uefau17.com

Bertemu Prabowo, Menlu AS Antony Blinken Apresiasi Dukungan RI Soal Gencatan Senjata Segera di Gaza - Global

, Amman - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Indonesia sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang diselenggarakan di Yordania.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Blinken mengapresiasi dukungan Indonesia terkait proposal gencatan senjata di Gaza.

"Menlu AS berterima kasih kepada Menhan atas dukungan Indonesia terhadap proposal untuk mencapai gencatan senjata segera di Gaza dan mengamankan pembebasan semua sandera," ujar Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller, seperti dikutip dari pernyataan pers Kedutaan Besar AS di Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Kedua menteri tersebut turut membahas soal bagaimana proposal tersebut akan menguntungkan baik bagi Israel maupun Palestina.

Selain itu, Blinken kembali mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo dalam pemilu 2024 dan menegaskan komitmen AS untuk mengimplementasikan Kemitraan Strategis Komprehensif AS-Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Seri Mohamad Hasan juga turut berdiskusi dengan Blinken dan Prabowo.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wakili Jokowi Hadiri KTT Soal Gaza

Prabowo tiba di Bandara International Queen Alia, Yordania, Senin (10/6/2024), disambut sejumlah pejabat tinggi Yordania.

Saat turun dari pesawat, Prabowo juga disambut dengan karpet merah serta jajaran hormat senjata dari tentara Yordania. Sejumlah pejabat setempat yang turut menerima kedatangannya adalah Minister of State for Prime Ministry Affairs Ibrahim Mashhour Al Jazi, Gubernur Amman Yasser Al-Adwanm, Wali Kota Amman Yousef Sawarbeh, serta Atase Pertahanan (Athan) RI untuk Mesir di Kairo Kolonel Kav Aria Sanggita Saleh.

Kedatangan Prabowo di Amman, Yordania, adalah untuk mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi 'Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza'.

Kegiatan itu akan diselenggarakan bersama dengan Kerajaan Hasyimiyah Yordania, Republik Arab Mesir, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (11/6). 

Sebelumnya, Jokowi telah menugaskan Prabowo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Yordania untuk membahas situasi di Gaza, Palestina, dalam forum tersebut. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat