uefau17.com

Selamatkan Orang dari Serangan Jantung dengan Gonggongan, Anjing Jepang Ini Dipuji Sebagai Pahlawan - Global

, Chiba - Seekor anjing dipuji sebagai pahlawan di Jepang setelah menyelamatkan nyawa seorang pria yang mengalami serangan jantung, dengan cara menggonggong tak henti-henti. Upaya memberi peringatan kepada orang lain.

Mengutip dari cnn.com, Sabtu (13/5/2023), Koume anjing kampung yang berusia 5 tahun itu menerima surat penghargaan resmi dari petugas pemadam kebakaran setempat pada upacara khusus bulan Maret lalu atas kerja kerasnya di klub menunggang kuda di Wakaba-ku, Kota Chiba.

Menurut klub berkuda itu, seorang pria berusia 50 tahun, pingsan di taman berkuda pada 25 Februari. Koume, anak anjing yang biasanya pendiam, lalu terdengar menggonggong dan membuat orang-orang di sekitar bergegas membantu pria itu. 

"Koume biasanya pendiam dan menggonggong hanya dalam keadaan yang jarang terjadi," kata Yuna Maruo, seorang instruktur berkuda berusia 23 tahun yang ikut menyelamatkan pria tersebut pada hari itu. "Tapi saat keadaan darurat muncul Koume menggonggong," tambahnya kembali. 

Wakaba Fire Department atau Departemen Pemadam Kebakaran Wakaba mengatakan pengobatan untuk penyelamatan hidup dapat diberikan kepada korban serangan jantung jika orang waspada terhadap perubahan sekecil apa pun.

"Tindakan Koume dalam meminta bantuan dan tindakan staf adalah respons yang sempurna," kata seorang pejabat departemen pemadam kebakaran.

Menurut klub itu, gonggongan Koume memungkinkan staf memanggil ambulans dengan cepat dan paramedis menggunakan defibrillator eksternal otomatis pada pasien tepat pada waktunya.

Pria yang mengalami masalah jantung itu kini telah kembali berkuda di klub tersebut. 

Dan akhirnya klub itu mengatakan telah mempekerjakan anjing betina tersebut sebagai "maskot" mereka untuk menyapa anggota selama beberapa generasi.

Menurut Maruo, Koume sebelumnya juga mengetahui seekor kuda yang mencoba melarikan diri dari fasilitas tersebut dengan melompati pagar dan ketika kuda tua lainnya kesulitan berdiri sendiri.

Anjing Koume tumbuh di bawah pengasuhan anjing lain bernama Ume, yang diyakini Maruo membantu mengajarinya cara meminta bantuan di saat krisis.

Mentor Koume telah mati, tetapi salah satu instruktur berkuda berkata, "Ume pasti bahagia di surga" melihat apa yang dilakukan Koume.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kisah Anjing Kimchi, 'Si Ganteng' yang Setia Menemani Nelayan Bali Melaut

Berbicara mengenai kisah anjing, ada kisah anjing milik pria asal Desa Les Nyoman Triada atau Pak Gombal. Ia bersama istrinya memungut anjing malang.

Pak Nyoman lalu memberi nama Kimchi dan merawat anjing kecil itu, tak lupa mereka membawa anjing itu ke klinik hewan dan menyuntikkan vaksin rabies. 

Seiring berjalannya waktu, Kimchi berubah menjadi anjing yang menggemaskan, dengan bulu-bulu lembut dan terawat makin manja dengan keluarga barunya.

Menariknya, Kimci enggan dipanggil dengan nama itu, berbeda ketika majikannya memanggil dia dengan sebutan 'si ganteng'  anjing lucu itu langsung menghampiri.

"Dulu si ganteng ini dibuang orang, saya dengan istri kemudian membawa ke rumah. Saya bersihkan, bawa ke klinik, suntik rabies, dan kami namai kimci," kata Pak Gombal kepada  di Desa Les, Buleleng, Bali.

Pria berambut panjang dan ramah itu bercerita, anjing sahabat manusia benar adanya, selain unik hanya mau dipanggil dengan sebutan 'Ganteng'.

Baca selengkapnya di sini... 

3 dari 4 halaman

Kisah Haru Anjing Selalu ke Pantai, Setia Menunggu Pemiliknya yang Meninggal

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang memiliki kesetiaan yang sangat tinggi. Bahkan ada beberapa anjing yang setia pada tuannya meski tuannya itu sudah menutup usia. Salah satunya dengan cerita anjing bernama Hachiko, anjing asal Jepang yang selalu setia menunggu tuannya pulang.

Sama dengan Hachiko, di belahan bumi lain ada anjing yang kesetiaannya sangat mengaggumkan dan mengharukan. Seperti kisah seekor anjing yang baru-baru ini viral di media sosial. Anjing tersebut tampak mengunjungi pantai setiap hari.

Bukan tanpa alasan, rupanya ia menunggu tuannya yang tak kunjung pulang. pemilik anjing yang bernama Vaguito itu adalah seorang nelayan.

Namun, nelayan tersebut meninggal saat mencari ikan di laut. Kendati demikian, Vaguito tetap setia menunggu pemiliknya. Sambil menatap lautan, tampak jelas jika anjing tersebut merindukan tuannya.

Kisah haru Vaguito itu dibagikan oleh Jolie Mejia, seorang wanita Peru yang kebetulan sedang berjalan di pantai Punta Negra. Saat itu, ia melihat seekor anjing menatap tajam ke laut. Hewan itu tampak bersih dan cukup makan, jadi Jolie berasumsi bahwa tuannya akan kembali untuk menjemputnya.

Baca selengkapnya di sini... 

4 dari 4 halaman

Viral Kisah Anjing Pelacak Bernama Coco, Bantu Relawan Temukan Korban Cianjur

Tak hanya itu, ada kisah mengharukan mengenai anjing penyelamat pada saat gempa Cianjur yang bernama Coco. Kisah Coco viral di media sosial, bukan pertama kali, Coco sering diturunkan untuk membantu Basarnas atau relawan dalam menemukan korban.

Anjing pintar dan dicintai banyak orang ini merupakan anjing labrador jantan anggota SAR dog Jateng. Sederet fakta lainnya tentang Coco ini diunggah di akun Twitter @WidyoLita bikin warganet salut.

Berikut merangkum dari berbagai sumber tentang kisah Coco anjing pelacak yang bantu relawan teemukan korban Cianjur. 

Berkat bantuan Coco, Basarnas berhasil temukan 3 korban Cianjur yang hilang. Diterjunkannya beberapa anjing pelacak, salah satunya adalah Coco tentunya sangat membantut Tim SAR dan relawan.

Digendong relawan pasca bertugas mencari korban yang hilang, foto Coco ini bikin warganet tersentuh. Coco anjing pelacak pintar ini dapat banyak ucapan semangat dan terima kasih dari warganet.

Baca selengkapnya di sini... 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat