatan."

 

 

4 dari 4 halaman

Bagi Hislop, Gelar Ini Merupakan Apresiasi Atas Kerja Kerasnya

“Bagi saya, gelar ini merupakan apresiasi atas kerja keras saya selama bertahun-tahun di sekolah-sekolah di wilayah Yakima dan di berbagai dewan.”

Pada upacara Diploma GSE, Schwartz sependapat, dengan mengatakan bahwa Hislop “menjalani kehidupan dengan pencapaian pendidikan yang luar biasa.”

Rekan-rekan lulusannya dan keluarga mereka memberinya tepuk tangan meriah. 

Ketika Hislop bangkit dari kursinya, mengenakan topi dan toga, untuk berjalan melintasi panggung dan menerima master hood-nya, tepuk tangan kembali bergemuruh.

Dia menyapa Schwartz di atas panggung dan menerima diplomanya. Hislop tersenyum ke arah kamera, cucu dan cicitnya melambaikan tangan dan bersorak.

"Ya ampun," kata Hislop.

"Aku sudah menunggu lama untuk ini."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat