uefau17.com

Pertemuan Menhan se-ASEAN Fokus Bahas Perdamaian untuk Gaza dan Akhir Konflik Myanmar - Global

, Jakarta - Para menteri pertahanan se-Asia Tenggara menyerukan perdamaian pada Rabu (15/11/2023), terutama menekankan berakhirnya perang Israel Vs Hamas, bekerja sama membangun koridor bantuan kemanusiaan di Gaza, serta berdiskusi untuk mengatasi konflik berkepanjangan di Myanmar.

Hal tersebut dibahas dalam sidang pertemuan para Menteri Pertahanan Negara Anggota ASEAN ke-17 atau The 17th ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan yang diselenggarakan pada 15-16 November 2023.

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto memimpin jalannya The 17th ADMM dan The 10th ADMM-Plus.

Dalam kesempatan tersebut, para menhan se-ASEAN juga menegaskan kembali pentingnya menjaga kebebasan navigasi dan penerbangan di Laut China Selatan serta menghormati aturan internasional untuk mencegah bentrokan maritim di perairan yang disengketakan.

Pertemuan antar negara ASEAN kali ini kembali tidak mengundang perwakilan Myanmar, utamanya karena militer Myanmar tidak mematuhi Lima Poin Konsensus (5PCs) untuk meredakan konflik dan kekerasan terhadap warga sipil.

"Kami sedih dengan situasi yang memburuk di Myanmar," kata Prabowo dalam pidato pembukaannya, seperti dilansir CNA, Kamis (16/11/2023).

"Indonesia mendorong negara-negara anggota ASEAN lainnya untuk mendukung Myanmar menemukan solusi damai dan tahan lama terhadap situasi saat ini."

ASEAN telah berusaha untuk menegakkan rencana yang dibuat bersama dengan jenderal tertinggi Myanmar pada tahun 2021, yang menyerukan diakhirinya segera kekerasan, dimulainya perundingan yang ditengahi oleh utusan khusus di antara pihak-pihak yang bertikai, dan pengiriman bantuan kepada para pengungsi. Namun pemerintah militer Myanmar, yang mengambil alih kekuasaan pada tahun 2022, tidak berbuat banyak untuk menegakkan rencana tersebut.

Deklarasi bersama juga menyerukan pihak-pihak yang terlibat dalam sengketa wilayah selama puluhan tahun di Laut China Selatan yang melibatkan China dan negara-negara pengklaim lainnya dari Asia Tenggara untuk menyetujui penyelesaian awal perundingan pakta non-agresi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Angkat Isu Israel-Palestina

Dalam pidatonya, Prabowo turut menyinggung perang antara Israel dengan Hamas.

"Indonesia sangat sedih dengan memburuknya situasi di Gaza, khususnya kondisi kemanusiaan yang mengerikan," katanya, seraya menambahkan bahwa kekerasan terhadap warga sipil "harus dihentikan".

"Sebaliknya, upaya untuk mencapai gencatan senjata harus terus berlanjut dan jalur bantuan kemanusiaan yang aman harus diperluas dan dipercepat," ujarnya.

Sejauh ini, ASEAN belum membuat pernyataan resmi mengenai perang tersebut, dan hal ini tidak mengherankan mengingat setiap anggota blok tersebut memandang konflik tersebut secara berbeda.

Indonesia, Malaysia dan Brunei – tiga anggota ASEAN dengan populasi mayoritas Muslim di mana agama berperan penting dalam politik dalam negeri – telah lama menjadi pendukung kuat Palestina. Tak satu pun dari ketiga negara itu memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

3 dari 4 halaman

Mengecam Serangan Terhadap Warga Sipil Gaza

Adapun Menteri Pertahanan Malaysia Mohammad Hasan mengutuk pemboman terhadap warga sipil, rumah dan rumah sakit di Gaza dan "pembantaian pada nyawa tak berdosa, anak-anak, perempuan dan laki-laki".

Sementara Singapura mengambil sikap tegas terhadap Hamas dan mengutuk keras serangan yang dilancarkan kelompok militan tersebut di Israel pada 7 Oktober, yang memicu perang. Sikap Singapura yang kuat terhadap Hamas membuat Singapura kalah bersaing dengan negara-negara tetangganya yang mayoritas penduduknya Muslim.

"Pelajaran yang lebih penting bagi kami adalah bahwa perdamaian dapat dicuri atau hilang dengan sangat cepat," kata Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen.

"Meskipun kita sekarang berada dalam wilayah yang relatif damai dan aman, kita bisa kehilangan kedamaian jika kita sebagai pemimpin di negara kita tidak memberikan perhatian. Saya takut memikirkan apa yang akan terjadi jika ada konflik di Asia."

4 dari 4 halaman

Keterlibatan AS dan China di ADMM

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dijadwalkan untuk bergabung dalam ADMM tahun ini, namun kecil kemungkinan akan terjadi pembicaraan di antara mereka.

Austin sebelumnya melakukan kunjungan ke Asia dengan tujuan untuk menunjukkan persatuan atas perang Rusia di Ukraina dan mencegah semakin mendalamnya perbedaan pendapat dalam perang Israel-Hamas. Dia juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Won-sik dan pejabat lainnya di Seoul untuk membahas peningkatan pencegahan nuklir terhadap Korea Utara.

Sementara China dalam pertemuan tersebut, diwakili oleh Jing Jianfeng, wakil kepala staf Komisi Militer Pusat Tiongkok, namun kecil kemungkinannya ia akan bertemu dengan Austin di sela-sela pertemuan tersebut. Menteri Pertahanan Tiongkok sebelumnya, Li Shangfu, digulingkan bulan lalu, dan Beijing belum menunjuk penggantinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat