uefau17.com

Segudang Manfaat Buah Strawberry, Jaga Jantung Sehat Hingga Gigi Putih Alami - Health

, Jakarta Konsumsi buah-buahan secara rutin sangat penting untuk menjaga tubuh selalu sehat dan tangguh melawan penyakit. Di antaranya banyaknya buah-buahan, jangan lewatkan buah strawberry. Buah dengan bentuk hati berwarna merah ini biarpun sedikit asam memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Strawberry merupakan sumber vitamin C dan mangan yang sangat baik, serta mengandung folat (vitamin B9) dan kalium dalam jumlah yang cukup. Kandungan polifenol pada strawberry membuatnya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penting sekali di masa pandemi saat ini. Selain itu, Strawberry juga lebih rendah kalori dibandingkan buah-buahan lain, seperti apel, pisang, anggur, dan jeruk. 

Karena sangat kaya akan antioksidan dan senyawa tumbuhan, strawberry juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan pengendalian gula darah. Dikutip dari Merdeka.com, berikut ini sejumlah manfaat buah strawberry bagi tubuh Anda dan keluarga.

1. Tingkatkan Fungsi Jantung

Strawberry memiliki tingkat antioksidan tinggi sehingga dapat menyehatkan jantung. Buah ini sumber asam ellagic dan flavonoid seperti antosianin, katekin, quercetin, dan kaempferol.

Studi Harvard Medical School menemukan bahwa wanita muda dan paruh baya yang mengonsumsi tiga atau lebih porsi setengah cangkir strawberry atau blueberry setiap minggu, 34 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung.

Selain itu, tingkat antosianin yang tinggi dalam buah beri mengendurkan pembuluh darah, membantu menurunkan tekanan darah, dan mencegah masalah kardiovaskular. Tak ketinggalan, buah ini kaya serat yang tinggi, vitamin C, dan folat, sehingga membentuk trio kesehatan jantung yang ideal, yang dapat menurunkan kolesterol di arteri dan pembuluh darah.

2. Tingkatkan Fungsi Otak

Strawberry kaya akan yodium, vitamin C, dan fitokimia, yang membantu menjaga fungsi sistem saraf. Kalium dalam strawberry sering kali dihubungkan dengan peningkatan fungsi kognitif karena meningkatkan aliran darah ke otak.

Sebuah penelitian Harvard menunjukkan bahwa konsumsi flavonoid yang lebih tinggi, terutama dari blueberry dan strawberry, membantu mengurangi tingkat penurunan kognitif pada orang tua.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jaga Kesehatan Mata dan Rambut

Mengonsumsi strawberry dapat mencegah kondisi mata seperti mata kering, degenerasi saraf optik, degenerasi makula, cacat penglihatan, dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi.

Dalam jurnal, Clinical Interventions in Aging, ditemukan bahwa vitamin C memberikan perlindungan antioksidan penting bagi mata. Studi lain, dalam jurnal Nutrients pada 2018, menyebut vitamin C sebagai nutrisi penting dalam memperbaiki jaringan di mata. Berbagai penelitian juga menyimpulkan bahwa makanan kaya vitamin C seperti strawberry dapat mencegah glaukoma.

Buah strawberry diperkaya oleh kandungan antioksidan — seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid. Antioksidan dapat membantu melindungi kondisi rambut.

4. Jaga Kesehatan Kulit

Strawberry dapat melindungi kulit dari polutan dan kerusakan akibat sinar UV. Sebuah penelitian di Italia tahun 2017 menunjukkan bahwa formulasi berbahan dasar strawberry untuk tujuan kosmetik dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat UV.

Menggunakan masker strawberry secara rutin dapat menjaga kulit tetap segar dan bersih. Studi lain menunjukkan bahwa strawberry berguna dalam mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas karena sifat antioksidannya.

5. Turunkan Berat Badan

Tidak hanya lezat, strawberry juga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan strawberry dapat meningkatkan produksi adiponektin dan leptin, keduanya merupakan hormon pembakar lemak. Mereka membantu mengurangi nafsu makan, menurunkan gula darah, dan mengurangi berat badan dan lemak, yang semuanya mendorong penurunan berat badan.

3 dari 3 halaman

6. Turunkan Risiko Diabetes

Bukan hanya berat badan, tapi mengonsumsi strawberry juga dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Karena strawberry memiliki indeks glikemik rendah, hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal.

Studi lain oleh The Canadian Institutes of Health Research menunjukkan bahwa mengonsumsi strawberry dapat meningkatkan kontrol glikemik di antara penderita diabetes. Penelitian lain menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu dalam mengelola diabetes tipe 2 terkait hiperglikemia.

7. Jaga Kesehatan Kuku

 Nutrisi penting untuk kuku yang kuat adalah biotin. Strawberry adalah sumber nutrisi ini, menyediakan sekitar 1,6 mcg biotin per cangkir. Asam folat dan vitamin C, yang penting dalam pembentukan sel, juga terdapat pada strawberry yang dapat membuat kuku tumbuh berkilau, kuat, dan panjang.

8. Perawatan Gigi Putih Alami

Manfaat buah strawberry selanjutnya adalah untuk membantu mendapatkan tampilan gigi yang putih alami. Asam malat yang terkandung dalam stroberi dapat membantu memutihkan gigi.

Untuk perawatan pemutih gigi yang alami dan ampuh, cobalah menggosokkan irisan strawberry ke gigi. Biarkan meresap selama beberapa menit lalu bilas mulut atau kumur-kumur. Lihat perbedaannya. Untuk hasil lebih baik, lakukan secara rutin, namun juga tidak berlebihan karena semua butuh waktu.

 

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat