uefau17.com

Krisis di Kawasan, Menlu Retno Dorong Kerja Sama Anggota ASEAN - Global

, Labuan Bajo - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengakui bahwa berbagai krisis tengah melanda ASEAN, dan hanya dapat diatasi dengan kerja sama dari negara anggota. 

"ASEAN berada di persimpangan jalan. Krisis demi krisis sedang menguji kekuatan kita sebagai komunitas," ujarnya dalam pembukaan ASEAN Political Security Community Council (APSC) Meeting di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/5/2023).

Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan KTT ke-42 ASEAN 2023 yang berlangsung 9-11 Mei 2023. 

Lebih lanjut, Retno mengatakan bahwa keketuaan Indonesia tahun ini menyorot sejumlah isu kawasan secara serius. 

"Dari luar, ada persaingan kekuatan besar yang berpotensi membagi kelompok kita. Pada saat yang sama, kita juga harus berurusan dengan makanan dan krisis energi dan perlambatan ekonomi global," tambahnya. 

Sementara itu, krisis berkepanjangan di Myanmar juga menjadi topik pembahasan yang tak luput dalam pertemuan tersebut. 

Menlu Retno juga turut menyinggung isu perdagangan orang akibat penyalahgunaan teknologi yang belakangan marak terjadi di kawasan Asia Tenggara. Masalah ini berdampak bagi para warga negara anggota ASEAN dan sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI).

"Saya ingin membawa perhatian kita pada proliferasi kejahatan transnasional di wilayah kita, dari terorisme dan narkoba hingga pencucian uang dan perdagangan manusia," tutur Retno.

Masalah tersebut, papar Retno, tidak hanya menghadirkan ancaman bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di wilayah ASEAN, tetapi juga menghambat proses pembangunan masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Retno Dorong Negosiasi Perjanjian Ekstradisi ASEAN

Demi mengatasi masalah tersebut, Menlu Retno pun mendorong Negosiasi Perjanjian Ekstradisi ASEAN yang sudah lama tertunda. 

"Besok, para pemimpin akan mengadopsi deklarasi terkait isu ini, untuk pendekatan komprehensif, pencegahan, perlindungan korban, serta kolaborasi agar melawan penyalahgunaan teknologi," ucap Retno.

"Untuk melengkapi upaya ini, kami juga perlu membuat kemajuan di ASEAN, salah satunya negosiasi perjanjian ekstradisi yang telah lama tertunda. Perjanjian ini akan mencegah wilayah kita menjadi surga bagi para penjahat dan memperkuat ASEAN," lanjutnya.

Kerja sama antar negara anggota ASEAN, sebut Retno, dapat memastikan APSC tetap adaptif dan responsif terhadap perubahan lingkungan strategis di kawasan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat