uefau17.com

jadi Perwakilan Indonesia dalam World Press Freedom Day di Santiago Chili - Global

, Jakarta Dalam rangka menyambut Hari Kebebasan Pers Sedunia (World Press Freedom Day) yang diperingati setiap 3 Mei, UNESCO menggelar konferensi bertajuk "A Press for the Planet: Journalism in the face of the Environmental Crisis" di Santiago, Chili pada 3-4 Mei 2024.

Langsung dari Santiago, dan platform media TV9 berkesempatan untuk menjadi perwakilan media Indonesia dalam Youth Multimedia Room and Factcheck Lab, sebuah kegiatan pelatihan cek fakta dan pendalaman isu perubahan iklim.

Kegiatan ini melibatkan 24 aktivis, jurnalis, dan influencer dari Chili, Brazil, Inggris, Spanyol, Meksiko, Kolombia, Kenya, Bosnia and Herzegovina, dan Belanda.

"UNESCO dengan senang hati menyambut Anda sebagai anggota aktif Youth Multimedia Room and Factcheck Lab, komponen penting dalam Konferensi Hari Kebebasan Pers Sedunia 2024," tulis UNESCO dalam sambutannya kepada anggota kegiatan tersebut, dikutip Jumat (3/5/2024).

Adapun partisipasi mitra UNESCO untuk pelatihan cek fakta 24 peserta outh Multimedia Room and Factcheck Lab, yaitu Africa Facts Network, Arab Fact-Checkers network (AFCN), European Fact-Checking Standards Network, Fast Check, Chile, Instituto Alana (Brazil), Knight Center for Journalism di Americas The Knight Center University of Austin, Latam Chequea Network, Maldita, Spain, Pontificia Universidad Católica de Chile, Social Media 4 Peace, The Cable, Nigeria, dan Universidad de Chile.

Selama 2 hari ke depan, juga akan menjadi satu dari dua perwakilan media Indonesia yang meliput dan berpartisipasi langsung di konferensi World Press Freedom Day 2024 di Centro Cultural Gabriela Mistral, Santiago, Chili.

Sebelumnya, pada Desember 2023 menempatkan posisi juara ketiga dalam kompetisi Hackaton Hacking4HoaxFreeElections yang digelar oleh UNESCO Indonesia dengan presentasi Liputan6 Election Hoax-Buster.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

UNESCO Angkat Kontribusi Jurnalis dalam Mendorong Kesadaran Iklim di Hari Kebebasan Pers Sedunia

Dalam Kampanye Hari Kebebasan Pers Sedunia tahun ini, UNESCO mengambil tajuk "Kisah Ini Harus Diceritakan", memberikan apresiasi pada perjuangan dan kontribusi jurnalis di seluruh dunia dalam membagikan informasi dan kedasaran pada masyarakat luas tentang isu perubahan iklim.

"Peran jurnalis sangatlah penting. Melalui kerja keras mereka, keberanian mereka dan ketekunan mereka, kita dapat mengetahui apa yang terjadi di seluruh planet ini. Mereka bekerja di garis depan perjuangan kolektif kita demi kesehatan planet kita dan perjuangan kita untuk kehidupan yang layak huni. Pada Hari Kebebasan Pers Sedunia ini, mari kita hargai dan merayakan upaya mereka dalam membantu kita membentuk masa depan yang lebih baik," tulis UNESCO di laman resminya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat