uefau17.com

WhatsApp Ganti Warna Centang Verifikasi, dari Hijau Jadi Biru - Tekno

, Jakarta - Warna hijau telah jadi warna yang begitu familiar untuk aplikasi pesan WhatsApp. WhatsApp yang kini jadi aplikasi pesan paling banyak dipakai dengan miliaran pengguna pertama dirilis pada 2009 dan selalu memiliki user interface dengan elemen warna hijau.

Namun, awal tahun ini aplikasi WhatsApp menggulirkan update yang mengubah UI aplikasi jadi lebih segar. Perubahan ini juga disertai dengan skema warna baru yang cocok dengan logo aplikasi dan nuansa hijau di seluruh aplikasi.

Perubahan desain juga dipasangkan dengan ikon dan ilustrasi baru di seluruh aplikasi. Kini, berbeda dari biasanya, WhatsApp tampaknya juga mengubah warna salah satu elemen di aplikasinya, dari hijau menjadi biru.

Mengutip Android Police, Sabtu (6/7/2024), dalam upaya untuk lebih mencocokkan sistem verifikasinya dengan sistem milik Meta (termasuk Instagram), pengguna bakal segera melihat perubahan badge verifikasi WhatsApp, dari hijau jadi biru.

Perubahan ini ditemukan oleh WABetaInfo di WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.14.18.

Untuk diketahui, WhatsApp pertama kali mulai menguji perubahan tersebut pada 2023 untuk Channel dan akun bisnis yang terverifikasi. Tampaknya, perubahan akan segera diluncurkan ke masyarakat luas.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantu Pengguna Lebih Percaya ke Sebuah Akun

Perubahan ini dinilai merupakan permainan branding semata untuk Meta. Apalagi, WhatsApp kini memiliki lebih dari 2,7 miliar pengguna aktif dan lebih dari 100 miliar pesan yang dikirimkan lewat platformnya tiap hari.

Popularitas tersebut menjadikan WhatsApp sebagai salah satu prioritas bagi Meta.

Pada sisi lain, kemungkinan perubahan warna centang biru ini akan membantu pengguna lebih merasa nyaman dan mempercayai mereka yang punya centang biru. Karena itu artinya akun tersebut terverifikasi.

 

3 dari 4 halaman

Belum Tahu Kapan Digulirkan ke Pengguna Luas

Selain berbagai layanan milik Meta seperti Facebook atau Instagram, platform seperti X alias Twitter dan TikTok juga memakai lencana verifikasi centang biru.

Sejauh ini, belum jelas kapan perubahan warna verifikasi centang biru ini akan diluncurkan di WhatsApp versi stabil. Namun perubahan ini sudah tersedia di WhatsApp beta untuk Android 2.24.14.18.

Selain tanda centang biru, Meta juga akan menghadirkan deretan fitur AI-nya ke WhatsApp. Raksasa teknologi itu sebelumnya hadirkan Meta AI Search Bar ke WhatsApp dan tampaknya akan segera hadirkan kemampuan pembuatan gambar AI baru ke platform tersebut.

4 dari 4 halaman

Segera Uji Coba Avatar Digital Pakai AI

Sementara itu, WhatsApp dikabarkan sedang menguji coba fitur baru bernama Imagine Me. Fitur ini disebut akan memungkinkan pengguna membuat avatar digital mereka sendiri.

Uji coba fitur ini pertama kali diketahui dari laporan WABetaInfo. Mengutip informasi dari The Verge, Sabtu (5/7/2024), fitur ini diuji coba pada aplikasi versi WhatsApp beta untuk Android 2.24.14.7.

Disebutkan, fitur ini akan menggunakan kombinasi foto pengguna, perintah teks, dan model AI Llama milik Meta. Yang menarik, avatar tersebut nantinya bisa ditempatkan di berbagai latar belakang tergantung imajinasi engguna.

Berdasarkan screenshot yang dibagikan, fitur ini memungkinkan pengguna membuat avatar digital yang berpetualang di hutan hingga angkasa. Fitur ini mirip dengan sejumlah aplikasi sejenis, seperti Lensa AI.

Untuk membuat avatar digital mereka, pengguna aplikasi WhatsApp hanya perlu mengambil foto diri sekali. Foto tersebut kemudian kan dipakai untuk melatih Meta AI agar bisa menghasilkan gambar pengguna dalam berbagai latar.

Nantinya, pengguna dapat membuat avatar dengan mengetikkan 'Imagine Me' diikuti deskripsi latar belakang yang diinginkan di chat Meta AI. Cara lain adalah mengetik '@Meta AI imagine me..' di percakapan WhatsApp.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat