uefau17.com

Kelebihan Sarung Bantal Sutra, Bantu Cegah Jerawat Muncul - Health

, Jakarta Sarung bantal sutra disebut-sebut bisa menghilangkan kerutan, membersihkan jerawat, menghaluskan rambut kusut dan mencegah ujung rambut bercabang. Benar begitu?

Menurut dokter kulit yang berbasis di Austin, Amerika Serikat, Adam Mamelak, sarung bantal sutra tidak menyerap banyak kelembapan dibandingkan dengan sarung bantal katun. Kondisi ini membantu mencegah iritan menyentuh kulit saat sedang tidur.

"Meskipun sarung bantal sutra membantu pencegahan jerawat, sarung bantal sutra berfungsi lebih baik untuk melengkapi perawatan kulit dengan pembersih dan perawatan topikal yang pasti lebih efektif," jelas Mamelak seperti dikutip dari Total Beauty.

Berikut beberapa kelebihan dari sarung bantal sutra:

1. Kulit lebih terhidrasi

Ahli kulit kosmetik Dr. Howard Sobel, MD, menjelaskan bahwa produk sutra memiliki manfaat kosmetik tertentu. Sutra juga membuat kulit Anda lebih terhidrasi sepanjang malam.

"100 persen sutra tidak menyumbat pori-pori, itulah sebabnya sarung bantal atau seprai sutra adalah pilihan yang bagus untuk dipertimbangkan jika Anda memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat,"kata Sobel.

"Sutra juga cenderung menyerap lebih sedikit kelembapan dibandingkan kapas, membuat kulit Anda lebih terhidrasi sepanjang malam."

Dokter kulit bersertifikat Tsippora Shainhouse, juga menambahkan, sutra dan beberapa satin memiliki tenunan yang lebih rapat, yang menciptakan permukaan yang lebih halus, sehingga rambut dan kulit meluncur di atasnya.

2. Sarung bantal sutra bagus untuk kulit sensitif

Shainhouse mengatakan karena sarung bantal sutra mengurangi gesekan, sarung bantal juga meminimalisasi lecet saat Anda bergerak di malam hari. Sebagai gantinya, ini dapat mengurangi reaksi kulit yang mengiritasi, seperti flare eksim, peradangan jerawat, atau rosacea.

Karena itu, sarung bantal sutra bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. "Sarung bantal sutra lebih lembut di kulit. Sarung bantal katun menyerap kelembapan dari kulit, sehingga bisa mengeringkan mereka yang memiliki kulit sensitif," kata dokter kulit bersertifikat Shari Sperling.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Rajin Dicuci

Meskipun sarung bantal sutra kurang menyerap dibandingkan sarung bantal katun, dokter kulit bersertifikat Anna H. Chacon mengingatkan Anda tetap perlu mencuci secara rutin.

"Cobalah untuk mencucinya setidaknya dua kali seminggu, sehingga sisa minyak tidak berkontribusi pada munculnya jerawat atau semburan jerawat tambahan," ujarnya.

Selain itu, pastikan untuk memilih deterjen. "Jika Anda memiliki kulit sensitif, atau umumnya rentan berjerawat, Anda juga harus memeriksa jenis deterjen atau pengering yang mungkin Anda gunakan," kata Sobel.

Penting untuk diingat bahwa sarung bantal sutra jelas bukan obat untuk jerawat. "Terutama flare kistik hormonal dan acne rosacea, yang rentan terhadap banyak wanita dewasa," jelasnya.

Selain itu, dokter kulit bersertifikat Adarsh ​​Vijay Mudgil, mengatakan bahwa saat ini tidak ada penelitian yang menunjukkan keefektifan sarung bantal sutra.

"Bantal sutra memang mewah tapi sayangnya belum terbukti manfaatnya dan tidak ada tanda-tanda bahwa menggunakan bantal sutra membantu mencegah keriput atau jerawat,” jelasnya.

Meski begitu, dia setuju bahwa tingkat absorbasi sutra yang lebih rendah dapat membantu menjaga kulit sensitif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat