uefau17.com

Info Beasiswa Kewirausahaan: Singapura Kolaborasi dengan LPDP - Global

, Jakarta - Kedutaan Besar Singapura di Jakarta mengumumkan program beasiswa kolaborasi antara kampus top di negaranya dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Indonesia. Beasiswa itu adalah jenis kewirausahaan. 

Beasiswa kewirausahaan ini membuka kesempatan meraih gelar Master of Science in Venture Creation di National University of Singapore (NUS) Enterprise.

"Pendaftaran Beasiswa Kerja Sama Bidang Kewirausahaan Master of Science in Venture Creation (MSVC) dibuka mulai 31 Januari 2023 hingga 28 Februari 2023. LPDP memberikan durasi pendanaan studi di NUS Enterprise paling lama 12 bulan termasuk program magang. Para pendaftar diwajibkan untuk melakukan registrasi pada aplikasi pendaftaran LPDP dan NUS Enterprise untuk dapat mengikuti proses seleksi beasiswa," tulis keterangan di situs resmi LPDP, Rabu (8/2/2023). 

LPDP menjelaskan bahwa beasiswa kerja sama ini bersifat co-funding antara LPDP dengan National University of Singapore (NUS) Enterprise. Beasiswa ini untuk mendidik calon pengusaha yang ingin meluncurkan usaha baru dan mengembangkan bisnis.

Edukasi di NUS diharapkan bisa membantu pengembangan bisnis, serta agar para calon pebisnis memiliki akses teknologi yang dimiliki NUS Enterprise serta peluang jaringan dan akses pasar.

“Pertumbuhan atau penciptaan bisnis baru itu sebenarnya tanda atau lambang atau tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Tidak hanya diukur dari sisi ekonomi, tapi dari sisi inovasi. Kemajuan itu adalah sebenarnya berbanding lurus dengan jumlah bisnis baru yang diciptakan masyarakat itu.” ujar Direktur Beasiswa Dwi Larso dalam acara Sosialisasi Beasiswa Targeted Kewirausahaan LPDP 2023 secara daring pada 2 Februari 2023.

Penjelasan lebih lanjut mengenai beasiswa ini tersedia di situs LPDP. Pihak LPDP mengimbau calon pendaftar untuk selalu berpedoman pada informasi yang disebarkan oleh kanal resmi LPDP.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Simak Jadwal, Ketentuan, hingga Persyaratan Daftar Beasiswa LPDP 2023

Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP 2023 tahap I telah dibuka pada Rabu 25 Januari 2023. Pendaftaran akan berlangsung selama satu bulan atau berakhir pada 25 Februari 2023.

Untuk pendaftaran LPDP tahap II, dijadwalkan pada 9 Juni sampai 9 Juli 2023. Bagi masyarakat yang berminat mendaftarkan diri beasiswa LPDP 2023, dapat dilakukan secara online melalui laman beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

Lantas, apakah beasiswa LPDP? Melansir laman resmi lpdp.kemenkeu.go.id, LPDP berkomitmen untuk mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan melalui program beasiswa dan mendorong inovasi melalui pendanaan penelitian untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan maju.

LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister/doktoral bagi talenta terbaik Indonesia dan mendukung program beasiswa lain yang disediakan oleh Kementerian/Lembaga terkait.

Ada tiga program dalam beasiswa LPDP 2023 yaitu Program Umum, Program Targeted (khusus untuk profesi tertentu), dan Program Afirmasi, berikut selengkapnya :

Program Umum LPDP:

  • Beasiswa Reguler
  • Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia
  • Beasiswa Parsial

Program Targeted LPDP:

  • Beasiswa PNS, TNI, POLRI
  • Beasiswa Kewirausahaan
  • Beasiswa Pendidikan Kader Ulama
  • Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis

Program Afirmasi:

  • Beasiswa Penyandang Disabilitas
  • Beasiswa Putra-putri Papua
  • Beasiswa Daerah Afirmasi
  • Beasiswa Prasejahtera

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023

Berikut cara pendaftaran beasiswa LPDP 2023:

1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran

3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

4. Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis diterbitkan pada tahun 2023 dan sesuai ketentuan LPDP.

(informasi detail terkait dokumen dapat dilihat pada booklet atau buku panduan masing-masing program pada laman resmi LPDP)

3 dari 3 halaman

Jadwal Seleksi LPDP 2023

Proses seleksi dapat dilakukan secara daring atau luring, atau gabungan daring dan luring (hybrid) menyesuaikan kebijakan LPDP dan akan diinformasikan kemudian.

Sehingga, pada aplikasi pendaftaran, pendaftar harus memilih kota/lokasi Seleksi yang disediakan oleh LPDP. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika nantinya Seleksi akan dilakukan secara luring atau hybrid.

Pendaftaran ini pun terbagi dalam 2 tahap, berikut rinciannya:

TAHAP I

  1. Pembukaan Pendaftaran: 25 Januari - 25 Februari 2023
  2. Seleksi Administrasi: 27 Februari - 11 Maret 2023
  3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 14 Maret 2023
  4. Seleksi Bakat Skolastik: 27 - 29 Maret 2023
  5. Pengumuman Seleksi Bakat Skolastik: 5 April 2023
  6. Seleksi Substansi: 10 - 15 April dan 2 - 31 Mei 2023
  7. Pengumuman Hasil Seleksi Substansi: 8 Juni 2023

Intake Paling Cepat: Juli 2023

TAHAP II

  1. Pembukaan Pendaftaran: 9 Juni - 9 Juli 2023
  2. Seleksi Administrasi: 10 - 23 Juli 2023
  3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 27 Juli 2023
  4. Seleksi Bakat Skolastik: 7 - 9 Agustus 2023
  5. Pengumuman Seleksi Bakat Skolastik: 16 Agustus 2023
  6. Seleksi Substansi: 4 September - 27 Oktober 2023
  7. Pengumuman Hasil Seleksi Substansi: 7 November 2023

Intake Paling Cepat: Januari 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat