uefau17.com

3 Hal Mendasar yang Penting Dilakukan untuk Jaga Kulit di Tengah Gempuran Polusi Udara - Health

, Jakarta Kualitas udara di Jakarta dan kota-kota di sekitarnya kerap tidak baik. Kondisi udara yang tidak baik bisa juga berimbas pada kesehatan kulit.

Untuk menjaga kulit tetap sehat di tengah gempuran polusi udara, dokter spesialis kulit dan kelamin Benny Nelson mengungkapkan bahwa dengan disiplin melakukan perawatan kulit paling mendasar yakni: membersihkan, melembapkan dan melindungi dari sinar ultraviolet (UV).

1. Membersihkan

Bersihkan kulit salah satunya dengan mandi menggunakan air bersuhu suam-suam kuku, tidak terlalu panas maupun dingin. "Pilih sabun yang bersifat lembap," saran Benny.

Disarankan waktu mandi maksimal alias paling lama 15 menit agar flora normal (bakteri, jamur, atau parasit alami) yang melindungi kulit tidak cepat hilang.

Jangan lupa untuk keramas dan mencuci wajah dengan sabun yang bersifat lembut.

2. Melembapkan

Lembapkan kulit dengan pelembap yang tidak mengandung pewangi. Sebab, pelembab yang wangi pasti memiliki penambahan bahan-bahan atau substansi tertentu yang berpotensi menyebabkan iritasi atau alergi.

Selain kulit, ingat juga bagian lain seperti bibir perlu juga untuk diberi kelembapan tambahan.

"Jangan lupa, selain kulit, bibir juga perlu dilembabkan dengan lip balm dan rambut dengan conditioner," kata Benny mengutip Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Lindungi Kulit dari Sinar UV

Perlindungan terhadap sinar UV dengan baju yang memiliki UV Protection Factor (UPF) serta menggunakan tabir surya yang memiliki minimal SPF 30 dan PA++, dan mengandung setidaknya lima antioksidan.

"Semakin bertambah usia, ada sel yang namanya fibroblas yang memproduksi kolagen dengan fungsi menjaga elastisitas pada kulit. Semakin kita tua, fibroblas semakin banyak menghasilkan radikal bebas dan semakin membuat kulit kita mengalami penuaan. Di sinilah pentingnya antioksidan," ucap Benny.

 

3 dari 4 halaman

Jaga Pola Makan Sehat dan Minum Cukup

Selain membersihkan, melembapkan dan melindungi kulit, Benny juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga asupan makanan serta memastikan cukup minum. Kedua hal tersebut berpengaruh terhadap kesehatan kulit.

Untuk asupan makanan, Benny mengingatkan untuk tidak terlalu banyak makan karbohidrat seperti nasi, bakwan, mi. Imbangi juga dengan protein serta sayur dan buah.

"Jaga pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin, serta antioksidan penting untuk tubuh. Jangan hanya makan nasi putih, mie goreng, dan bakwan jagung, yang komposisinya hanya karbohidrat saja tanpa protein ataupun sayur. Bisa juga dilengkapi suplemen seperti vitamin C, E, dan B3," pesannya.

Lalu, ia menganjurkan cukup minum dengan paling tidak minum 2 liter air bagi orang dewasa. Atau sekitar delapan gelas per hari.

4 dari 4 halaman

Periksakan ke Dokter Kulit Sebelum Parah

Benny meminta masyarakat tidak meremehkan jika kulit mengalami masalah. Bila muncul masalah segera datang ke dokter kulit, sehingga dapat didiagnosa dan diberikan pengobatan yang tepat.

Jika pasien datang sudah dalam kondisi parah, maka penanganan pun jadi lebih lama.

"Karena itu perlu diedukasi pentingnya periksa kulit sendiri untuk mendeteksi kelainan kulit lebih awal, sehingga dapat ditangani lebih cepat," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat