uefau17.com

Diplomasi Musik RI di Korsel, Musisi Balawan Tampil Memukau Tunjukkan Kebhinekaan Indonesia - Global

, Seoul - Panggung The 9th Seoul International Harmonica Festival di Gwanghwamun Square, Seoul, menjadi saksi kepiawaian gitaris legendaris Indonesia, I Wayan Balawan. Ia menghidupkan nuansa keindahan Pulau Bali melalui alunan musiknya pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Dalam penampilannya yang memukau, Balawan dan grup musiknya menyajikan sejumlah lagu, termasuk "Janger," sebagai upaya mengenalkan kebhinekaan Indonesia kepada masyarakat Korea Selatan.

“Lagu Janger kami bawakan untuk mengingatkan masyarakat Korea Selatan akan kebhinekaan Indonesia melalui keindahan Pulau Bali. Semoga penampilan kami membuat masyarakat Korsel dan asing tertarik untuk berwisata ke Indonesia," ungkap I Wayan Balawan yang dikutip dari siaran tertulis KBRI Seoul, Sabtu (12/8/2023), usai penampilannya di depan patung Raja Sejong, salah satu landmark kota Seoul.

Mengiringi Balawan, kolaborasi apik terjalin dengan Muhammad Reyhan Naufal (harmonika), Indro Hardjodikoro (bass), dan Dharrian Emillio (drum) yang berhasil memukau audiens dengan dua lagu lainnya, yaitu "Andong" dan "Mood Indigo". Penampilan Balawan dan kelompok musiknya mendapat sambutan hangat dari para penonton.

Tak hanya menyajikan musik yang memikat, Balawan juga turut mengucapkan Selamat HUT ke-50 Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea Selatan. Dalam kesempatan tersebut, dia berharap adanya penguatan kerjasama di bidang musik dan budaya, khususnya di kalangan generasi muda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea Capai Setengah Abad

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan menginjak setengah abad pada tahun 2023. Untuk mempererat persahabatan dan kemitraan yang lebih kuat, kedua negara semakin meningkatkan kolaborasi di berbagai sektor, termasuk ekonomi kreatif.

Salah satu fokus kerjasama yang menarik perhatian adalah antara pelaku ekonomi kreatif dari Tanah Air dengan mitra dari Negeri Ginseng.

Diplomasi musik telah menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif Indonesia yang menjanjikan dan berhasil menarik perhatian. Kehadiran Fungsi Ekonomi Kreatif dan Digital, Percepatan Start Up, dan Diplomasi Publik di Kedutaan Besar RI di Seoul di bawah kepemimpinan Duta Besar Gandi Sulistiyanto sejak awal tahun 2022 merupakan bukti nyata dari komitmen Indonesia dalam memperkuat sektor ini.

Festival yang berlangsung hingga tanggal 6 Agustus 2023 jam 19.00 KST menawarkan banyak sajian menarik, termasuk penampilan duet Balawan bersama musisi Spanyol. Melalui setiap penampilan, Indonesia berusaha merangkul dunia dan memperkenalkan pesona budayanya, sembari mengharapkan kerjasama yang semakin erat dengan Korea Selatan di masa depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat