uefau17.com

Perjuangan 5 Hari 5 Malam Juan Paulinus Damianus Faya Ikut Seleksi Paskibraka Nasional 2023 di Papua Selatan - Health

, Jakarta - Setiap tahunnya, selalu ada cerita menarik yang bisa diangkat dari para anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di tingkat nasional. Termasuk untuk tahun ini, perjuangan Juan Paulinus Damianus Faya menjadi salah satu di antaranya.

Juan Paulinus Damianus Faya merupakan anggota Paskibraka Nasional 2023 yang datang dari Papua Selatan.

Bahkan, cerita perjuangan Juan Paulinus untuk ikut seleksi Paskibraka Nasional 2023 sempat diangkat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui media sosialnya.

Tak heran, Juan Paulinus Damianus Faya memang melewati perjuangan yang tidak main-main untuk bisa mengikuti seleksi Paskibraka Nasional 2023.

"Juan Paulinus Damianus Faya baru saja dikukuhkan sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023. Ia berasal dari Provinsi Papua Selatan," ujar Jokowi dikutip Diary Paskibraka  dari unggahan di Instagram pribadinya pada Jumat 18 Agustus 2023.

Juan Paulianus Tempuh Perjalanan 5 Hari 5 Malam

Jokowi mengungkapkan bahwa Juan Paulinus perlu menempuh perjalanan yang panjang untuk melakukan seleksi Paskibraka Nasional 2023.

"Untuk sampai di titik ini, Juan yang berasal dari Kabupaten Asmat harus menempuh perjalanan laut selama 5 hari 5 malam untuk sampai di Kabupaten Merauke mengikuti seleksi Paskibraka tingkat provinsi, dan lolos," kata Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi menambahkan bahwa Juan Paulinus masuk dalam salah satu dari 76 pelajar lainnya yang bertugas sebagai Paskibraka dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta pada 17 Agustus 2023.

Selain Juan Paulinus, ada pula empat pasang perwakilan baru yang datang dari Papua. Termasuk Lilly Wenda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Provinsi Baru di Papua untuk Anggota Paskibraka Nasional 2023

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi mengungkapkan apa perbedaan anggota Paskibraka tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, ada tambahan 4 provinsi baru yang salah satunya diwakilkan oleh Juan Paulinus.

"Jika tahun lalu anggota Paskibraka datang dari 34 provinsi, tahun ini mereka datang dari 38 provinsi berkat adanya 4 provinsi baru, termasuk Papua Selatan," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, setiap anggota Paskibraka punya cerita tersendiri soal bagaimana perjuangan mereka hingga bisa lolos seleksi.

"Setiap anggota Paskibraka punya cerita sendiri bagaimana mereka terpilih dan berlatih untuk bertugas dalam upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Jakarta. Semuanya menarik," kata Jokowi.

3 dari 4 halaman

Anggota Paskibraka Nasional 2023 dari Papua

Pendapat selaras diungkapkan oleh Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rima Agristina.

Rima menjelaskan, dengan bertambahnya empat provinsi di Indonesia, maka tim Paskibraka Nasional 2023 otomatis ikut bertambah empat pasang.

"Jadi karena ada tambahan empat provinsi, maka penambahan juga empat pasang dari Papua. Ini membuat semakin dinamis ya, dan semakin merepresentasikan Indonesia," kata Rima melalui video yang diunggah dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 17 Agustus 2023.

Keempat provinsi baru itu adalah Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

4 dari 4 halaman

Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2023 Juga dari Papua

Seperti diketahui, pembawa baki yang bertugas dari Paskibraka Nasional 2023 di Istana Merdeka, Jakarta pun datang dari Papua. Lilly Indiani Suparman Wenda, namanya.

"Bertugas pagi adalah tim Indonesia Maju, dan yang bertugas sore adalah tim Indonesia Jaya. Untuk tim Indonesia Maju membawa bakinya adalah dari Papua pegunungan, saudari Lilly Wenda," ujar Rima.

Lilly Indiani Suparman Wenda merupakan siswi yang tengah menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena. Diketahui, Lilly Indiani yang menjadi perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan.

Kehadiran Lilly Indiani dari tim Paskibraka Nasional 2023 sebagai pembawa baki merupakan momen yang begitu bersejarah. Sebab, 10 tahun terakhir, pembawa baki untuk Upacara Peringatan HUT RI tidak berasal dari Papua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat