uefau17.com

Tentukan Jenis Meditasi Paling Cocok, Sesuaikan dengan Minat Pribadi - Health

, Jakarta Meditasi memiliki jenis yang beragam. Ada meditasi mindfulness, meditasi visual, hingga meditasi movement.

Menurut psikolog sekaligus tim konselor dari aplikasi meditasi daring Riliv, Prita Yulia Maharani, terkadang keragaman meditasi ini justru menyulitkan, apalagi untuk pemula.

“Jika kamu pemula, kamu mungkin akan bingung memilih jenis meditasi yang paling sesuai untukmu,” katanya dalam keterangan pers, Kamis (12/8/2021).

Namun, kebingungan yang dialami pemula sangat wajar, lanjutnya. Banyak pemula yang bingung memilih jenis meditasi yang paling cocok dengan mereka.

“Bukan masalah, itu wajar karena mereka nggak mau salah langkah."

Prita menyarankan pada para pemula agar tidak terlalu pusing dalam memilih jenis meditasi. Pasalnya, tidak ada jenis meditasi yang terbaik maupun yang terburuk.

“Kalau kamu suka suatu jenis meditasi dan ingin melakukannya secara berulang, itulah meditasi yang cocok untukmu. Pokoknya apapun meditasi yang kamu suka, yang penting dilakukan."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal 3 Jenis Meditasi

Prita juga memaparkan 3 jenis meditasi yang dapat dipilih. Yakni meditasi mindfulness, visual, dan movement.

Meditasi Mindfulness

Meditasi mindfulness adalah meditasi yang menggabungkan konsentrasi dan kesadaran. Meditasi ini mengajarkan untuk fokus ke momen saat ini, bukan ke masa lalu atau masa depan.

“Saat melakukan meditasi mindfulness, kamu harus memusatkan perhatian pada keadaan di sekitarmu. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin, sebab meditasi mindfulness punya banyak manfaat."

"Peneliti menunjukkan bahwa meditasi ini dapat mengurangi depresi, kecemasan, dan stres,” katanya.

3 dari 5 halaman

Meditasi Visual

Meditasi visual menggunakan imajinasi akan hal-hal yang menyenangkan. Jadi bagi orang yang gemar berimajinasi, jenis meditasi ini cocok karena dapat melakukannya dengan baik.

“Sebelum memulai meditasi visual, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu hal-hal yang membahagiakan dirimu. Kemudian, kamu bisa memejamkan mata dan membayangkannya. Biarkan perasaan bahagia yang kamu alami meresap ke alam bawah sadar.”

4 dari 5 halaman

Meditasi Movement

Bagi sebagian orang, meditasi menjadi hal yang sulit karena harus berdiam diri. Sedangkan, orang-orang tertentu tak tahan berdiam diri lama-lama dan selalu ingin bergerak.

Bagi orang seperti itu, maka meditasi movement menjadi pilihan yang baik. Meditasi ini memungkinkan seseorang bisa tetap bergerak aktif saat bermeditasi.

Salah satu jenis meditasi movement yang terkenal adalah yoga. Selain yoga, berjalan singkat sambil menghirup udara segar dan melihat pemandangan juga termasuk dalam meditasi movement.

“Cocok untukmu yang tidak bisa diam, kan?” pungkasnya.

 

5 dari 5 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat