uefau17.com

5 Tanda Kamu Punya Hubungan Sehat dan Pasangan Green Flag - Global

, Jakarta - Membangun, menjalin dan mempertahankan sebuah hubungan merupakan suatu kerja keras yang memerlukan kerja sama dari kedua belah pihak.

Setelah Anda dan pasangan melewati fase "bulan madu" atau fase manis di awal hubungan, masing-masing dari Anda tentu mulai menilai apakah pasangan Anda benar-benar cocok dan bisa menjadi pendamping hidup.

Tentu akan sulit bagi Anda untuk menentukan bahwa pasangan Anda adalah orang yang tepat atau bukan. Terutama, jika Anda belum pernah menjalin hubungan jangka panjang atau serius sebelumnya.

Seorang pakar menilai lima pertanda yang dapat membantu Anda menentukan apakah Anda berada di hubungan sehat dan apakah pasangan Anda memiliki green flag dalam dirinya. Green flag dalam hubungan adalah ketika pasangan memiliki kualitas hubungan yang sehat dan menghormati satu sama lain. 

Berikut ini di antaranya, dilansir The Independent, Sabtu (11/6/2024): 

1. Selalu Dapat Menemukan Jalan Tengah

Psikoterapis hubungan dan pembawa acara podcast The Sexual Wellness Sessions, Kate Moyle, menegaskan bahwa kunci dari setiap hubungan yang sukses adalah kompromi.

"Akan selalu ada perselisihan antara kebutuhan masing-masing pihak yang terlibat, dan kita tidak boleh berharap untuk sepenuhnya selaras atau sepakat dalam segala hal," katanya.

Maka dari itu, cara Anda berkompromi dan bernegosiasi dengan pasangan harus menjadi indikator utama seberapa cocok Anda berdua.

Jika Anda dapat dengan mudah bertemu di tengah-tengah ketika sedang berselisih paham tentang suatu hal, Anda tahu pasangan Anda adalah seorang penjaga.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Mereka Membuat Anda Merasa Nyaman dengan Diri Sendiri

"Orang yang tepat untuk Anda akan mendorong Anda untuk menjadi orang yang paling percaya diri," kata pelatih kencan, James Preece.

Ia mengatakan bahwa pasangan yang baik akan meyakinkan Anda, memberikan pujian, dan memberi tahu Anda betapa menakjubkannya diri Anda sebenarnya.

Anda harus mulai berpikir ulang jika pasangan Anda justru terus-menerus mempertanyakan pikiran dan penampilan Anda.

Pasangan yang baik ingin Anda bahagia dan tidak meragukan diri sendiri.

"Jika Anda mulai mempercayainya juga maka Anda tidak perlu mempertanyakan atau meragukan diri sendiri," tambah Preece.

3 dari 5 halaman

3. Mereka Akan Menjadi Pendengar yang Baik

Pasangan yang baik akan mendengarkan dengan penuh perhatian terhadap semua yang Anda katakan, tidak peduli betapa membosankannya hal itu bagi mereka.

"Ini mungkin berarti Anda mendengarkan mereka mengomel tentang masalah pekerjaa sepanjang malam, namun penting bagi mereka untuk merasa didengarkan," kata Moyle.

"Kemampuan untuk mendengarkan satu sama lain, dan memberikan ruang kepada orang lain untuk merasa didengarkan, meskipun isi diskusinya tidak menarik bagi kita, itu menunjukkan kepada orang tersebut bahwa mereka layak mendapatkan waktu dan perhatian kita."

4 dari 5 halaman

4. Memegang Nilai dan Prinsip yang Sama

Anda tidak harus memiliki minat yang sama persis dengan pasangan Anda. Bahkan dalam beberapa hal, Anda perlu memiliki pandangan yang berbeda untuk menjadi "bumbu" dalam hubungan.

Namun, Preece menekankan bahwa jika Anda menginginkan hubungan jangka panjang dengan seseorang, Anda harus memastikan bahwa kalian berdua menuju ke arah yang sama dalam hal tujuan hidup dan nilai-nilai inti Anda.

"Anda adalah sebuah tim dan harus memiliki pemikiran yang sama, ini mengharuskan Anda berdua menyelaraskan hal-hal yang penting bagi Anda dalam hidup," tutur dia.

Ini bisa berupa pandangan Anda tentang anak-anak, di mana Anda ingin tinggal, atau sekadar cara Anda memilih untuk menjalani hidup. Apapun itu, jika itu penting bagi Anda, itu juga penting bagi pasangan Anda.

5 dari 5 halaman

5. Tidak Takut untuk Mengungkapkan Perasaan dan Pemikiran

Ketika Anda bersama orang yang tepat, seharusnya tidak ada penghakiman terhadap diri Anda.

"Anda harus merasa bebas untuk menjadi diri sendiri dan menunjukkan semua sisi kepribadian Anda," ungkap Preece.

"Jika ada sesuatu yang ada dalam pikiran Anda, Anda lebih memilih mengungkapkannya dengan cepat daripada memendamnya."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat