uefau17.com

24 Rumah Ibadah Yahudi dan 1 Museum di AS Terima Ancaman Bom, Terrorizers111 Klaim Dalangnya - Global

, New York - Tiga sinagoge di Kota New York dan Museum Brooklyn terkena ancaman bom selama kurang lebih dua jam – dan ancaman tersebut diyakini merupakan bagian dari email massal yang dikirim ke sekitar dua lusin rumah ibadah Yahudi, menurut sebuah organisasi filantropi Yahudi.

Ancaman-ancaman bom yang dikirim melalui email, seperti dikutip dari Daily News, Senin (6/5/2024), semuanya dianggap tidak berdasar, menarik perhatian Gubernur Hochul, yang mengatakan pada Sabtu (4/5) malam di X bahwa kantornya "secara aktif memantau" ancaman-ancaman tersebut.

BACA JUGA: VIDEO: Penuhi Impian Tinggal di New York, Semahal Apa?
BACA JUGA: VIDEO: AS Kritik Pertemuan Putin dan Kim Jong Un
BACA JUGA: VIDEO: Copa America Berlangsung Meriah di AS

Ancaman bom pertama pada hari Sabtu sekitar pukul 15.15 ditujukan kepada Congregation Rodeph Sholom (Jemaat Rodeph Sholom) di W. 83rd St., menurut polisi dan pimpinan jemaat.

Polisi menyerukan evakuasi, dan setelah pencarian tidak menemukan bahan peledak.

"Sedihnya, ancaman terhadap lembaga-lembaga Yahudi di seluruh negeri telah meningkat dan ancaman (Sabtu 4 Mei) sore ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan yang lebih luas,” tulis sinagoge tersebut di halaman Facebook-nya.

Tepat sebelum pukul 16.30, kata polisi, seseorang mengirim email ke Congregation Beit Simchat Torah (Kongregasi Beit Simchat Torah) di W. 30th St. — yang terkenal dengan keanggotaannya yang progresif dan LGBTQ. Tidak ada seorang pun di dalam gedung pada saat itu, dan polisi tidak menemukan bahan peledak, kata polisi.

Sekitar 45 menit setelah itu, Brooklyn Heights Synagogue (Sinagoge Brooklyn Heights) di Remsen St. menerima ancaman serupa, menyebabkan tiga karyawannya menyelamatkan diri, kata polisi. Ancaman itu juga tidak berdasar.

Lalu sebelum pukul 17.30, seseorang mengirim email ke Museum Brooklyn di Eastern Parkway, mengklaim bahwa bahan peledak telah ditanam di jalur subway (kereta bawah tanah) No. 2 dan 3, kata polisi. Polisi tidak menemukan bahan peledak.

Polisi belum mengatakan apakah ancaman tersebut ada kaitannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

24 Rumah Ibadah Yahudi Dikirimi Email Ancaman Bom dari Terrorizers111

Buletin keamanan yang diperoleh Daily News mengatakan bahwa ancaman sinagoge adalah ulah seseorang yang mengirimkan email massal ke 24 rumah ibadah Yahudi di AS, dengan rincian 14 di Manhattan, dua di Brooklyn, lima di Queens, satu di Long Island, satu di bagian utara Utica dan satu di Iowa.

“Halo, jika Anda melihat email ini, berarti Anda mendapat pemberitahuan tentang bom yang saya pasang di dalam gedung Anda," tulis email tersebut, menurut buletin United Jewish Appeal-Federation of New York's Community Security Initiative, yang dijalankan oleh Mitch. Silber, mantan direktur analisis intelijen NYPD.

"Ini bukanlah sebuah ancaman. Saya telah memasang bom di gedung Anda, Anda punya waktu beberapa jam untuk melucuti senjatanya atau darah akan berceceran di mana-mana," lanjut email tersebut. "Kelompok 'Terrorizers111' berada di balik ini."

Ancaman tersebut muncul ketika ketegangan dan protes kampus mengguncang kota tersebut setelah teroris Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober, menewaskan hampir 1.200 orang dan memicu pengepungan berkelanjutan Israel di Gaza yang telah menewaskan sekitar 35.000 orang.

"Kami secara aktif memantau sejumlah ancaman bom di sinagoge-sinagoge di New York," kata Hochul dalam keterangannya. "Ancaman telah ditetapkan agar tidak kredibel, namun kami tidak akan menoleransi individu yang menyebarkan ketakutan dan antisemitisme. Mereka yang bertanggung jawab harus bertanggung jawab atas tindakan tercela mereka."

Ketika konflik berlanjut, kejahatan kebencian antisemit telah melonjak sebesar 45% di seluruh kota, menurut statistik NYPD.

3 dari 4 halaman

Ancaman Bom Picu Bandara Billund Denmark Dievakuasi dan Ganggu Penerbangan, 1 Pria Ditangkap

Sebelumnya, Billund Airport (Bandara Billund), bandara terbesar kedua di Denmark menerima ancaman bom pada Sabtu 20 April 2024 waktu setempat.

Situs Crisis24 yang dikutip Minggu (21/4/2024) menyebut bahwa pihak berwenang telah mengevakuasi Bandara Billund (BLL) 20 April akibat ancaman bom. Penerbangan pun dialihkan, dibatalkan, atau ditunda akibat ancaman tersebut dan gedung terminal ditutup.

Layanan darurat merespons ancaman bom tersebut dan seseorang dilaporkan telah ditahan.

Pihak berwenang kemudian dilaporkan meningkatkan keamanan sepanjang tanggal 20 April. Gangguan penerbangan kemungkinan akan terus berlanjut setelah peringatan keamanan berakhir seiring dengan upaya maskapai penerbangan untuk mengatasi penundaan penerbangan. Gangguan ini bisa berdampak besar pada bandara-bandara lain di Denmark.

"Bandara terbesar kedua di Denmark dibuka kembali Sabtu (20/4) malam setelah seorang pria ditangkap sehubungan dengan ancaman bom yang memaksa evakuasi," kata polisi melansir AFP.

Selama penggeledahan di Bandara Billund di Central Denmark, polisi menangkap seorang pria berusia tiga puluhan dan memindahkan sebuah benda yang "kemungkinan berisi bahan peledak". Tes kimia akan dilakukan untuk konfirmasi.

Polisi Denmark menangkap pria tersebut setelah dia "sendiri memberi tahu polisi di bandara bahwa benda yang dijatuhkannya mengandung bahan peledak", kata mereka dalam sebuah pernyataan.

Bandara Denmark itu kemudian dibuka kembali pada pukul 19:00 (05.00 GMT), namun beberapa penerbangan dibatalkan atau ditunda selama penutupannya.

Polisi juga menyelidiki apakah ada kaitan antara ancaman bom ini dengan pemboman ATM di Billund pada hari Sabtu (21/4) sekitar pukul 04.00.

Bandara Billund berada di dekat kantor pusat produsen mainan Lego dan taman hiburan Legoland.

4 dari 4 halaman

Ancaman Bom Picu Evakuasi di 8 Bandara Prancis

Ancaman bom juga pernah melanda delapan bandara di Prancis pada 18 Oktober 2023 lalu. Memicu evakuasi karena alasan keamanan.

Pihak Bandara Beauvais dekat Paris mengatakan bandara tersebut telah dievakuasi "menyusul adanya ancaman anonim yang diterima oleh beberapa bandara di Prancis." Pihak bandara kemudian mengatakan sedang dalam proses pembukaan kembali.

Di Prancis timur, Bandara Strasbourg menyatakan dievakuasi karena ancaman bom.

Afiliasi CNN, BFMTV, mengutip sumber polisi melaporkan Bandara Nantes di Prancis barat juga telah dievakuasi karena alasan yang sama.

Bandara Biarritz dan Toulouse di barat daya, Lille di utara dan Lyon-Bron di tenggara mengatakan operasi dilanjutkan setelah operasi polisi. Keempatnya dievakuasi pada Rabu pagi karena ancaman bom.

Operasi di Bandara Nice di Prancis selatan telah dilanjutkan setelah evakuasi karena ada barang tak bertuan pada hari sebelumnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat