uefau17.com

5 Langkah Memaafkan dengan Tulus - Health

, Jakarta Idulftri merupakan momen tepat untuk saling memaafkan dan memberi pengampunan. Namun, terkadang sulit untuk memberi maaf pada orang yang telah menyakiti hingga sedemikian rupa terluka. Jika seperti ini, harus bagaimana?

Memaafkan orang yang sudah menyakiti memang tak mudah, apalagi ia tak mau mengakui kesalahannya. Jika ini kesulitan memaafkan terjadi pada Anda, jadikan sebagai tantangan. 

Jika perlu, jadikan langkah berikut agar bisa memaafkan orang lain, seperti mengutip Mayo Clinic, Jumat (15/6/2018).

1. Latihlah empati Anda. Cobalah lihat situasi dari sudut pandang orang lain. Hal ini membantu Anda lebih memahami cara pandang orang tersebut.

2. Tanyakan pada diri sendiri mengapa ia bersikap seperti itu. Mungkin Anda akan melakukan hal yang sama jika berada di situasi sepertinya.

3. Renungkan saat Anda menyakiti orang lain tapi mereka memaafkan Anda

4. Tuliskan dalam catatan, berdoalah, atau lakukan meditasi, atau bicaralah dengan orang yang Anda percaya dan bijaksana seperti pemuka agama dan pimpinan spiritual atau bahkan kekasih dan teman.

5. Sadarilah bahwa pengampunan adalah suatu proses. Bahkan luka kecil pun perlu untuk dilihat kembali dan diampuni berulang kali.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bila saya yang butuh maaf

Bagaimana jika diri Anda yang membutuhkan maaf dari orang lain?

Yang pertama harus Anda lakukan adalah jujur dan mengakui kesalahan yang telah dilakukan. Namun, hindari juga menilai diri sendiri terlalu buruk.

Bicarakan tentang kesalahan Anda dengan kesedihan dan penyesalan yang tulus kepada orang tersebut.

Ingatlah bahwa Anda tidak bisa memaksa seseorang untuk memaafkan Anda. Orang lain butuh waktu untuk memberikan pengampunan.

Yang pasti, berkomitmenlah untuk memperlakukan orang lain dengan belas kasih, empati dan rasa hormat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat