uefau17.com

DPR AS Setujui Bantuan Senilai Rp97,3 Triliun ke Ukraina untuk Lawan Rusia - Global

, Washington D.C - Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya menyetujui bantuan militer baru dari Amerika Serikat senilai miliaran dolar untuk Ukraina.

Langkah ini diambil agar Ukraina terus berjuang melawan invasi Rusia, dikutip dari laman BBC, Minggu (21/4/2024).

Langkah yang tertunda ini mendapat banyak perlawanan yang vokal di Kongres dan dibutuhkan kesepakatan bipartisan agar paket senilai US$ 61 miliar ini bisa lolos.

Kini fokusnya beralih dari apakah ke kapan bantuan itu tiba bisa dimulai dalam beberapa hari.

Presiden Joe Biden berbicara tentang “pesan yang jelas” tentang kepemimpinan AS di luar negeri.

Mengekspresikan rasa terima kasihnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan: "Demokrasi dan kebebasan akan selalu memiliki arti penting secara global dan tidak akan pernah gagal selama AmerikaSerikat membantu melindunginya."

Bantuan tersebut akan mencegah perang meluas dan menyelamatkan ribuan nyawa, tambahnya.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov membalas dengan mengatakan, paket itu akan "membuat Amerika Serikat lebih kaya, semakin menghancurkan Ukraina dan mengakibatkan kematian lebih banyak lagi warga Ukraina".

Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022, sejak puluhan ribu orang, sebagian besar tentara, terbunuh atau terluka di kedua sisi, dan jutaan warga Ukraina harus meninggalkan rumah mereka.

Paket bantuan luar negeri yang disahkan pada Sabtu (20/4) juga mencakup:

- US$ 26,4 miliar dalam bentuk dukungan militer untuk Israel, dan US$ 9,1 miliar di antaranya dialokasikan untuk bantuan kemanusiaan ke Gaza

- US$ 8,1 miliar dalam pendanaan untuk sekutu di Asia-Pasifik, termasuk Taiwan, untuk "melawan komunis Tiongkok".

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

DPR AS Paksa TikTok Jual Sahamnya

DPR juga mengesahkan rancangan undang-undang yang akan memaksa pemilik platform media sosial TikTok yang berbasis di Tiongkok untuk menjual sahamnya atau menghadapi larangan di AS.

Sorakan dan tepuk tangan meriah terdengar ketika DPR menyetujuinya, dengan 311 suara berbanding 112, dengan beberapa anggota DPR mengibarkan bendera Ukraina.

RUU tersebut sekarang akan diserahkan ke Senat, yang diperkirakan akan disahkan dalam beberapa hari ke depan sebelum Presiden Biden menandatanganinya menjadi undang-undang.

Menyambut baik hasil tersebut, Biden memuji upaya bipartisan untuk "menjawab panggilan sejarah" dan mendesak Senat untuk segera menyetujuinya sehingga ia dapat menandatanganinya menjadi undang-undang.

"Kita dapat dengan cepat mengirim senjata dan peralatan ke Ukraina untuk memenuhi kebutuhan mendesak mereka di medan perang".

 

3 dari 4 halaman

Respons NATO

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan. peningkatan bantuan yang signifikan akan melengkapi puluhan miliar bantuan yang diberikan ke Ukraina oleh sekutu Eropa.

“Ukraina berhak mendapatkan semua dukungan yang bisa diperolehnya untuk melawan Rusia,” kata Ketua Uni Eropa Ursula von der Leyen dan Charles Michel dalam pernyataan bersama.

Berbicara kepada program Newshour BBC World Service, Oleksandr Merezhko, kepala komite urusan luar negeri Ukraina, menggambarkan pemungutan suara tersebut sebagai “keputusan bersejarah” yang “pasti akan menyelamatkan banyak nyawa warga sipil dan tentara kami”.

“Ini memberi kami kekuatan, memberi kami keberanian dan tekad untuk terus berjuang, dan saya yakin situasi di garis depan akan segera berubah menguntungkan kami,” ujarnya.

Ukraina, yang bergantung pada senjata Barat, sangat membutuhkan bantuan tersebut ketika mereka berjuang untuk menahan serangan pasukan Rusia, yang telah mengalami kemajuan pesat dalam beberapa pekan terakhir.

Tentara Ukraina kehabisan amunisi sehingga mereka harus menjatah peluru artileri di garis depan yang panjangnya lebih dari 1.200 km (745 mil).

Baik Zelensky maupun kepala CIA William Burns mengatakan bahwa Ukraina akan kalah perang tanpa bantuan Amerika Serikat.

Hal ini diperkuat selama enam bulan terakhir dengan pengambilalihan lebih banyak wilayah oleh Rusia, dan sekutu Barat lainnya yang berjuang untuk mengisi kesenjangan yang ditinggalkan oleh Washington.

 

4 dari 4 halaman

Dukungan Amerika Serikat

Ukraina kini kembali merasakan dukungan Amerika.

Hal ini bukanlah solusi jitu yang akan membantu Ukraina memenangkan perang, namun hal ini memperluas peluangnya untuk berperang dan menjaga meja perundingan.

Pemungutan suara di DPR telah ditunda oleh Partai Republik selama berbulan-bulan, dan beberapa di antaranya keberatan mengirim uang ke luar negeri daripada menangani masalah perbatasan AS-Meksiko.

Ketua DPR dari Partai Republik Mike Johnson mengatakan, dia ingin memaksakan tindakan tersebut, meskipun hal itu membahayakan posisinya.

Kesepakatan tersebut disahkan dengan selisih yang cukup besar -- namun angka-angka tersebut mengaburkan perpecahan partisan yang semakin tajam dalam masalah ini.

Meski seluruh 210 anggota Partai Demokrat memberikan suara mendukung, lebih banyak anggota Partai Republik yang menentang undang-undang tersebut dibandingkan mendukungnya, yaitu 112 berbanding 101.

Hal ini bisa menimbulkan masalah bagi Johnson. Tiga anggota DPR dari Partai Republik telah menyerukan agar dia digulingkan sebagai Ketua.

Meskipun bantuan baru senilai miliaran dolar diperkirakan akan menopang upaya perang Ukraina dalam beberapa bulan mendatang, jika Partai Republik memperoleh lebih banyak kekuasaan di Kongres, maka dukungan lebih lanjut dari AS tampaknya semakin kecil kemungkinannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat