uefau17.com

Hakim di Maryland AS Tewas Ditembak Depan Rumah, Pelaku Buron - Global

, Maryland - Seorang hakim di Maryland, Amerika Serikat menjadi korban penembakan di luar rumahnya, dan kemudian dinyatakan meninggal di rumah sakit pada Kamis 19 Oktober 2023 waktu setempat. Polisi masih memburu tersangka pembunuhan.

Polisi mengidentifikasi korban sebagai Hakim Asosiasi Pengadilan Wilayah Washington Andrew Wilkinson dari Hagerstown yang kini berusia 52 tahun. 

Kantor sheriff setempat sedang mencari Pedro Argote, 49 tahun, yang dikatakan bersenjata dan berbahaya.

Polisi yakin Argote menargetkan hakim tersebut karena perebutan hak asuh.

Menurut catatan pengadilan Maryland, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (21/10/2023), Hakim Wilkinson memimpin kasus perceraian yang melibatkan Argote dan mengadakan sidang pada Kamis pagi. 

Kantor Sheriff Washington County mengatakan Argote tidak menghadiri sidang, di mana hakim memberikan hak asuh atas anak-anak tersangka kepada ibu mereka.

Para deputi polisi kemudian mendatangi kediaman Wilkinson setelah menerima laporan adanya penembakan. Korban ditemukan berdarah akibat luka tembak di halaman rumahnya.

Kantor sheriff mengatakan istri dan putra Hakim Wilkinson ada di rumah saat kejadian.

Andrew Wilkinson menjadi hakim pada tahun 2020, setelah bekerja sebagai pengacara selama lebih dari 20 tahun, menurut Arsip Negara Bagian Maryland. Dia aktif di gerejanya dan melatih olahraga untuk remaja.

Sebagai tindakan pencegahan atas penembakan hakim, penegak hukum mengirim petugas ke rumah hakim lain di daerah tersebut untuk berjaga sepanjang malam. Namun kantor sheriff yakin Wilkinson adalah satu-satunya sasaran.

Kantor sheriff mengatakan Argote tidak memiliki catatan kriminal, namun mereka pernah mengunjungi rumahnya di masa lalu karena perselisihan rumah tangga.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ibu Hamil Tewas Jadi Korban Penembakan Polisi di Ohio Amerika Serikat

Bicara soal penembakan di Amerika Serikat, kepolisian di Ohio, pada awal September lalu telah merilis rekaman kamera tubuh (bodycam) yang menunjukkan seorang polisi menembak mati seorang wanita kulit hitam yang sedang hamil.

Ta'Kiya Young (21) meninggal pada 24 Agustus 2023 ketika dia ditembak oleh polisi saat berada di mobilnya di luar toko kelontong Kroger di Blendon Township, pinggiran Columbus, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (2/9/2023).

Rekaman menunjukkan polisi berusaha menginterogasinya di tempat atas dugaan mengutil.

Dalam video yang dirilis pada Jumat 1 September, terlihat seorang polisi yang berdiri di depan mobil Young menembak langsung ke arah korban saat dia tampak hendak mengemudi ke arah petugas.

Video itu menunjukkan dua polisi berbicara dengan Young selama sekitar satu menit sebelum tembakan dilepaskan.

Seorang polisi terlihat berdiri di depan pintunya dan berulang kali menyuruhnya "keluar dari mobil".

"Untuk apa?" dia menjawab dua kali, menambahkan: "Saya tidak akan melakukan itu."

Seorang polisi yang terlihat di depan mobil menempatkan tangan kirinya di kap mesin, sementara tangan kanannya memegang senjatanya.

"Apakah Anda akan menembak saya?" kata korban beberapa saat sebelum satu tembakan dilepaskan dan polisi dengan cepat bergerak keluar dari jalur mobil.

Polisi kemudian terlihat memecahkan jendelanya setelah mobil meluncur ke dinding bata di dekat pintu masuk toko.

Polisi mengatakan mereka berusaha melakukan bantuan medis, tetapi baik korban dan kandungannya tidak selamat dari penembakan itu.

"Ini adalah tragedi. Keluarga Young sangat sedih dan berduka," kata Kepala Polisi Blendon John Belford dalam sebuah pernyataan soal penembakan polisi itu pada Jumat 1 September.

"Meskipun tidak ada dari kita yang dapat sepenuhnya memahami rasa sakit mereka, kita semua dapat mengingatnya dalam doa-doa kita dan memberi mereka waktu dan ruang untuk menghadapi pergantian peristiwa yang memilukan ini."

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

3 Orang Tewas dalam Penembakan Bermotif Rasisme di Jacksonville Florida, Amerika Serikat

Sementara itu, seorang pria bersenjata menewaskan tiga orang kulit hitam dalam penembakan bermotif rasisme di Jacksonville, Florida, Amerika Serikat --kata sheriff kota itu.

Pria itu, yang digambarkan berkulit putih dan berusia awal 20-an, memasuki toko Dollar General dan melepaskan tembakan, memicu pertikaian dengan polisi. Pelaku kemudian bunuh diri.

Sheriff (Polisi) TK Waters mengatakan dua pria dan seorang wanita dibunuh oleh pria bersenjata itu, yang mengenakan pelindung tubuh dan meninggalkan sebuah manifesto.

Wali kota Donna Deegan mengatakan itu adalah "kejahatan penuh kebencian" yang didorong oleh kebencian berbasis ras, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (27/8/2023).

Sheriff mengatakan, penembak --yang belum secara resmi disebutkan namanya-- membawa senapan semi-otomatis ringan dan pistol.

Pelaku diyakini telah bertindak sendiri dan diduga ingin bunuh diri. Dia tinggal di Jacksonville's Clay County bersama orang tuanya dan meninggalkan beberapa pesan tentang niatnya, kata Sheriff Waters, termasuk satu kepada orang tuanya dan satu lagi kepada media.

Sheriff menambahkan bahwa setidaknya salah satu senjata memiliki simbol swastika yang digambar di atasnya.

FBI telah membuka penyelidikan hak-hak sipil atas penembakan itu, yang diperlakukan sebagai kejahatan bermotif rasisme.

Serangan itu terjadi kurang dari satu mil dari Edwards Waters University yang secara historis berkulit hitam.

Walikota Jacksonville Donna Deegan mengatakan kepada saluran TV lokal WJXT: "Satu penembakan terlalu banyak tetapi penembakan massal ini sangat sulit dilakukan."

Gubernur Florida Ron DeSantis menyebut pria bersenjata itu "bajingan" dan menggambarkan penembakan itu sebagai "mengerikan".

"Dia [pria bersenjata itu] menargetkan orang berdasarkan ras mereka, itu sama sekali tidak dapat diterima," kata DeSantis, yang bersaing untuk menjadi kandidat presiden partai Republik.

"Orang ini bunuh diri daripada menghadapi musik dan menerima tanggung jawab atas tindakannya dan dia mengambil jalan keluar pengecut."

4 dari 4 halaman

Penembakan Massal di Georgia AS: 4 Orang Tewas

Adapun penembakan lain terjadi di Hampton, sebuah kota kecil di negara bagian Georgia barat, Amerika Serikat pada Sabtu 15 Juli 2023 pagi waktu setempat. Empat orang dilaporkan tewas.

Penegak hukum mengidentifikasi Andre Longmore dari Hampton sebagai tersangka dalam konferensi pers Sabtu malam, seperti dikutip dari NBC News, Minggu (16/7/2023).

Sekitar pukul 10.45 pagi, Longmore menembak dan menewaskan empat orang, tiga pria dan satu wanita, kata para pejabat. Para korban penembakan tidak segera diumumkan karena masih menunggu pemberitahuan dari keluarga terdekat.

"Ini adalah hari yang menyedihkan di Hampton. Ini tidak normal bagi kami dan sebagai komunitas kami akan berduka bersama," kata Kepala Departemen Kepolisian Hampton James Turner tentang penembakan itu.

"Sebagai departemen kepolisian, kami akan melakukan segala daya kami untuk memastikan bahwa orang tersebut dibawa ke pengadilan."

Para pejabat sedang menyelidiki apakah Longmore terkait dengan salah satu korban. Motif penembakan itu belum segera terungkap.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat