uefau17.com

Ricuh Demo Reformasi Anggaran Argentina Seperti Medan Perang, Pendemo Lempar Bom Molotov hingga Bakar Mobil - Global

, Buenos Aires - Polisi antihuru-hara di ibu kota Argentina, Buenos Aires, telah menembakkan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan pengunjuk rasa di luar Kongres, tempat para anggota parlemen memperdebatkan reformasi pemotongan anggaran.

Para pengunjuk rasa – yang mengatakan tindakan tersebut akan merugikan jutaan warga Argentina – melemparkan bom molotov dan batu, serta membakar satu mobil.

Melansir BBC, Kamis (13/6/2024), sejumlah orang dilaporkan terluka, dan media lokal menggambarkan kejadian demo ricuh pada hari Rabu (12/6) sebagai "medan perang".

Paket reformasi tersebut, yang diusulkan oleh Presiden sayap kanan Javier Milei untuk menghidupkan kembali perekonomian negara yang lesu, termasuk menyatakan keadaan darurat ekonomi, memotong dana pensiun dan melemahkan hak-hak buruh.Langkah-langkah tersebut ditentang oleh partai politik sayap kiri, serikat buruh dan organisasi sosial.

Perkelahian terjadi ketika pengunjuk rasa mencoba menuju Kongres melalui pagar, dan para pengunjuk rasa melemparkan batu ke petugas yang menyemprotkan merica kepada mereka.

Pengamat dan anggota parlemen oposisi dilaporkan mengatakan puluhan demonstran dan segelintir anggota parlemen mendapat perawatan medis. Setidaknya lima anggota parlemen oposisi dalam kerumunan itu dirawat di rumah sakit, kata anggota parlemen Cecilia Moreau kepada kantor berita AFP.

Polisi kemudian memukul mundur pengunjuk rasa, yang dilaporkan membakar dua kendaraan – termasuk milik sebuah organisasi berita.

"Kami tidak percaya bahwa di Argentina kami sedang membahas undang-undang yang akan membuat kita kembali ke masa 100 tahun yang lalu," kata Fabio Nunez, seorang pengacara berusia 55 tahun yang melakukan protes, seperti dikutip oleh AFP.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendemo Disebut Teroris yang Akan Kudeta

Kantor Presiden Milei mengeluarkan pernyataan terima kasih kepada pasukan keamanan karena menekan apa yang mereka gambarkan sebagai "teroris" yang mencoba melakukan kudeta.

Perdebatan mengenai RUU tersebut di Senat akan berlanjut hingga Rabu (12/6) malam, dan para senator diperkirakan akan melakukan pemungutan suara mengenai RUU tersebut.

RUU yang sangat memecah belah ini disetujui oleh majelis rendah pada bulan April, dengan perubahan yang signifikan.

Jika disetujui di Senat, maka akan kembali ke waktu yang lebih rendah untuk mendapatkan persetujuan akhir.

Presiden sayap kanan Javier Milei mulai menjabat pada tahun 2023 setelah berjanji akan menerapkan kebijakan belanja publik.

Saat berkampanye, ia bahkan mengacungkan gergaji mesin saat berpidato sebagai simbol tekadnya untuk melakukan hal tersebut.

3 dari 4 halaman

Siapa Presiden Argentina Javier Milei?

Javier Milei berhasil memenangkan Pemilu Argentina 2023 dan menjadi Presiden baru Argentina, pada Minggu (19/11/2023). Kemenangan tersebut berhasil ia raih usai mendapatkan suara lebih dari 50 persen.

Kemenangan Milei berhasil mengalahkan lawannya asal Peronis yaitu Sergio Massa. Sergio hanya mendapatkan perolehan suara sekitar 44 persen. Saat ini Sergio telah mengakui kemenangan lawannya tersebut.

 Setelah Javier Milei mendapatkan kemenangan, para pendukungnya langsung merayakan pesta di pusat kota Buenos Aires. Mereka bahkan membunyikan suara klakson hingga menyanyikan yel-yel sambil menyalakan kembang api.

"Kami datang untuk merayakan kemenangan bersejarah. Saya sangat gembira. Milei mewakili perubahan, menjadi lebih baik. Dengan (Sergio) Massa kami tidak memiliki masa depan. Masa depan kami telah kembali," ujar seorang mahasiswa bernama Efrain Viveros melansir Reuters. 

Javier Milei sendiri merupakan ekonom libertarian Argentina dan menjadi sosok yang cukup menonjol. Dia mempunyai citra agresif dan membuatnya menangkal kemarahan dari para pemimpin.

Selain itu, Milei juga pernah memberikan janji untuk menutup bank sentral di negaranya serta meninggalkan peso dan memangkas belanja negara. Melalui pidatonya Milei juga pernah menyampaikan bahwa saat ini terdapat masalah-masalah di Argentina.

"Kita menghadapi masalah-masalah monumental di depan mata: inflasi, kurangnya lapangan kerja, dan kemiskinan. Situasinya sangat kritis," ujar Javier Milei. 

Melansir dari beberapa sumber, Javier Milei merupakan politisi asal Argentina yang lahir pada 22 Oktober 1970 di Buenos Aires. Javier sebelumnya dikenal sebagai tokoh libertarian dan juga seorang ekonom dan penulis.

Javier Milei pernah menempuh pendidikan perguruan tinggi di University of Belgrano dan menyelesaikan program master di Institute de Desarrollo Economico y Social dan Torcuato di Tella University.

Sebelum terjun dalam dunia politik Milei juga pernah bekerja sebagai ekonom senior di HSBC Argentina, Maxima AFJP, Estudio Broda, dan menjadi konsultan pemerintah di International Centre for Settlement of Investment Disputes.

Kemudian Javier Milei juga pernah merilis sebuah karya buku bertajuk “El camino del libertario”. Dia juga sering tampil di televisi sebagai ekonom selain membawakan siaran radio Demoliendo mitos.

4 dari 4 halaman

Dijuluki Mini Trump

Melansir dari New York Times, Javier Milei juga mendapatkan julukan “Mini Trump” karena beberapa kesamaannya dengan Donald J Trump. Javier dinilai memberikan sensasi politik baru di Argentina.

Bahkan, Javier Milei juga menggunakan slogan Donald Trump yaitu “Make America Great Again” menjadi “Make Argentina Great Again”. Dia juga ingin negaranya tersebut berjalan menuju masa kejayaan.

“Argentina akan merebut kembali tempat di dunia yang seharusnya tidak pernah hilang,” ujarnya.

Sementara itu seorang warga Argentina bernama Federico Finchelstein sekaligus ketua departemen sejarah di New School di New York dan mempelajari kelompok sayap kanan di seluruh dunia juga menyebutkan bahwa sosok Javier Milei sudah jelas seperti Trump mini.

“Dia jelas merupakan seorang Trump mini,” katanya.

Finchelstein mengatakan Milei, Trump, dan Jair Bolsonaro, mantan presiden Brasil semuanya adalah praktisi terkemuka dari aliran politik sayap kanan modern. Serta ditandai dengan sikap vulgar, serangan terhadap institusi, mendiskreditkan media, dan ketidakpercayaan terhadap media, sains, kultus kepribadian, dan narsisme.

  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat