uefau17.com

Penembakan di Michigan AS Lukai 9 Orang Termasuk 2 Anak, Pelaku Ditemukan Tewas - Global

, Michigan - Penembakan kembali mengguncang Amerika Serikat (AS) dan melukai sejumlah orang.

"Seorang tersangka penembakan yang melukai sedikitnya delapan orang di tempat rekreasi di Rochester Hills, Michigan, Sabtu (15/6/2024) ditemukan tewas di rumah terdekat," kata Sheriff Oakland County Michael Bouchard seperti dikutip dari CNN, Minggu (16/6/2024).

Tersangka, pria berusia 42 tahun yang belum disebutkan namanya, ditemukan di rumah tempat ia tinggal bersama ibunya setelah polisi melacak senjata tersebut dari lokasi penembakan ke alamat sekitar setengah mil dari TKP, kata sheriff pada konferensi pers Sabtu (15/6) malam.

"Dalam mimpi terburuk saya, saya tidak dapat membayangkan berdiri di sini lagi membicarakan tentang penembak aktif lainnya," kata Bouchard pada konferensi pers Sabtu (15/6) malam.

Sepertinya tersangka berhenti di area rekreasi di Brooklands Plaza Splash Pad di Rochester Hills, keluar dari kendaraan dan melepaskan tembakan sekitar 20 kaki jauhnya, mengisi ulang beberapa kali, kata Bouchard. Tersangka menembak "kemungkinan 28 kali," kata sheriff.

Insiden tersebut tampaknya terjadi secara acak dan pihak berwenang belum menentukan motivasi serangan tersebut, tambahnya.

Setidaknya dua korban adalah anak-anak, kata pihak berwenang. Salah satu korban, seorang anak laki-laki berusia 8 tahun, menderita luka tembak di kepala dan berada dalam kondisi kritis, kata Bouchard.

Seorang anak berusia 4 tahun mengalami luka di paha dan dalam kondisi stabil, katanya. Ibu mereka yang berusia 39 tahun dengan luka di bagian perut dan kaki juga berada dalam kondisi kritis.

Enam korban penembakan lainnya, termasuk tiga perempuan dan tiga laki-laki berusia 30 hingga 78 tahun, berada dalam kondisi stabil.

Rochester Hills berjarak sekitar 27 mil sebelah utara Detroit di AS.

Pihak berwenang pada awalnya memberikan angka yang bertentangan mengenai berapa banyak orang yang tertembak ketika rumah sakit mulai melaporkan korban penembakan yang datang untuk mendapatkan perawatan. Sheriff kemudian mengkonfirmasi setidaknya sembilan orang ditembak, termasuk ibu dan dua putranya serta sepasang suami istri.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Temuan Senjata Mengarahkan Polisi ke Pelaku Penembakan

Gubernur Gretchen Whitmer mengumumkan dalam sebuah pernyataan di X bahwa dia berhubungan dengan pejabat lokal setelah penembakan itu.

“Saya sedih mengetahui tentang penembakan di Rochester Hills,” tulis Gubernur Gretchen Whitmer di X. “Kami terus memantau situasi saat informasi terbaru terus masuk, dan kami terus menghubungi pejabat setempat.”

“Ini adalah komunitas yang hebat dan sangat menyedihkan melihat hal ini terjadi di sini,” kata Walikota Rochester Hills Bryan Barnett.

Senjata di tempat kejadian mengarahkan pihak berwenang ke rumah terdekat.

Panggilan 911 pertama yang memperingatkan polisi tentang insiden tersebut dilakukan sekitar pukul 17:11. Sheriff Oakland County Michael Bouchard mengatakan seorang sersan Rochester Hills sedang mendengarkan teknologi baru yang secara aman menyiarkan langsung panggilan 911 langsung ke petugas pertolongan pertama dan merespons lokasi kejadian dalam waktu dua menit, sebelum panggilan tersebut dikirim.

Tersangka telah meninggalkan tempat kejadian dan pihak berwenang menemukan sebuah pistol dan tiga magasin kosong di tempat kejadian.

“Satu senjata di lokasi kejadian membawa kami ke alamat yang terdaftar di alamat tersebut, itulah sebabnya kami begitu cepat sampai di rumah tersebut,” kata Bouchard pada Sabtu (15/6) malam.

Setelah melakukan upaya untuk menghubungi tersangka, penegak hukum “mendobrak rumah tersebut dan mengerahkan drone untuk memulai pemeriksaan terhadap rumah tersebut,” dan berhasil menemukan lokasi tersangka yang meninggal, kata sheriff.

“Kami membawa aset termasuk SWAT kami, helikopter kami, drone kami dan mencoba melakukan kontak dengan orang tersebut, mencoba mengeluarkan orang tersebut dengan damai dan tidak berhasil, tidak ada kontak kembali,” kata Bouchard pada konferensi pers Sabtu malam.

 

 

3 dari 4 halaman

Temuan Senjata

Sebuah drone yang terbang ke dalam rumah saat polisi mengepungnya juga menemukan senjata api “platform AR” di meja dapur, kata Bouchard pada Sabtu malam.

Saat para deputi mengepung rumah tersebut, sheriff menyarankan mereka yang berlindung di taman untuk pulang dan meminta masyarakat untuk menjauh dari area tersebut jika mereka berlindung di lokasi terdekat.

Tersangka tidak diketahui pihak berwenang sampai mereka melakukan “penyelidikan cepat” dan menentukan siapa yang mereka yakini terlibat berdasarkan bukti dari TKP.

“Sebuah kendaraan yang cocok dengan apa yang digambarkan sebagai kendaraan yang meninggalkan lokasi kejadian ada di sana,” kata sheriff. “Kami memasang perimeter cepat dan para deputi di tempat kejadian tampaknya mendengar atau melihat orang yang mereka coba ajak berkomunikasi.”

4 dari 4 halaman

Polisi Meyakini Ada Banyak Senjata di Rumah Tersangka

Penyelidik yakin ada potensi lebih banyak senjata di rumah tersebut tetapi tidak jelas apakah tersangka memiliki akses ke sana, menurut Bouchard.

Sheriff menyebut insiden itu sebagai “pukulan keras,” dan menekankan bahwa masyarakat masih belum pulih dari penembakan tahun 2021 di sebuah sekolah menengah di Oxford, yang terletak 15 mil sebelah utara Rochester Hills, ketika empat siswa terbunuh.

“Kami bahkan tidak sepenuhnya memahami apa yang terjadi di Oxford, dan sekarang kami menghadapi tragedi lain yang sedang kami hadapi,” katanya.

CNN telah menghubungi Kantor Sheriff Oakland County untuk informasi lebih lanjut.Send feedbackSide panelsHistorySavedMore details

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat