uefau17.com

Penampilan Langka 2 Putri Presiden Rusia Vladimir Putin di Forum Ekonomi Internasional - Global

, St. Petersburg - Penampilan langka putri-putri Presiden Rusia Vladimir Putin terjadi pekan ini. Mereka jarang tampil di depan umum, namun pekan ini mereka ambil bagian dalam panel di St. Petersburg International Economic Forum (Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg).

Laporan CNN yang dikutip Minggu (9/6/2024) menyebut mereka adalah Maria Vorontsova dan Katerina Tikhonova. Kedua putri Vladimir Putin itu diyakini berusia pertengahan hingga akhir 30-an, putri dari pernikahannya dengan mantan istrinya Lyudmila yang diceraikannya pada tahun 2013 setelah hampir 30 tahun menikah.

Vladimir Putin sempat mengatakan putrinya bekerja di bidang sains dan pendidikan dan dia memiliki cucu, namun dia tidak pernah mengonfirmasi nama mereka.

Adapun keduanya pernah menghadiri forum tahunan St. Petersburg di masa lalu, namun hanya putri bungsunya, Katerina Tikhonova, yang menjadi pembicara, menurut outlet independen Rusia Novaya Gazeta Europe.

Tikhonova, yang merupakan seorang eksekutif teknologi, tampil dalam tayangan video pada hari Kamis di sebuah forum tentang memastikan “kedaulatan teknologi” dari kompleks industri militer. Dia tercantum dalam daftar pembicara forum sebagai direktur umum National Intellectual Development Foundation (NIDF).

Tikhonova diberi sanksi oleh AS dan Inggris pada April 2022, setelah invasi Rusia ke Ukraina, atas karyanya mendukung kementerian pertahanan Rusia. Dalam sambutannya di forum tersebut, beliau berbicara tentang inovasi dan penghapusan impor teknologi yang berkaitan dengan bidang sipil dan militer.

Maria Vorontsova, putri Presiden Rusia Vladimir Putin dan anggota presidium Asosiasi Rusia untuk Promosi Ilmu Pengetahuan, menghadiri  St. Petersburg International Economic Forum pada Jumat (8/6/2024). (Olga Maltseva/AFP)

Putri sulung Vladimir Putin, Maria Vorontsova, yang juga terkena sanksi, berbicara langsung di sebuah panel pada hari Jumat (8/6) tentang inovasi dalam bioteknologi dan bioproduksi. Vorontsova, seorang ahli endokrinologi, terdaftar sebagai anggota Russian Association for the Promotion of Science (Asosiasi Rusia untuk Promosi Sains).

Para analis yakin sebagian kekayaan Vladimir Putin mungkin disembunyikan di rekening bank anggota keluarganya.

Yayasan antikorupsi mendiang pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny mengatakan pada Januari 2024 bahwa menurut penyelidikan mereka, Vorontsova menghasilkan lebih dari $10 juta antara tahun 2019 dan 2022 sebagai karyawan sebuah perusahaan medis. Kendati demikian laporan ini belum dapat diverifikasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vladimir Putin Tertutup Soal Keluarga Termasuk Putrinya

Vladimir Putin sangat tertutup mengenai putri-putrinya dan kehidupan keluarganya, dan beberapa analis percaya bahwa hal itu terjadi karena dia ingin tampil kuat dan tidak menunjukkan kerentanan yang dapat dieksploitasi.

Presiden Rusia sebelumnya mengatakan bahwa putrinya tidak terlibat dalam politik dan menjalani kehidupan biasa. Tikhonova dikabarkan pernah mencoba mengejar karir di bidang acrobatic rock and roll.

Sementara Vorontsova dilaporkan menikah dengan seorang pengusaha Belanda dan pasangan tersebut dikatakan tinggal di sebuah apartemen senilai $3,3 juta di Belanda.

Adapun sebuah vila delapan kamar tidur bernilai jutaan dolar di Biarritz, Prancis telah dikaitkan dengan Tikhonova. Itu dibeli oleh mantan suaminya, Kirill Shamalov.

Kremlin selalu membantah rumor bahwa Vladimir Putin memiliki lebih banyak anak di luar pernikahannya sebelumnya. Semuanya diduga tinggal di negara-negara Barat.

3 dari 4 halaman

Vladimir Putin: Kakek Saya Adalah Koki Pribadi Lenin dan Stalin

2018 lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin buka suara untuk pertama kalinya tentang latar belakang kakek dan neneknya.

Ia mengatakan bahwa kakeknya dari garis ayah, Spiridon Putin, bekerja sebagai koki untuk Vladimir Lenin dan kemudian Joseph Stalin di dacha (vila khas Rusia) di Moskow.

Dikutip dari laman RBTH Indonesia, Rabu (14/3/2018), dalam dokumenter baru berjudul Putin arahan jurnalis Andrei Kondrashov, sang presiden mengingat apa yang ayahnya katakan kepadanya tentang masa-masa itu.

"Ketika kakek bekerja untuk Stalin, ayah saya mengunjunginya dan bahkan masuk ke rumah mereka dan bisa melihat langsung bagaimana kehidupan mereka," kata Putin.

Setelah kematian Stalin, Spiridon Putin dan istrinya bekerja di sebuah rumah peristirahatan Partai Komunis di Ilyinskoye, Moskow.

Putin mengatakan, sangat luar biasa bahwa kakek dan neneknya tidak 'dibersihkan' (seperti banyak orang-orang terdekat Stalin). "Mungkin mereka dihargai karena bisa dipercaya," jelasnya.

Kakek dari garis ibu Putin, Ivan Shelomov, ikut serta dalam Perang Dunia I di Front Timur melawan pasukan Austria.

"Dia melihat seorang tentara musuh membidiknya dari sebuah parit, kemudian ia menembak lebih dulu," kata Putin.

Sutradara Nikita Mikhalkov sebelumnya telah mengisahkan hal ini dalam sebuah film sebuah film. Kakek Putin mendengar serangan tentara Austria yang terluka, tapi tidak membunuhnya.

Sebaliknya, dia berjalan ke arahnya dan membalut lengannya. Orang Austria itu mencium tangannya dengan rasa syukur.

4 dari 4 halaman

Benarkah Vladimir Putin Pernah Tak Punya Smartphone?

Kisah unik lain soal Vladimir Putin terkuak pada 2014. Kala itu, juru bicara Presiden Rusiapernah mengatakan kepada para jurnalis bahwa sang presiden tak menggunakan smartphone atau ponsel pintar saat berkomunikasi.

Ia menegaskan, Vladimir Putin lebih memilih untuk menggunakan "media komunikasi yang lain".

Meski tak memakai gawai, hal ini tak menghentikannya untuk tetap menjalin komunikasi dengan teman-teman dekatnya.

"Anda bilang bahwa setiap orang memiliki ponsel pintar, tapi saya tidak punya. Bukannya Anda juga tak memakainya?" kata Vladimir Putin saat menanggapi ucapan Kepala Institut Penelitian Nuklir, Kurchatov Mikhail Kovalchuk, seperti dikutip dari RBTH Indonesia.

Pernyataan tersebut sekaligus mengonfirmasi apa yang pernah dikatakan juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, kepada para wartawan tahun 2014 lalu. Ia juga membenarkan pernyataan tersebut.

Ketika Peskov ditanya mengenai cara berkomunikasi Vladimir Putin: apakah ia cenderung mengirim pesan singkat ke teman-temannya dan menerima balasan berupa emotikon smiley, ia menanggapinya dengan candaan.

"Setiap politikus selalu kesepian," sebutnya.

Namun, Peskov dengan cepat menambahkan bahwa Putin memiliki beberapa kenalan dekat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat