uefau17.com

Waspada Kebiasaan Buruk yang Bisa Menurunkan Fungsi Hati - Health

, Jakarta - Ketua Tim Kerja Hepatitis dan Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan (PISP) Direktorat P2PM, Kemenkes RI dr Ratna Budi Hapsari, mengatakan, hati adalah organ penting dalam tubuh manusia yang mempunyai fungsi vital sehingga perlu dijaga dengan baik. 

"Fungsi vital termasuk memproses nutrisi, memetabolisme racun yang ada dalam tubuh, memproduksi protein dan lain sebagainya," tutur Ratna. 

Namun, kebiasaan manusia ikut berperan pada kesehatan hati dalam menjalankan fungsinya. Jika fungsi hati terganggu maka turut berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Beberapa kebiasaan buruk manusia yang dapat mengganggu fungsi hati sehingga menyebabkan penyakit hati antara lain:

1. Makan Tak Teratur

Salah satu fungsi hati yaitu untuk mengeluarkan enzim dan cairan empedu yang membantu pencernaan. Kebiasaan buruk seperti menunda makan dan makan tidak teratur akan merusak sistem metabolisme.

"Kalau kita gak teratur makannya, si enzim dan cairan-cairan ini tuh bingung akan keluar seperti apa yang akhirnya bisa merusak sistem metabolisme dan juga banyak keluhan-keluhan lain," ujar dr. Reisa Broto Asmoro  saat Siaran Sehat bersama Dokter Reisa di kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI (16/10/2023)

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Konsumsi Alkohol

"Selain jam makan yang tak teratur bisa merusak hati, konsumsi alkohol juga bisa merusak hati terutama yang berlebihan," kata Reisa. 

Seperti diketahui, salah satu fungsi hati yakni menyaring racun. Maka, konsumsi alkohol berlebih akan membuat tubuh melalui hati akan sulit menyaringnya dengan baik. Jika dibiarkan, hal ini akan menyebabkan kerusakan hati. 

3 dari 4 halaman

3. Stres

Stres diketahui akan berimbas pada kesehatan tubuh dengan munculnya berbagai gangguan kesehatan. Oleh karena itu, setiap individu harus mempunyai manajemen stres yang baik agar organ-organ tubuh seperti hati bekerja dengan baik.

 

 

4 dari 4 halaman

Pesan Sehat Menjaga Organ Hati dari dr. Ratna

Penyakit hati bisa merusak satu-satunya organ hati yang dimiliki manusia. Oleh karena itu, penting untuk menjaga organ hati dengan baik. 

"Jadi penting diingat bahwa banyak sekali penyakit hati yang mengancam hati, karena itu melakukan upaya pencegahan, melakukan pemeriksaan keshatan untuk mengetahui secara dini apakah ada gangguan pada hati kita dan dapatkan pengobatan sedini mungkin bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penyakit hati," jelas Ratna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat