uefau17.com

Lasminingrat, Sosok di Google Doodle Hari Ini Turut Dirikan Sekolah untuk Perempuan Bersama Dewi Sartika - Health

, Jakarta - Lasminingrat, sosok yang tampil di Google Doodle hari ini, 29 Maret 2023 punya peran dalam mendirikan sekolah untuk perempuan di Bandung, Jawa Barat. Bersama Dewi Sartika, Lasminingrat membuka sekolah bernama Sakola Kautamaan Istri.

Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa peran penting juga dimainkan oleh Raden Ayu Lasminingrat sebagai pionir dalam mewujudkan impian ini.

Pada akhir tahun 1903, Lasminingrat membantu dan mendukung Raden Dewi Sartika dengan meminta bantuan suaminya, R.A.A Wiratanoedatar VIII.

Lasminingrat meminta suaminya untuk memberikan saran kepada Bupati Bandung agar mengizinkan pembukaan sekolah tersebut.

Akhirnya, pada tanggal 16 Januari 1904, berhasil terbentuk Sakola Istri dan sementara berada di Paseban Wetan yang ada di komplek Pendopo Dalem Kabupaten Bandung. 

Sekolah yang Mengajarkan Perempuan Menulis dan Membaca

Sekolah ini bertujuan utama untuk mengajarkan anak perempuan agar dapat membaca, menulis, menghitung, dan tata kehidupan rumah tangga.

Pada masanya, sekolah ini hanya memiliki 2 ruang kelas untuk belajar seperti melansir Situs Resmi Kota Bandung. Pelajaran Sakola Kautamaan Istri masih menitikberatkan pada keterampilan perempuan.

Selain belajar bahasa Melayu dan bahasa Belanda, materi yang diajarkan di antaranya belajar berumah tangga, mempelajari adat dan tata cara sesuai dengan kedudukan, belajar merawat orang sakit, dan mempelajari ajaran-ajaran agama.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minat Belajar Perempuan Pribumi Tergolong Tinggi

Saat sekolah perempuan pertama kali dibuka, jumlah siswi yang mendaftar mencapai 60 orang. Angka ini jauh lebih banyak dari yang diperkirakan. Hal ini disampaikan oleh Desi Harpiah, Eva Syarifah Wardah dan Siti Fauziyah pada jurnal ilmiah Peran Raden Ayu Lasminingrat dalam Mengembangkan Sekolah Keutamaan Istri 1907-1948. 

Ternyata, masyarakat khususnya perempuan pribumi, sangat antusias dengan pendidikan.

Pada 1911, Sakola Kautamaan Istri mulai dikelola oleh Perhimpunan Keutamaan Istri yang dipimpin oleh Nyonya Boessevain, istri Residen Bandung.

Jumlah murid Sakola Kautamaan Istri terus meningkat. Berbagai cabang sekolah dibuka, seperti Ciamis, Bogor, Serang Pasundan, Garut, Jawa, dan Madura.

Pada 1914, nama sekolah diganti menjadi Sakola Raden Dewi. Sekolah ini didirikan di berbagai kota di Jawa Barat dan Sumatera Barat.

3 dari 4 halaman

Pelajaran Sakola Kautamaan Istri

Kurikulum yang diajarkan di Sakola Kautamaan Istri disesuaikan dengan kurikulum Sekolah Kelas Dua (Tweede Klasse Inlandsche School) milik  pemerintah, melansir Situs Resmi Kota Bandung.

Para siswa diajarkan bahasa Melayu dan bahasa Belanda, sesuai dengan keinginan Lasminingrat.

Selain pelajaran bahasa, agama, kesehatan, juga diajarkan keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan rumah tangga. Seiring berjalannya waktu, sekolah perempuan ini terus berkembang.

Pada tahun 1934 diperluas ke kota-kota lain seperti Wetan Garut, Cikajang, dan Bayongbong.

4 dari 4 halaman

Mengenal Raden Ayu Lasminingrat

Raden Ayu Lasminingrat atau lebih dikenal Lasminingrat merupakan aktivis pendidikan perempuan.

Ia lahir pada 29 Maret 1854 di Garut dari pasangan Raden Ayu Ria dan Raden Haji Muhamad Musa, seorang pelopor sastra cetak dan cendekiawan Sunda.

Melansir Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Lasminingrat belajar bahasa Belanda kepada Sekretaris Jenderal Pemerintah Hindia Belanda kenalan baik sang ayah, Levyson Norman.

Hal ini membuatnya menjadi satu-satunya wanita pribumi yang fasih berbahasa Belanda pada masanya.

Perjuangan Lasminingrat berawal dari dunia penulisan. Ia mengadaptasi dongeng Eropa ke dalam bahasa Sunda. 

Kemudian pada 1907, Lasminingrat membuat langkah nyata dengan mendirikan Sakola Kautamaan Istri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat