uefau17.com

Pisang Goreng Jadi Makanan Penutup Terbaik di Dunia, Churros dan Bomboloni Kalah - Global

, Jakarta - Indonesia memiliki beragam kuliner tradisional. Setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri.

Salah satu contoh makanan asli Indonesia adalah rendang. Makanan ini bahkan pernah mendapat pengakuan dunia, menyabet predikat sebagai makanan terenak di dunia. 

Selain rendang, sejumlah makanan dari Indonesia pun pernah juga mendapat pengakuan dunia, beberapa di antaranya nasi goreng dan gado-gado.

Kali ini, giliran pisang goreng yang mendapat posisi teratas dalam daftar makanan penutup yang digoreng paling enak di dunia.

Taste Atlas, website berisi panduan wisata seluruh dunia yang sering membagikan daftar makanan atau tempat wisata terbaik di berbagai negara, memberikan penilaiannya terhadap 10 makanan penutup yang digoreng dan paling enak di dunia. Hasilnya, pisang goreng berada di posisi teratas.

Dilansir laman resmi Taste Atlas, Kamis (16/2/2023), berikut ini daftar 10 makanan penutup tersebut, di mana pisang goreng menempati posisi teratas:

1. Pisang Goreng

Pisang goreng merupakan jajanan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia. Jajanan ini biasanya datang dalam berbagai versi, di mana potongan pisang akan dilapisi adonan tepung sebelum digoreng sampai berwarna keemasan.

Selain banyak jenis lainnya, pisang goreng juga muncul dengan nama yang berbeda seperti godoh biu di Bali atau gedhang goreng di Jawa.

Jajanan ini secara tradisional dijual di warung pinggir jalan dan gerobak. Selain itu, ada beragam cara dalam menikmati pisang goreng di Indonesia. Sementara masyarakat di Jawa akan menyantapnya sebagai hidangan pendamping minum kopi dan teh, masyarakat Manado biasanya menikmatinya didampingi dengan sambal ikan roa. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

2. Quarkbällchen

Quarkbällchen adalah camilan tradisional Jerman yang biasanya dibuat dengan menggabungkan quark, tepung, telur, gula, gula vanila, dan baking powder.

Quark sendiri merupakan salah satu bentuk olahan susu yang lebih sehat dibanding yoghurt. Susu, mentega cair, kayu manis, kulit lemon, dan tepung jagung atau kentang juga terkadang ditambahkan ke dalam adonannya.

Campuran quark dibentuk menjadi bola-bola kecil yang digoreng hingga berwarna cokelat keemasan di bagian luar dan lembut serta mengembang di bagian dalam.

Setelah selesai, bola-bola akan biasanya dilapisi gula bubuk atau gula pasir atau campuran gula kayu manis. Diperkirakan berasal dari Bavaria, suguhan manis ini umumnya dinikmati sebagai camilan sore bersama secangkir teh atau kopi. 

3 dari 10 halaman

3. Pastelitos Criollos

Kue asal Argentina yang renyah ini biasanya berbentuk bintang, sedangkan bagian tengahnya diisi dengan quince atau pengawet ubi jalar (dulce). Hidangan ini biasanya digoreng dan kemudian ditaburi gula. Opsi lainnya, kue ini juga dapat diisi dengan dulce de leche dan atasnya dengan taburan warna-warni.

Pastelitos secara tradisional dinikmati pada 25 Mei, ketika memperingati Revolusi Mei dan pembentukan pemerintah Argentina pertama yang merdeka.

4 dari 10 halaman

4. Fouskakia

Fouskakia adalah donat Yunani tradisional yang juga banyak dikenal sebagai loukoumades. Hidangan ini banyak disiapkan di pulau Skopelos dan Alonnisos, di Laut Aegea barat laut. Nama khusus ini berasal dari kata Yunani foúska, yang berarti gelembung , mengacu pada bentuk bulat kecil dari adonan goreng halus yang menyerupai gelembung.

Donat ini biasanya dibuat dengan adonan tepung, air, dan ragi sederhana, dan setelah digoreng dengan minyak, donat biasanya dimakan saat masih hangat. Sementara Fouskakia biasanya dinikmati dengan taburan madu di atasnya dan ditaburi kayu manis atau kacang, meski bisa juga ditemani dengan sendok es krim di sampingnya.

5 dari 10 halaman

5. Krapfen

Krapfen adalah donat gaya Eropa pertama yang muncul, yang kemudian diikuti oleh donat serupa di negara lain. Kue-kue ini secara tradisional disiapkan dengan adonan beragi yang digoreng hingga keemasan dan renyah di bagian luar, sementara bagian dalamnya tetap lembut dan ringan.

Meskipun krapfen dapat dibuat polos, krapfen paling sering diisi atau diberi selai, dan custard vanila atau cokelat. Sedangkan bagian atasnya biasanya ditaburi gula bubuk atau ditaburi cokelat. 

Asal kata krapfen berasal dari abad ke-9, dan resep dalam bahasa Jerman dapat ditemukan sejak abad ke-14. 

6 dari 10 halaman

6. Picarone

Picarone adalah makanan ala Peruvian street food, suguhan lezat gorengan yang juga sering disebut sebagai donat Peru. Adonan dibentuk menjadi cincin dan digoreng dengan minyak panas, lalu picarone ditaburi gula tebu manis.

Diyakini bahwa hidangan ini pertama kali disiapkan selama Kerajaan Spanyol di Lima dan mereka mungkin didasarkan pada buñuelos Spanyol. Resepnya pun diadaptasi oleh penduduk setempat yang menambahkan ubi dan labu ke dalam adonan.

7 dari 10 halaman

7. Bomboloni

Donat goreng Italia yang dikenal sebagai bomboloni adalah salah satu penganan tradisional pada musim Karnaval, tetapi saat ini hidangan ini dapat disiapkan sepanjang tahun. Meskipun bomboloni dikatakan berasal dari Tuscan, namun  biasanya dijual sebagai makanan ringan di banyak toko roti dan kedai kopi.

Penyajian bomboloni pun beragam. Di Tuscany dan wilayah utara Italia, bombolini hanya dilapisi gula. Sementara di Lazio, bomboloni berisikan krim halus di dalamnya. 

8 dari 10 halaman

8. Bola de Berlim

Bolas de Berlim adalah donat Portugis yang dibelah menjadi dua, lalu diisi dengan custard berbahan dasar telur yang manis dan lembut. Lembut di bagian luar dan kental serta lembut di bagian dalam, donat ini biasanya ditaburi dengan gula pasir sebelum diisi dengan custard.

Di pantai Portugis, banyak penjual yang menawarkan bola-bola lezat ini dan penduduk setempat suka mengonsumsinya sambil berjemur. Meski bolas de Berlim biasanya diisi dengan custard, donat ini juga bisa dipesan sem creme, yang artinya tanpa isian krim.

9 dari 10 halaman

9. Churros

Churros merupakan hidangan penutup dari adonan ragi  yang digoreng dan ditaburi gula.

Jajanan iniawalnya ditemukan oleh para penggembala Spanyol yang dapat dengan mudah memasaknya di atas wajan di atas api terbuka.

Jajanan ini identik dengan taburan gula kayu manis.  Hidangan ini paling sering dimakan di Spanyol dan Amerika Latin sebagai salah satu menu sarapan, ditemani dengan secangkir kopi kental atau secangkir cokelat panas kental. 

10 dari 10 halaman

10. Vdolky

Donat asal Ceko yang lembut dan empuk ini dibuat dengan adonan beragi yang terkadang diberikan kulit lemon. Biasanya berbentuk bulat dan memiliki lekukan kecil di atasnya, yang digunakan untuk menampung topping yang lezat. Meski bisa dipanggang di oven, vdolky biasanya digoreng dengan minyak hingga berwarna cokelat keemasan.

Secara tradisional, donat ini dinikmati hangat-hangat, disiram selai dan atasnya dilengkapi dengan krim kocok atau keju cottage yang dihancurkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat