uefau17.com

Disuruh Minum Air Hangat Saat Batuk, Apa Ya Kegunaannya? - Health

, Jakarta - Anda mungkin salah satu orang yang pernah dianjurkan untuk meminum air hangat saat batuk. Ternyata, hal satu ini memang ada manfaatnya tersendiri lho.

Dokter spesialis penyakit dalam, RA Adaninggar Primadia Nariswari atau yang juga akrab disapa dr Ning mengungkapkan beberapa diantaranya.

"Minum air hangat bisa meredakan radang dan rasa nyeri, juga bisa memberikan efek rileks," ujar Ning saat dihubungi Health pada Jumat, (11/2/2022).

Hal tersebut pun selaras dengan saran yang diberikan oleh US Food and Drug Administration (FDA) dikutip Medical News Today.

Menurut FDA, makanan atau minuman seperti air hangat, teh hangat, sup yang disajikan hangat memang bisa menenangkan batuk yang sedang dialami.

Ning pun menjelaskan bahwa ada makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang mengalami batuk, yang juga mungkin telah sering Anda dengar.

"Kalo batuk paling jangan makan gorengan karena salah satu komponen minyak goreng bisa menambah radang atau iritasi yang terjadi," kata Ning.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lalu, bagaimana dengan air dingin?

Biasanya, larangan untuk meminum air dingin juga ikut menyertai saat seseorang mengalami batuk. Air dingin seolah musuh bebuyutan dari batuk.

Namun sebenarnya, es tidak selalu menjadi masalah dan memperburuk kondisi batuk yang sedang dialami. Serta, Anda pun perlu memperhatikan bagaimana reaksi yang ditimbulkan usai meminumnya.

"Jika batuknya bukan alergi, enggak masalah minum es saat batuk. Tapi jika batuknya termasuk alergi, minum es bisa memperberat keradangan yang terjadi karena alergi dingin," kata Ning.

"Pada prinsipnya, jika minum es tidak memperberat batuknya tidak masalah," tambahnya. 

3 dari 3 halaman

Infografis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat