uefau17.com

10 Fakta Dito Ariotedjo, Calon Menpora Milenial Pilihan Jokowi yang Bakal Gantikan Zainuddin Amali - Health

, Jakarta - Sosok Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo tengah jadi sorotan usai Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantiknya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) terbaru.

Dirinya diusung-usung bakal menggantikan Menpora sebelumnya, Zainuddin Amali, yang mengundurkan diri.

"Ya, benar dilantik," ujar salah satu sumber Istana Kepresidenan, Senin (3/4/2023).

Lantas, siapa sebenarnya Dito Ariotedjo? Merangkum dari berbagai sumber, berikut sepuluh fakta terkait calon Menpora Dito Ariotedjo.

1. Dito Ariotedjo Sudah Diusung Jadi Menteri dari 4 Tahun Lalu

Sejak 2019, Partai Golkar telah mengusung Dito Ariotedjo sebagai calon menteri pada Presiden Jokowi. Pernyataan itu keluar sendiri dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Golkar telah memiliki calon untuk diusulkan masuk dalam kabinet. Salah satunya, Dito Ariotedjo. Semoga disetujui dan direstui Pak Presiden," ujar Menko Airlangga saat HUT Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) ke 41 di Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019.

Tak hanya didukung oleh Menko Airlangga, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang sama-sama dari Partai Golkar pun sudah memberikan dukungan untuk Dito Ariotedjo maju sebagai menteri sejak empat tahun lalu.

"Bagus. Menurut saya, dia salah satu yang layak diajukan (sebagai menteri) dari Partai Golkar," ujar Bamsoet saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat, 12 Juli 2019 lalu.

2. Dito Ariotedjo Menjabat sebagai Ketua AMPI

Bicara mengenai profil Dito Ariotedjo, lelaki kelahiran 1990 ini merupakan Ketua Umum DPP AMPI, sebuah organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar.

Dito Ariotedjo menjabat sebagai Ketua DPP AMPI untuk periode 2017-2022, dan adik dari dr Mesty Ariotedjo ini jugalah yang menjadi Ketua Panitia pada HUT Golkar ke 58 pada tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Berusia 32 Tahun, Bakal Jadi Menpora Termuda

Dito Ariotedjo lahir di Jakarta, 25 September 1990. Artinya, saat ini Dito Ariotedjo masih berusia 32 tahun.

Jika nanti resmi dilantik oleh Presiden Jokowi, Dito Ariotedjo akan menjadi menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju. Menyusul itu, Dito Ariotedjo pun akan menjadi menpora termuda.

4. Dekat dengan Menko Airlangga

Dito Ariotedjo pun tak luput dari Menko Airlangga. Keduanya terlihat begitu dekat. Pasalnya, sejak 2022, Dito Ariotedjo memang masuk dalam tim ahli Menko Airlangga yang paling muda dari ketujuh anggota tim ahli lainnya.

5. Dito Ariotedjo Pengusaha yang Kerja Sama dengan Raffi Ahmad

Selain kariernya di dunia politik, Dito Ariotedjo turut aktif dalam dunia bisnis sebagai pengusaha. Dirinya menjalin kerja sama dengan Raffi Ahmad sebagai Chairman Rans Nusantara FC dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

 

3 dari 4 halaman

6. Dito Ariotedjo Anak Eks Direktur PT Antam

Dito Ariotedjo merupakan anak dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati. Dahulu, sang ayah Arie Prabowo Ariotedjo pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Aneka Tambang (Antam) sejak 2017-2019.

7. Dito Ariotedjo Adik Mesty Ariotedjo

Dito Ariotedjo adalah anak bungsu dan memiliki dua kakak. Kedua kakaknya pun mungkin sudah tak asing bagi Anda, yakni Aryo Prakoso Ariotedjo dan dokter spesialis anak Mesty Ariotedjo.

8. Keluarga Kecil Dito Ariotedjo

Pada Maret 2018, Dito Ariotedjo menikah dengan Niena Kirana Riskyana Fuad. Pernikahan itu membawa Dito Ariotedjo memiliki keluarga kecil. Kini, dirinya sudah dianugerahi satu anak perempuan.

Bahkan, dalam laman Instagram milik Dito Ariotedjo, dirinya dengan bangga menulis bahwa ia adalah ayah dari putrinya Sadia dan suami dari Niena.

"Papa to my Sadia. Grateful husband of @nienakr on top of anything," tulis Dito Ariotedjo pada kolom keterangan di akun Instagram pribadinya @ditoariotedjo.

4 dari 4 halaman

9. Dito Ariotedjo Hobi Bersepeda

Dalam beberapa unggahannya di media sosial, Dito Ariotedjo tak sesekali mengunggah aktivitas olahraga yang dilakukannya. Salah satunya bersepeda.

Entah sejak kapan Dito Ariotedjo menggandrungi hobi bersepeda tersebut. Namun, Dito Ariotedjo menjadi salah satu orang yang rela bersepeda pada 2020 lalu di tengah pandemi COVID-19 dan tetap menggunakan masker.

10. Unggah Aktivitas Olahraga di Twitter

Hari ini, Senin (3/4/2023), Dito Ariotedjo terlihat berolahraga bersama rekannya, Iman Sjafei. Cuitan yang dibuat oleh Iman Sjafei itu kemudian viral.

"Olahraga bersama menpora," tulis Iman melalui akun Twitter @imanlagi.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat