uefau17.com

Jurus Nikita Willy agar Baby Issa Tak Picky Eater, Jadi Kenal Banyak Makanan - Health

, Jakarta - Aktris kelahiran Jakarta yang kini menjadi ibu satu anak Nikita Willy kerap berbagi soal tips parenting yang dijalaninya. Kali ini, berkaitan dengan caranya agar sang putra tidak menjadi pemilih dalam hal makanan (picky eater).

Nikita Willy mengungkapkan bahwa dirinya tidak membiasakan putranya yang akrab disapa Baby Issa hanya makan makanan yang ia sukai.

Justru, istri Indra Priawan tersebut membiarkan Issa agar melakukan eksplorasi rasa dengan berbagai pilihan makanan. Menurut Nikita Willy, cara itu melatih Issa agar tidak menjadi picky eater.

"Kita enggak pernah membiasakan pada saat dia menolak suatu makanan, aku langsung pindahin makanan yang dia suka, karena itu akan menjadikan anak picky eater," ujar Nikita Willy usai temu media Wisata Rasa MPASI Royco di kawasan Jakarta Selatan pada Jumat, 21 Juli 2023.

Biarkan Anak Tak Makan Jika Menolak

Nikita Willy menjelaskan, dirinya hanya akan membiarkan dan tidak mengganti makanannya saat Issa menolak makan (Gerakan Tutup Mulut/GTM). Alhasil saat lapar, mau tak mau Issa akan tetap mengonsumsi makanan yang disediakan.

"Kalau misal dia menolak makanan yang aku kasih, ya sudah, berarti dia enggak makan di jam tersebut. Dia akan menunggu jam makan berikutnya untuk mendapatkan makanan yang berbeda lagi," kata Nikita Willy.

"Jadi mau gak mau kadang-kadang kalau dia lapar, walaupun dia enggak suka, dia makan," Nikita Willy menambahkan.

Nikita Willy pun mengakui caranya agar membuat Issa tidak menjadi picky eater sampai disebut kejam oleh sang ibu.

"Kata ibu saya, saya itu tega banget," ujar Nikita Willy sambil tertawa.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nikita Willy Cerita Makanan Favorit Baby Issa

Dalam kesempatan yang sama, Nikita Willy sempat menceritakan makanan favorit Issa yang ternyata adalah tempe. Bahkan, saat sedang bosan dengan makanan lain, Issa bisa hanya makan nasi dan tempe.

"Saat Issa mulai MPASI, aku cobain tempe sekali ke Issa, Issa itu bisa makan banyak banget. Jadi menurut aku, tempe adalah makanan favoritnya dia," kata Nikita Willy.

"Dia bisa makan nasi pakai tempe saja kalau misalkan dia lagi bosan makan apapun," Nikita Willy menambahkan. 

Upaya Nikita Willy agar anaknya kenal pada banyak makanan sendiri sudah dilakukan sejak Issa berusia 6 bulan. Kala itu, Nikita Willy mencoba banyak makanan mulai dari protein hewani, protein nabati, lemak, dan sayuran. 

3 dari 4 halaman

Nikita Willy Terapkan Aturan Makan Baby Issa

Lebih lanjut Nikita Willy turut membagikan bagaimana aturan makan yang ia terapkan untuk Issa. Biasanya, ia akan menetapkan durasi makan yang seragam dalam setiap sesinya.

"Feeding rules-nya sama seperti anak lain. Jeda waktu antara makan itu dua jam. Durasi makan maksimal 30 menit. Camilan atau makan berikutnya durasinya dua jam lagi," ujar Nikita Willy.

"Terus kalau misalnya mau berdiri-berdiri di high chair, mau turun dari high chair, berarti makan selesai," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Seputar Feeding Rules yang Diterapkan Nikita Willy

Nikita Willy menambahkan, dirinya juga tidak pernah bentrok dengan sang ibu perkara menerapkan feeding rules untuk Issa. Sebab, ibunya terbiasa membaca ilmu parenting yang sekarang sudah banyak di media sosial.

"Untungnya mama aku itu aktif banget soal ilmu parenting di Instagram, di TikTok. Jadi apa yang aku kasih ke Issa, ternyata kalau dia lihat-lihat di Instagram, 'Oh benar ya seperti ini'. Jadi enggak ada komentar-komentar lain," kata Nikita Willy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat