uefau17.com

Jenazah Eril Tiba Sore Ini, Berikut Jadwal Takziah di Gedung Pakuan Bandung - Health

, Jakarta - Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril anak Ridwan Kamil telah diterbangkan melalui Zurich Airport, Swiss pada Sabtu, 11 Juni 2022 sekitar pukul 10.10 waktu setempat.

Direktur PWNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Joedha Nugraha menyebut bahwa jenazah Eril diterbangkan dalam satu flight bersama Ridwan Kamil dan keluarga.

Masih menurut Joedha, pesawat yang membawa jenazah Eril dijadwalkan tiba di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada sore hari ini, Minggu, 12 Juni 2022 sekitar pukul 15.10 WIB.

"Selajutnya jenazah akan dibawa ke Bandung melalui jalan darat," kata Joedha pada Sabtu, 11 Juni 2022.

Melalui keterangan untuk konten Reels di akun Instagram pribadinya, Ridwan Kamil memersilakan bagi siapa saja untuk datang melayat jenazah Eril dan melakukan takziah.

"Jika ingin takziah dipersilakan jika berkenan antara jam 22.00 Minggu malam sd jam 08.00 Senin pagi di Gedung Pakuan," tulis Ridwan Kamil.

Menurut rencana, jenazah Eril akan diberangkatkan dari Gedung Pakuan menuju pemakaman keluarga di Cimaung, Banjaran, Kabupaten Bandung pada pukul 09.00 WIB.

Sejak jasad Eril ditemukan pada 8 Juni 2022 lalu, langkah-langkah repatriasi dilakukan KBRI Bern. Langkah-langkah itu adalah pengurusan keputusan pengadilan kantor Bern untuk izin serah terima jenazah.

Kemudian melakukan death certificate dengan otoritas setempat, penerbitan surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh KBRI Bern lalu melakukan pemulasaran jenazah sesuai syariat Islam hingga pemetian jenazah sesuai dengan standar penerbangan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Atalia Istri Ridwan Kamil Memohon Doa untuk Kelancaran Prosesi Pemakaman Eril

Sementara itu, Atalia Praratya istri Ridwan Kamil melalui akun Instagram pribadinya, @ataliapr, memohon doa agar diberi kelancaran dalam setiap proses sampai akhirnya jenazah Eril dimakamkam. 

Oleh sebab itu, guna menghindari kemacetan dan ziarah yang lebih nyaman, Atalia dan keluarga besar mengimbau agar para penziarah datang di hari-hari berikutnya, yaitu Selasa, 14 Juni 2022 sampai dengan Minggu, 19 Juni 2022 pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. 

"Dan menyaksikan prosesi pemakaman di media televisi, radio, atau live streaming Youtube," tulisnya. 

3 dari 4 halaman

Himbauan untuk yang Ingin Takziah

Masih dari unggahan di akun Instagram Atalia istri Ridwan Kamil, ada informasi terkait himbauan untuk siapa saja yang ingin bertakziah dan mendoakan jenazah Eril secara langsung di Gedung Pakuan Bandung

Himbauan

Tanpa mengurangi rasa hormat,

1. Setiap tamu yang akan bertakziah diimbau untuk melapor ke petugas kemanan.

2. Pelaksanaan salat jenazah akan bertahap dilaksanakan pada Minggu, 12 Juni 2022 pukul 22.00 WIB sampai dengan Senin, 13 Juni 2022 pukul 08.00

3. Untuk tidak melakukan dokumentasi pribadi momen takziah dan pemakaman demi kelancaran acara, kami mohon simpati dan empatinya.

4. Untuk media yang bertugas, berkoordinasi dengan Humas Jabar terlebih dahulu

5. Kepada para tamu yang akan hadir pada pemakaman diharapkan:

a. Hadir sebelum pukul 10.00 WIB

b. Efektif dalam penggunaan kendaraan agar tidak menimbulkan kemacetan

6. Bagi masyarakat yang hendak ziarah, bisa dilaksanakan setelah proses pemakaman selesai.

7. Setiap tamu yang akan berkunjung dan hadir di lokasi harap mematuhi semua aturan yang berlaku. 

Mohon pengertian dan kerjasamanya

4 dari 4 halaman

Pemakaman Eril

Terkait dengan pemakaman Eril, Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo, mengatakan, pengawalan dan pengamanan bakal dilakukan lantaran diperkirakan bakal banyak masyarakat yang ikut menghadiri proses pemakaman.

"Otomatis kita lakukan pengamanan karena pertimbangan situasinya ini kemungkinan besar akan banyak massa," kata Ibrahim kepada wartawan, Sabtu, 11 Juni 2022.

Menurut Ibrahim, pengawalan akan dilakukan tidak hanya di rute menuju lokasi pemakaman. Tetapi pengaturan juga akan dilakukan di lokasi pemakaman.

"Jadi, ada dua hal kita lakukan pengamanan. Baik dari lalu lintasnya maupun pengamanan masyarakat dan pengawalannya nanti," katanya.

Ibrahim menjelaskan, petugas yang terlibat dalam pengamanan nanti dari pihak Polresta Bandung. "Itu dari Polresta Bandung saja untuk pengamanan wilayah karena memang wilayah polresta saja," dia menambahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat