uefau17.com

Bawakan Lagu Anak Sekolah, Penampilan Dikta Makin Inklusif dengan Juru Bahasa Isyarat - Disabilitas

, Jakarta Penyanyi Dikta baru-baru ini tampil di panggung dengan membawa nilai inklusif disabilitas.

Alih-alih didampingi para penari latar, penampilan Dikta di acara musik HOOKspace diwarnai dengan hadirnya juru bahasa isyarat (JBI).

Dalam video yang diunggah di Instagram HOOKspace 11 Februari 2023, JBI Resnumurti Ritandea Harjana Kahar terlihat menginterpretasikan lagu yang dibawakan Dikta dengan penuh semangat.

Interpretasi lagu Anak Sekolah yang dipopulerkan penyanyi senior almarhum Chrisye berhasil memberi akses pada teman Tuli yang ikut serta dalam meriahnya konser.

 “Sudah seharusnya musik bisa dinikmati semua kalangan karena musik bukan monopoli oknum,” tulis HOOKSpace dalam keterangan video dikutip, Minggu (19/2/2023).

Resnumurti yang bertugas mengalihbahasakan lagu di konser tersebut pun mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan padanya.

“Thanks for opportunity and joy the moment. Terima kasih untuk teman-teman yang sudah mendukung have a sign language interpreter at the concert, love you,” tulis Resnumurti.

Konser ini pun mendapat respons positif dari warganet. Pasalnya, tak hanya menampilkan JBI, konser yang bekerja sama dengan Pusat Rehabilitasi YAKKUM juga memperhitungkan ruang atau tempat khusus penonton disabilitas.

Bahkan, sebagian laba penjualan tiket didonasikan untuk pembuatan kaki dan tangan palsu bagi penyandang disabilitas fisik yang membutuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Hanya Menghibur

Tak sedikit warganet yang memuji acara ini. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa konsep acaranya tidak hanya menghibur, tapi juga menyentuh hati.

“Idenya, konsepnya, panitia sedetail itu memikirkan space khusus untuk penyandang disabilitas. Menampilkan interpreter yang atraktif menyampaikan lagu yang sedang dinyanyikan bahkan sebagian keuntungan penjualan tiket didonasikan untuk pembuatan kaki tangan palsu bagi yg membutuhkan,” kata warganet.

“OMG sebuah konsep acara yang tidak hanya menghibur namun juga sangat menyentuh hati,” tambahnya.

Warganet lain yang menjadi salah satu penonton di acara tersebut pun mengaku puas telah menjadi bagian dari acara.

“Puas puas puas tadi nontonnya,” katanya.

3 dari 4 halaman

Di Konser Lain

Kehadiran JBI di konser bukan kali pertama. Beberapa musisi dalam dan luar negeri juga sempat menarik perhatian karena penampilannya yang dinilai inklusif.

Salah satu penyanyi yang dekat dengan penggemar disabilitas adalah Yura Yunita. Di festival musik yang digelar pada Sabtu 10 Desember 2022, penyanyi berdarah Sunda ini menyapa penonton dengan bahasa isyarat setelah mengetahui beberapa penonton adalah penyandang Tuli.

Melalui video singkat di akun Instagramnya, Yura memperlihatkan proses belajar bahasa isyarat agar bisa menyapa penonton.

"Dapat kabar kalau di acara hari ini (Sabtu 10 Desember) akan ada banyak teman Tuli yang datang,” kata Yura dalam video singkat yang dibagikan di Instagram centang biru miliknya.

4 dari 4 halaman

Belajar Sebelum Manggung

Video tersebut pun memperlihatkan proses Yura belajar bahasa isyarat beberapa saat sebelum manggung. Tepatnya saat wajahnya dirias.

Di depan cermin meja rias, ia mempraktikkan beberapa gerakan bahasa isyarat sederhana.

“Aku belajar bahasa isyarat, tidak banyak tapi aku ingin tetap bisa berinteraksi dengan semua teman Tuli yang datang.”

Di panggung, pelantun lagu Dunia Tipu-Tipu mempraktikkan hasil belajarnya. Ia memperkenalkan namanya serta nama panggilannya dengan menggunakan bahasa isyarat di depan para penonton.

Para penonton pun menyambut dengan meriah terutama para penyandang Tuli. Mereka pun terlihat gembira dan sangat menikmati penampilan Yura sambil bernyanyi menggunakan bahasa isyarat.

“Senang rasanya semua yang hadir bisa bersenang-senang, termasuk teman-teman Tuli yang datang, mereka bisa bernyanyi bersama dalam sunyi dengan bahasa isyarat,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat