uefau17.com

Update Konflik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan dan Armenia Sepakat Gencatan Senjata Via Pasukan Perdamaian Rusia - Global

, Yerevan - Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev telah menyatakan bahwa kedaulatan negaranya atas Nagorno-Karabakh telah dipulihkan, setelah serangan militer 24 jam terhadap pasukan etnis Armenia.

Dalam update konflik Nagorno-Karabakh, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev memuji kepahlawanan tentara Azerbaijan beberapa jam setelah pasukan Karabakh setuju untuk menyerah.

Untuk diketahui, sekitar 120.000 etnis Armenia tinggal di daerah kantong Kaukasus Selatan, yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan.

Laporan BBC yang dikutip Kamis (21/9/2023) menyebutkan Azerbaijan sekarang tengah berupaya untuk mengendalikan sepenuhnya wilayah yang memisahkan diri itu.

Militer Azerbaijan melancarkan operasi "anti-teror" pada Selasa 20 September 2023, menuntut pasukan Karabakh mengibarkan bendera putih dan membubarkan "rezim ilegal" mereka. Tanpa dukungan dari negara tetangganya, Armenia, dan setelah blokade efektif selama sembilan bulan, etnis Armenia segera menyerah.

Pejabat Armenia melaporkan sedikitnya 32 orang tewas, termasuk tujuh warga sipil, dan 200 lainnya luka-luka. Namun menurut seorang pejabat hak asasi manusia separatis Armenia, sedikitnya 200 orang tewas dan lebih dari 400 lainnya luka-luka. Sejauh ini BBC belum dapat memverifikasi angka-angka tersebut.

Pada Rabu 20 September malam, para pejabat Armenia menuduh Azerbaijan menembaki pasukan di dekat Kota Sotk di perbatasan kedua negara setelah gencatan senjata disepakati, namun Azerbaijan segera membantah klaim tersebut.

Sebelumnya pada hari itu, ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan di Yerevan, ibu kota Armenia, menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Nikol Pashinyan atas penanganan krisis tersebut.

Tentara Azerbaijan mengatakan mereka telah merebut lebih dari 90 posisi dari etnis Armenia sebelum kedua belah pihak mengumumkan bahwa penghentian permusuhan sepenuhnya telah disepakati melalui pasukan penjaga perdamaian Rusia, pada hari Rabu mulai pukul 13:00 waktu setempat (09:00 GMT).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketentuan Gencatan Senjata

Berdasarkan ketentuan gencatan senjata yang digariskan oleh Azerbaijan dan Rusia, yang memiliki pasukan penjaga perdamaian di lapangan, pasukan lokal Karabakh harus berkomitmen untuk dibubarkan dan dilucuti sepenuhnya.

Ada juga komitmen agar pasukan Armenia menarik diri, meskipun pemerintah Armenia menyangkal kehadiran militer di sana.

Kepresidenan Azerbaijan mengatakan para pejabat akan bertemu dengan perwakilan Armenia di Karabakh untuk melakukan pembicaraan mengenai "masalah reintegrasi" di Kota Yevlakh, Azerbaijan, pada hari Kamis. Presiden Aliyev mengatakan rakyat Azerbaijan tidak menentang rakyatnya, hanya "junta kriminal" mereka.

Yevlakh terletak sekitar 100 km (60 mil) di utara ibu kota wilayah Karabakh, Khankendi, yang dikenal sebagai Stepanakert oleh orang Armenia.​

3 dari 4 halaman

Krisis Nagorno-Karabakh

Sejak runtuhnya Uni Soviet, Armenia dan tetangganya telah berperang dua kali di Nagorno-Karabakh, wilayah pegunungan yang tidak memiliki daratan di barat daya Azerbaijan.

Perang enam minggu pada tahun 2020 menyebabkan beberapa ribu kematian tetapi memungkinkan Azerbaijan, yang didukung oleh Turki, merebut kembali wilayah di sekitar dan di dalam wilayah kantong tersebut, sehingga membuat etnis Armenia terisolasi.

Selama sembilan bulan terakhir, Azerbaijan telah melakukan blokade efektif terhadap satu-satunya jalan menuju Karabakh dari Armenia, yang dikenal sebagai Koridor Lachin. Etnis Armenia di daerah kantong tersebut mengeluhkan kekurangan makanan, obat-obatan dan perlengkapan mandi dan Armenia tidak dapat membantu.

Meskipun sejumlah bantuan diperbolehkan masuk dalam beberapa hari terakhir, orang-orang Armenia di Karabakh sudah sangat lemah karena kekurangan bantuan pada saat serangan Azerbaijan, dan tidak ada harapan akan dukungan dari luar.

Sekitar 2.000 orang dari pasukan penjaga perdamaian Rusia seharusnya memantau gencatan senjata tahun 2020 tetapi minat Moskow terhadap Armenia telah berkurang selama perang di Ukraina, meskipun Armenia adalah bagian dari aliansi militer CSTO Rusia.

 

4 dari 4 halaman

PM Armenia Siap Akui Karabakh Sebagai Bagian dari Azerbaijan

Mei lalu, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan dikutip mengatakan negaranya akan siap mengakui Karabakh sebagai bagian dari Azerbaijan dengan imbalan keamanan penduduk etnis Armenia.

"Wilayah Azerbaijan seluas 86.600 km persegi mencakup Nagorno-Karabakh," kata PM Pashinyan, merujuk pada Azerbaijan secara keseluruhan.

Rusia juga merasa terganggu dengan sikap Pashinyan yang cenderung condong ke Barat.

Awal bulan ini istrinya Anna Hakobyan berjabat tangan dengan presiden Ukraina pada sebuah konferensi di Kyiv, dan minggu ini, puluhan tentara Armenia dan AS ikut serta dalam latihan militer bersama.

Kremlin membantah tuduhan Armenia bahwa mereka tidak berbuat cukup untuk membantu sekutunya.

Presiden Vladimir Putin baru mengatakan pekan lalu bahwa Rusia tidak memiliki masalah dengan perdana menteri Armenia, namun menambahkan: "Jika Armenia sendiri mengakui bahwa Karabakh adalah bagian dari Azerbaijan, apa yang harus kita lakukan?"

Ratusan pengunjuk rasa di Yerevan menyerukan perdana menteri untuk mengundurkan diri pada hari Selasa karena cara dia menangani krisis ini dan dia memperingatkan adanya kekuatan tak dikenal yang menyerukan kudeta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat