uefau17.com

Ledakan Akuarium Raksasa Berlin, Polisi Tak Cari Tersangka Potensial - Global

, Jakarta - Polisi Berlin mengatakan mereka tidak mencari tersangka setelah ledakan akuarium "AquaDom" pada hari Jumat, memperingatkan publik tentang apa yang mereka katakan adalah tweet palsu.

Ledakan di hotel Radisson Blu menumpahkan satu juta liter air asin, membanjiri hotel dan jalan-jalan terdekat.

Ratusan ikan mati dan dua orang terluka akibat kaca yang jatuh.

Inspektur kini telah menyatakan bangunan itu aman, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (18/12/2022).

Seorang sumber polisi mengatakan kepada media lokal pada hari Jumat bahwa tidak ada bukti bahwa ledakan di akuarium setinggi 15,85m (52 kaki) itu adalah hasil dari serangan yang ditargetkan.

Mereka juga turun ke media sosial untuk membantah cuitan dari akun peniru yang meminta bantuan publik dalam melacak tersangka yang terkait dengan insiden tersebut.

Sebuah tweet dari akun polisi Berlin yang asli mengatakan bahwa mereka "secara tegas memisahkan diri" dari posting palsu dan telah meminta orang untuk tidak mensirkulasi ulang.

Penyelidikan tentang penyebab pasti ledakan sedang berlangsung tetapi ada spekulasi bahwa suhu beku - yang turun serendah -6C semalam pada hari Jumat - mungkin telah menyebabkan retakan di tangki.

Senator Dalam Negeri Berlin, Iris Spranger, mengatakan kepada kantor berita DPA bahwa tanda-tanda pertama menunjukkan bahwa penyebabnya adalah "kelelahan material".

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan Penyelidikan dari AS

Perusahaan AS Reynolds Polymer Technology, yang terlibat dalam pembangunan tangki, mengatakan akan mengirim tim untuk menyelidiki pecahnya tetapi masih terlalu dini untuk menentukan penyebabnya.

AquaDom dibuka pada Desember 2003 dan diberi Guinness World Record sebagai akuarium silinder terbesar di dunia.

Menurut laporan pada saat pembangunannya, biayanya sekitar €12.8m (£11.2 juta) untuk membangunnya. Terakhir diperbaharui pada tahun 2020.

Dilaporkan telah terjadi kerusakan luas pada lobi di hotel Radisson Blu dari ledakan hari Jumat, dengan juru bicara departemen pemadam kebakaran setempat mengatakan kepada penyiar Jerman Rundfunk Berlin-Brandenburg bahwa itu "terlihat seperti medan perang".

Friedrich Engel, juru bicara Badan Federal untuk Bantuan Teknis, yang membantu dalam keadaan darurat, mengatakan bahwa bangunan itu telah diklasifikasikan sebagai aman dan diserahkan kembali kepada pemiliknya.

Seorang juru bicara pemiliknya, Union Investment, mengatakan kepada media bahwa bangunan itu tidak dalam bahaya runtuh.

 

3 dari 3 halaman

Hotel Ditutup

Hotel telah ditutup tanpa batas waktu dan para tamunya telah dipindahkan.

Usaha lain di kompleks bangunan juga dilaporkan mengalami kerusakan.

Sementara sebagian besar dari 1.500 ikan yang disimpan di akuarium tewas dalam ledakan itu, beberapa berhasil bertahan hidup dan telah dibawa ke tempat lain.

Ratusan ikan lagi yang disimpan di ruang bawah tanah untuk tujuan pembiakan juga berisiko dari pemadaman listrik yang mengikuti insiden tersebut tetapi mereka juga sekarang telah dipindahkan ke tempat yang aman.

Kelompok hak asasi hewan Help for Animals in Need telah memulai petisi online yang mendesak agar tidak memasang akuarium baru.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat