uefau17.com

5 Negara Ini Prediksi Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 H Jatuh pada Jumat 21 April 2023 - Global

, Jakarta - Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

Hal ini diputuskan dan disampaikan langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti Sidang Isbat yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama, Kamis (20/4/2023).

"Berdasarkan posisi Hilal di seluruh Indonesia, sidang isbat secara mufakat menetapkan 1 syawal 1444 hijriah jatuh pada sabtu 22 April Masehi,” ujar Yaqut Kamis (20/4/2023).

Kementerian Agama juga melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai provinsi. Kementerian Agama menurunkan tim ke 123 titik lokasi di seluruh Indonesia. Dalam sidang Isbath itu, mereka melaporkan, apakah pada hari itu hilal terlihat ataukah tidak.

Sebelumnya Indonesia juga memprediksi bahwa 1 Syawal diperkirakan jatuh besok. Namun, lewat Sidang Isbat diputuskan pada Sabtu, 22 April.

Dikutip dari berbagai sumber, ini 5 negara yang juga memprediksi Idul Fitri jatuh pada Jumat, 21 April 2023, namun masih menunggu keputusan otoritas setempat.

1. Arab Saudi

Idul Fitri 2023 akan diperingati selama empat hari di Arab Saudi.

Hari raya ini akan ditandai dengan awal bulan Syawal. Ramadhan di Arab Saudi dimulai pada 23 Maret 2023. Sementara Idul Fitri diperkirakan akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

Meski begitu, tanggal pastinya akan dikonfirmasi lebih lanjut berdasarkan penampakan bulan muda (hilal), dikutip dari laman timeoutriyadh.

2. Uni Emirat Arab

Komite yang mengurusi jatuhnya hari lebaran (1 Syawal) akan menentukan apakah Idul Fitri jatuh pada 21 April atau 22 April.

Jika Lebaran jatuh pada Jumat, warga mendapat libur empat hari dari Kamis hingga Minggu, dikutip dari khaleejtimes, Kamis (20/4/2023).

Jika pada Sabtu, istirahat akan selama lima hari Kamis hingga Senin. Keputusan belum ditentukan, namun dua tanggal ini masih dalam proses penentuan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Qatar

Menurut perhitungan astronomi yang dilakukan oleh para ahli di Rumah Kalender Qatar, Jumat, 21 April 2023, adalah hari pertama bulan Syawal dan hari pertama Idul Fitri, dikutip dari laman QNA.org.

Keputusan akhir mengenai awal Syawal tahun ini tetap menjadi kewenangan Komite Penampakan Bulan Sabit di Kementerian Wakaf dan Urusan Islam di Negara Qatar.

4. Amerika Serikat

Sementara itu, di Amerika Serikat 1 Syawal juga akan diperingati pada Jumat, 21 April 2023, dikutip dari laman moonsighting.

5. Mesir

Lembaga Riset Astronomi dan Geofisika Nasional (NRIAG) di Mesir resmi mengumumkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

 

3 dari 4 halaman

Beda Perayaan Lebaran Idul Fitri dengan Muhammadiyah

Penetapan Hari Raya Idul Fitri pada Sabtu, 22 April 2023 oleh pemerintah menjadikan waktu perayaan Idul Fitri di Indonesia kembali mengalami perbedaan. Sebelumnya warga  Muhammadiyah telah merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah pada 21 April 2023. Perbedaan waktu perayaan lebaran Idul fitri ini dikarenakan metode penentuannya yang berbeda.  

Muhammadiyah menentukan awal bulan dengan metode hisab. Sementara pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU) menggunakan metode  rukyatul hilal. 

Terkait adanya perbedaan ini, Pemerintah mengimbau masyarakat dan para pemuka agama untuk tidak meributkan dan tetap saling menghargai. 

"Apabila di kalangan masyarakat terjadi perbedaan penyelenggaraan shalat ‘Idulfitri, hendaknya hal tersebut direspon dan disikapi secara bijak, dengan saling menghormati pilihan pendapat keagamaan masing-masing individu,” pesan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Rembang, Minggu (16/4/2023).

Yaqut juga mengimbau kepada seluruh pemimpin daerah agar dapat mengakomodir permohonan izin fasilitas umum di wilayah kerjanya untuk penggunaan kegiatan keagamaan selama tidak melanggar ketentuan perundang-undangan. 

 

4 dari 4 halaman

Menghargai Perbedaan

Menurut Menag, hal ini penting untuk dilakukan dalam rangka merayakan perbedaan dengan cara arif dan bijaksana.

“Saya mengapresiasi Wali Kota Pekalongan yang telah memfasilitasi Ta'mir Masjid Al Hikmah untuk dapat menggunakan fasilitas umum yang lain dalam pelaksanaan shalat ‘Idulfitri yang akan diselenggarakan pada 21 April 2023. Sehingga, masyarakat yang akan melaksanaan Salat Idulfitri pada 21 April 2023 tetap dapat terfasilitasi,” sambungnya.

Menag mengajak seluruh pihak untuk senantiasa menjadikan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat sebagai ruh dan spirit dalam kehidupan keberagamaan sehari-hari. Hal inilah yang menurut Gus Men sebagai wujud Gerakan Moderasi Beragama yang dicanangkan Pemerintah Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat