uefau17.com

Viral Lansia di Vietnam Klaim Hanya Minum Air dan Soft Drink Selama 50 Tahun Terakhir - Global

, Hanoi - Seorang wanita lanjut usia (lansia) berusia 75 tahun mengaku tidak pernah makan makanan padat apapun selama 50 tahun terakhir dan hanya bertahan hidup dengan air dan minuman soft drink (minuman ringan) manis.

Menariknya, meski Bui Thi Loi yang tinggal di Provinsi Quang Binh, Vietnam mengklaim tak pernah memakan makanan padat selama 50 tahun terakhir, ia terlihat sangat bugar, sehat dan tampak lebih muda dari usianya.

Bui mengatakan bahwa ia telah menjalani pola hidup seperti itu selama setengah abad dan tidak pernah menginginkan untuk mengonsumsi makanan padat. Kisahnya pun kabarnya viral di Vietnam.

Dilansir Oddity Central, Jumat (1/12/2023), lansia itu menceritakan bahwa semuanya dimulai pada tahun 1963, ketika ia disambar petir saat berada di gunung untuk merawat tentara yang terluka selama perang. Setelah itu, ia pingsan dan ketika sadar hidupnya seakan berubah. Dia tidak makan apa pun selama berhari-hari setelah sadar, membuat teman-temannya memberinya minuman manis.

Beberapa tahun setelah kejadian sambaran petir, Bui masih mengonsumsi makanan padat, terutama buah-buahan, karena keluarga dan teman-temannya ada di sana. Namun, sebenarnya dia tidak pernah benar-benar merasa butuh mengonsumsi makanan tersebut.

Pada tahun 1970, dia menghindari makanan padat sepenuhnya dan hanya mengandalkan air dan minuman ringan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kulkas dan freezernya berisi botol-botol air dan soft drinks atau minuman ringan manis.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merasa Mual Jika Mencium Bau Makanan

Wanita berusia 75 tahun ini mengklaim bahwa bau makanan saja sudah cukup membuat mual, dan meskipun dia selalu memasak untuk anak-anaknya saat mereka tumbuh besar, dia tidak pernah benar-benar memakan masakannya sendiri. Kini setelah anak-anaknya tumbuh besar dan pindah, dapurnya mulai berdebu.

Karena pola makannya yang aneh, ia tidak pernah bisa menyusui anak-anaknya, dan harus meminta air susu ibu (ASI) kepada orang lain.

Dokter mana pun pasti akan menyarankan bahwa pola makan seimbang sangat penting untuk hidup sehat, namun pola makan Bui Thi Loi yang berbahan dasar air tampaknya cukup untuk membuatnya tetap sehat dan berenergi.

Menurut dokter dari Departemen Gizi di Rumah Sakit Persahabatan Vietnam-Kuba di Dong Hoi, minuman ringan manis membantu mengisi kembali energi tubuh dengan cepat pada saat dibutuhkan dan mendukung fungsi sistem pencernaan tubuh. Namun, mereka menekankan bahwa minuman bersoda dapat berbahaya bagi kesehatan manusia dan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular.

3 dari 4 halaman

Kasus Viral Serupa di Vietnam, Belum Dapat Dibuktikan Klaimnya

Kasus Bui Thi Loi telah menjadi viral di Vietnam, sebuah negara di mana klaim serupa sering terjadi.

Misalnya, awal tahun ini beredar kisah tentang Thai Ngoc, seorang petani berusia 80 tahun yang mengaku tidak tidur selama 60 tahun.

Namun, dalam kedua kasus tersebut, klaim tersebut belum dapat diverifikasi secara ilmiah, karena saat ini klaim tersebut hanya didukung oleh keterangan saksi.

4 dari 4 halaman

Bayi di Rusia Dipaksa Makan Sinar Matahari

Berbeda halnya dengan kisah bayi di Rusia yang meninggal karena kelaparan berkepanjangan. Kedua orang tua sang bayi diduga menganut kepercayaan "makan sinar matahari".

Ibu bayi, Oxana Mironova (33), diselidiki atas kematian karena kelalaian. Dia ditempatkan di bawah tahanan rumah selama dua bulan.

Sang ayah yang bernama Maxim Lyutyi (43) dikenal sebagai influencer. Dia ditahan secara terpisah karena melawan polisi.

Lyutyi adalah seorang blogger yang dikenal karena mempromosikan kebiasaan makan radikal seperti hanya makan makanan mentah dan memakan sinar matahari.

Selengkapnya di sini...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat