uefau17.com

16 Potret Pembawa Baki Paskibraka Nasional Selama Kepemimpinan Jokowi, Masih Ingat? - Health

, Jakarta - Siapa sosok Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2023 hingga Kamis pagi hari ini belum diumumkan. Biasanya, Pembawa Baki baru diketahui pada saat Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka akan dilaksanakan.

Pembawa Baki adalah posisi bergengsi dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Tidak gampang menjadi Pembawa Baki. Butuh fisik yang kuat dan otak yang cerdas agar terpilih sebagai Pembawa Baki.

Terlebih bagi anggota Paskibraka yang dipercaya untuk bertugas di Istana Merdeka di hadapan Presiden Republik Indonesia. 

Di masa kepimpinan Jokowi, tercatat ada 16 anggota Paskibraka Nasional terpilih yang layak menerima mandat mengemban tuga sebagai Pembawa Baki.

Profil Pembawa Baki Paskibraka Nasional Era Jokowi

1. Maria Felicia Gunawan (2015)

2015, Maria Felicia Gunawan merupakan siswi dari BPK Penabur Gading Serpong. Perempuan yang biasa disapa Cia itu menjadi pembawa baki pertama yang menerima dari Presiden Joko Widodo. (Via Insagram/@Mariafelicia23)

Maria Felicia Gunawan adalah anggota Paskibraka Nasional 2015 wakil Banten.

Siswi SMAK Penabur Gading Serpong dipercaya menjadi Pembawa Baki pada Upacara Pengibaran Bendera Pusaka di tahun pertama Jokowi menjabat sebagai Presiden.

Dalam sebuah kesempatan Cia pernah ditanya oleh Jokowi kenapa dirinya bisa terpilih jadi Pembawa Baki?

"Saya rasa kakak-kakak pelatih punya pertimbangan, kriteria yang cocok sebagai pembawa baki, saya bersyukur bisa mewakili teman-teman. Kenapa saya terpilih, saya jujur juga tidak bisa menjawab, karena teman-teman saya yang lain juga layak membawa baki tersebut," katanya.

2. Rani Noerinsan (2015)

Rani Noerinsan merupakan pembawa baki saat upacara penurunan bendera. Rani adalah siswi SMAN 3 Gorontalo. (dok. Merdeka/©2016 blogspot.com)

Sementara yang terpilih menjadi Pembawa Baki Upacara Penurunan Bendera Pusaka Merah Putih adalah Rani Noerinsan.

Rani adalah wakil Gorontalo. Rani yang merupakan siswi SMA Negeri 3 Gorontalo berada di Tim Nakula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2016 - 2018

3. Nilam Sukma Pawening (2016)

Nilam Sukma Pawening,anggota Paskibraka 2016 saat berkunjung ke Redaksi  | Foto : Gempur Muhammad Surya

Nilam Sukma Pawening dari Tim Arjuna terpilih sebagai Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2016 di Istana Merdeka.

Saat itu, Nilam merupakan Paskibraka wakil DKI Jakarta yang tercatat sebagai siswi SMA Negeri 67 Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Terpilihnya Nilam menjadi Pembawa Baki melewati proses yang panjang.

Nilam terus dilatih selama tiga minggu masa Diklat Paskibraka 2016 di PP-PON Menpora, Cibubur, Jakarta Timur di bawah tanggung jawab Tim Garnisun.

4. Cut Aura Maghfirah Putri (2016)

<p>Cut Aura Maghfirah Putri Wakil dari DI Aceh Merupakan Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2016 (Dokumentasi Istana Negara Republik Indonesia)</p>

Cut Aura wakil Banda Aceh terpilih menjadi Pembawa Baki pada saat Penurunan Merah Putih di HUT ke-71 Republik Indonesia. Cut Aura tergabung dalam Kelompok Bima.

Orangtua Cut Aura Maghfirah Putri juga sepasang alumni Paskibraka Nasional.

Ayahnya, H Teuku Muda Ariaman SE MM adalah Paskibraka Nasional 1979 dan ibunya, Hj Nurlaily Idrus SH MH adalah Paskibraka Nasional 1984.

5. Fariza Putri Salsabila (2017)

Presiden Jokowi menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Fariza Putri Salsabila, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di Istana, Jakarta, Kamis (17/8). (/Pool)

Fariza Putri Salsabila yang mewakili Provinsi Jawa Timur terpilih sebagai Pembawa Baki pada Upacara HUT ke-72 RI pada Kamis 17 Agustus 2017. Kala itu, Fariza adalah siswi SMA Negeri 1 Blitar dan berada di Tim Putih.

6. Ruth Purba (2017)

Anggota Paskibraka, Ruth Celine Eglesya Purba bersiap menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Presiden Joko Widodo usai Upacara Penurunan Bendera HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8). (/Pool)

Tugas berat sebagai Pembawa Baki pada Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dipercayakan kepada Ruth Celine Eglesya Purba dari Sumatera Utara.

Terpilihnya Ruth setelah 10 kali dicoba mencicipi posisi bergengsi itu dari awal pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di Cibubur.

Ruth adalah wakil dari Binjai, sebuah kota yang terakhir kali mengirimkan wakil sebagai Paskibraka sampai ke tingkat nasional selama 34 tahun.

7. Tarrisa Maharani Dewi (2018)

Tahun 2018, tugas pembawa baki saat pengibaran bendera pusaka HUT ke-73 RI diemban oleh Paskibraka putri perwakilan dari Jawa Barat, Tarrisa Maharani Dewi. (M. Fajri Erdyansyah/)

Tugas sebagai Pembawa Baki pada tahun ini dipercayakan kepada Tarrisa Maharani Dewi. Dia adalah Paskibraka Nasional 2018 wakil Jawa Barat.

Munculnya nama Tarrisa Maharani Dewi tak mengherankan bagi tim Diary Paskibraka .

Berdasarkan pantauan selama Diklat Paskibraka 2018, Tarrisa cukup sering dilatih jadi pembawa baki.

Tarisa sendiri menghitung ada lebih dari sembilan kali dia di-dril untuk menerima bendera Merah Putih untuk kemudian dikibarkan.

Tidak hanya ketika berlatih di Cibubur, saat latihan gabungan bersama Paspamres dan gladi bersih di Istana Merdeka, Paskibraka kelahiran Palembang, 10 Juli 2002, kerap didapuk menjadi Pembawa Baki.

8. Zanati Tahta (2018)

Sedangkan saat upacara penurunan bendera di Istana Merdeka, Zanati Tahta Umahati, perwakilan dari Sumatera Selatan. Zanati membawa baki untuk bendera sang saka merah putih. (dok. Liputan6/M. Fajri Erdyansyah)

Paskibraka yang bertugas membawa baki Sang Saka Merah Putih adalah Zanati Tahta Umahati dari Sumatera Selatan.

Selama pendidikan dan pelatihan di Cibubur, Jakarta Timur, Paskibraka kelahiran 15 September 2002 tersebut cukup sering dilatih membawa baki dan sebagai baki cadangan. 

 

3 dari 4 halaman

Profil Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019 - 2020

9. Salma El Mutafaqqiha Putri (2019)

Salma, Paskibraka Nasional 2019 dari Jawa Tengah (Aditya Eka Prawira/)

Paskibraka 2019 yang bertugas sebagai Pembawa Baki Upacara Pengibaran Bendera adalah Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi dari Jawa Tengah.

Selama diklat di Wisma Soegondo milik Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) di Cibubur, Jakarta Timur, Paskibraka kelahiran Malang, 16 Desember 2002 ini cukup sering dilatih sebagai pembawa baki 2019.

10. Aisyah Rahmawati (2019)

Aisyah Rahmawati, Paskibraka Nasional 2019 dari Bengkulu (/Aditya Eka Prawira)

Nama Paskibraka Nasional 2019 dari Bengkulu, Aisyah Rahmawati, yang terpilih sebagai pembawa baki pada upacara HUT ke-74 RI di sore hari.

Berdasarkan pantauan Diary Paskibraka , Aisyah merupakan salah seorang anak didik yang cukup sering dilatih jadi Pembawa Baki.

11. Indrian Puspita Rahmadhani (2020)

Indrian Puspita Rahmadhani adalah Paskibraka 2019 tingkat nasional dari Provinsi DI Aceh yang dipanggil kembali ke Jakarta untuk melaksanakan tugasnya pada perayaan HUT ke-75 RI di Istana Merdeka, 17 Agustus 2020 (Foto: Aditya Eka Prawira/Diary Paskibraka )

Tahun ini Indonesia dilanda Pandemi COVID-19 yang mengakibatkan semua masyarakat untuk di rumah saja. Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka pun hanya dilakukan terbatas.

Di tahun ini pula untuk pertama kalinya tidak ada seleksi Paskibraka Nasional. Sehingga yang ditugaskan adalah anggota Paskibraka dari tahun sebelumnya.

Untuk Pembawa Baki sendiri yang kembali dipilih adalah Indrian Puspita Rahmadhani dari DI Aceh dan Sylvia Kartika Putri dari Sumatera Utara.

Indrian Puspita Rahmadhani atau yang akrab disapa Indri mendapat mandat menjadi Pembawa Baki pada upacara di pagi hari.

Bedanya, Indri sudah membawa bendera sejak berada di titik awal anggota Paskibraka Nasional 2020 berdiri.

Putri pasangan Roni Nurjaman dan Ely Hafni menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

12. Sylvia Kartika Putri (2020)

Paskibraka 2020 wakil Sumatera Utara, Sylvia Kartika Putri sesudah dikukuhkan sebagai Pasukan Pengibara Bendera Pusaka tahun 2020 oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Kamis, 13 Agustus 2020. (Foto: Dokumentasi Istana)

Pada Upacara HUT ke-75 RI di Istana Merdeka, terpilih delapan orang Paskibraka dari tahun 2019 yang kembali bertugas di hadapan Presiden Jokowi.

Delapan orang tersebut merupakan tim kedua dengan perolehan nilai terbaik pada 2019.

Sylvia bertugas sebagai Pembawa Baki pada Upacara Penurunan Sang Merah Putih.

Bila biasanya bendera yang sudah diturunkan diserahkan kepada presiden, pada saat itu bendera dibawa sampai ke titik akhir barisan.

Di tahun sebelumnya, gadis kelahiran Pematang Siantar, 19 Agustus 2003, merupakan Pembawa Baki Cadangan yang berada persis di belakang Paskibraka Pembawa Baki Salma El-Mutafaqqiha.

4 dari 4 halaman

Profil Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2021 - 2022

13. Ardelia Muthia Zahwa (2021)

Ardelia Muthia Zahwa adalah pembawa baki pada Upacara HUT ke-76 RI di Istana Negara.

Paskibraka Nasional 2021 wakil Sumatera Utara, Ardelia Muthia Zahwa, didapuk sebagai Pembawa Baki pada Upacara Pengibaran Sang Merah Putih di Istana Merdeka, Selasa 17 Agustus 2021.

Dengan terpilihnya Ardelia Muthia Zahwa pada HUT ke-76 RI, provinsi Sumatera Utara kembali mencatat satu lagi nama perwakilannya yang dipercaya mengemban tugas sebagai Pembawa Baki di era kepimpinan Jokowi.

Ardelia Muthia Zahwa, Paskibraka Nasional 2021 kelahiran Tebing Tinggi, 6 Desember 2004, merupakan anak ke-3 Dr Marsono. Seorang karyawan BUMN PT Perkebunan Nusantara III (Persero)

Gadis pemilik tinggi 170 cm dengan berat 60 kilogram tercatat sebagai siswi Kelas X SMA Harapan 1 Medan, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Medan Mainum, Kota Medan.

Ardelia Muthia Zahwa memiliki keterampilan di bidang tari dan gemar berolahraga basket. Selain itu, Ardelia juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang aktif.

14. Qyara Maharani Putri (2021)

Qyara Maharani Putri, anggota Paskibraka dari Provinsi Jawa Barat yang lahir di Jakarta, 18 Desember 2004  (Photo Biro Pers Sekretariat Presiden

Tugas sebagai Pembawa Baki pada Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka dipercayakan kepada Qyara Maharani Putri.

Qyara adalah Paskibraka Nasional 2021 wakil Jawa Barat. Dia berasal dari Kabupaten Garut.

Putri pasangan Syofyano dan Rosanty saat ini tercatat sebagai Siswi SMA Negeri 1 Garut.

Qyara lahir di Jakarta, 18 Desember 2004.

Qyara Maharani Putri memiliki hobi berenang bercita-cita menjadi pramugari.

15. I Dewa Ayu Firsty (2022)

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan Paskibraka Nasional 2022 wakil Bali menjalankan tugas sebagai Pembawa Baki Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dengan amat mulus.

Senyumnya terus mengembang selama bertugas. Mulai dari naik podium hingga pengibaran bendera Merah Putih.

Saat itu I Dewa yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah dan memiliki tinggi 171 cm berasal dari SMA Negeri 2 Kudus.

16. Ayumi Putri Sasaki (2022)

Ayumi Putri Sasaki (Youtube/Sekretariat Presiden)

Paskibraka dari Tim Pancasila Sakti bertugas dalam Upacara Penurunan Bendera Merah Putih. Dan, yang bertugas sebagai Pembawa Baki adalah sosok remaja dari Banyuwangi, Jawa Timur, bernama Ayumi Putri Sasaki.

Remaja yang karib disapa Ayumi ini berasal dari SMAN 2 Taruna Bhayangkara Banyuwangi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat