uefau17.com

Doyan Makan Nasi Padang? Ketahui Risiko Kesehatan yang Bisa Dialami - Health

, Jakarta Nasi Padang merupakan salah satu makanan Indonesia yang sangat popular. Keberadaannya yang sangat mudah ditemui serta aneka ragam sajian yang ditawarkan tentu akan membuat siapapun jadi tergiur untuk mencobanya. Bahkan, sudah banyak orang yang menjadi penggemar setia makanan satu ini dan sering pula menyantapnya jika ada kesempatan.

Namun bagi yang menyukai dan sering makan Nasi Padang, kamu harus berhati-hati dengan berbagai risiko kesehatan yang ada di balik sajian ini. Jangan sampai karena terlalu doyan, akhirnya kamu malah mengabaikan kesehatan tubuh sendiri. Lantas, apa saja bahaya yang ada pada masakan khas Padang ini?

Meningkatkan Kadar Asam Urat

Biasanya di rumah makan Padang tersaji berbagai sayuran dengan kuah dan bumbu yang berbeda-beda. Namun, karena tingginya kadar purin di dalam beragam makanan tersebut ternyata bisa memicu kenaikan asam urat dalam tubuh. Lebih-lebih karena hampir semua olahan sayuran yang ada di menu Nasi Padang menggunakan santan, sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Aneka lauk yang disajikan di rumah makan Padang nyatanya juga mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Ini bisa terjadi karena berbagai hidangan seperti rendang, jeroan, gulai kambing, gulai ayam, dan sebagainya memiliki kandungan lemak yang tinggi, terutama kolesterol jahat (LDL). Jika terlalu sering mengonsumsi Nasi Padang tanpa mengontrolnya, maka bukan tidak mungkin jika kamu akan mengalami risiko kesehatan seperti ini.

Naiknya Berat Badan

Salah satu keunikan yang bisa ditemukan pada Nasi Padang adalah porsinya yang jumbo alias melimpah. Terlebih, dengan porsi nasinya yang bahkan bisa disantap untuk lebih dari satu orang. Namun karena hal tersebutlah yang menjadi pemicu mengapa orang-orang seringkali kalap saat melahap nasi beserta aneka lauk pauk yang tersaji di rumah makan Padang. Sebagai akibat, berat badan jadi tidak terkontrol dan bahkan naik drastis dalam beberapa waktu.

Risiko Terkena Diare

Bukan makanan Padang namanya jika tak menyuguhkan aneka lauk yang pedas. Sensasi pedas yang ada pada sajian ini cenderung menggigit dan bisa berlebihan. Itulah mengapa, orang-orang yang kurang bisa mengonsumsi makanan pedas akan mengalami sakit perut yang tak tertahankan dan buruknya bisa berakhir terkena diare. 

Jadi, sudah makin tahu bukan bahaya yang ada di balik Nasi Padang? Meskipun menggiurkan, namun ada baiknya jika kamu menahan diri dan tak berlebihan dalam menyantap aneka menu dari masakan Padang. Selain itu, rajin-rajinlah mengonsumsi suplemen kesehatan dan vitamin yang mampu dongkrak kesehatan tubuh agar bisa tetap fit dan terhindar dari ancaman penyakit yang berbahaya. Kamu pun juga bisa sesekali melakukan kontrol ke dokter atau rumah sakit terdekat mengenai kesehatan dan kebugaran tubuh. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat