uefau17.com

Kepala Penegakan Kripto di SEC Resmi Tinggalkan Jabatannya  - Crypto

, Jakarta - Kepala Unit Aset Kripto dan Siber Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) di Divisi Penegakan, David Hirsch, telah meninggalkan SEC setelah hampir sembilan tahun mengabdi.

"Jumat lalu menandai hari terakhir saya di SEC setelah hampir sembilan tahun," tulis Hirsch mengumumkan di LinkedIn, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (19/6/2024). 

Hirsch menyatakan kebanggaannya atas pencapaian tim Aset Kripto dan Unit Siber, yang mendapat kehormatan untuk dipimpinnya. 

Meskipun begitu, Hirsch tidak membeberkan rencana masa depannya, ia menyebutkan akan membagikan lebih banyak detail setelah istirahat. Sebelum masa jabatannya di SEC, ia menjabat sebagai anggota dewan penasihat hukum di Pusat Keamanan Siber NYU.

"Saya sangat bangga dengan pekerjaan bersejarah yang dilakukan oleh tim Aset Kripto dan Unit Siber. Sepanjang masa jabatan saya, saya memiliki kesempatan untuk terlibat dalam penyelidikan dan permasalahan yang lebih kompleks dan menantang daripada yang pernah saya bayangkan ketika saya pertama kali bergabung," ujar dia.

SEC memainkan peran penting dalam lanskap regulasi mata uang kripto yang terus berkembang, terutama karena kripto menjadi isu politik yang kontroversial di AS menjelang pemilihan presiden mendatang. 

Baru-baru ini, badan tersebut menghadapi tekanan yang meningkat dari anggota parlemen untuk menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa Ethereum. Selain itu, Ketua SEC Gary Gensler telah menjadi sosok kontroversial di kalangan penggemar kripto, sering kali dianggap antagonis.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

SEC Bakal Menindak Pertukaran Kripto Robinhood Terkait Dugaan Pelanggaran Sekuritas

Sebelumnya, Robinhood, platform perdagangan populer, telah menerima pemberitahuan Wells dari Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC), yang menyebabkan penurunan harga sahamnya sebesar 2,5% selama perdagangan pra-pasar.

Pemberitahuan Wells adalah surat resmi yang dikirim oleh regulator sekuritas AS yang menandakan kesimpulan penyelidikannya, dalam hal ini, terhadap bisnis kripto Robinhood yang berbasis di AS. 

SEC telah menyimpulkan penetapan awal untuk merekomendasikan tindakan penegakan hukum terkait dugaan pelanggaran sekuritas. 

Investigasi ini mengikuti upaya Robinhood untuk mendaftar ke pengawas sekuritas AS, seperti yang disoroti oleh Dan Gallagher, kepala bagian hukum, kepatuhan, dan urusan perusahaan di Robinhood Markets. 

Gallagher menyatakan kekecewaannya terhadap keputusan SEC, dengan menyatakan setelah bertahun-tahun berupaya dengan itikad baik untuk bekerja sama dengan SEC untuk kejelasan peraturan.

“Ini termasuk upaya kami yang terkenal untuk 'masuk dan mendaftar', kami kecewa karena agensi tersebut memutuskan untuk mengeluarkan keputusan SEC. Pemberitahuan Wells terkait dengan bisnis  kripto AS kami,” kata Gallagher, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (8/5/2024).

 

 

3 dari 4 halaman

Proaktif Hindari Potensi Pelanggaran

Dia lebih lanjut menekankan Robinhood tidak memandang aset tercatatnya sebagai sekuritas.

Robinhood telah proaktif dalam menghindari potensi pelanggaran sekuritas dengan menahan diri untuk tidak mencantumkan token tertentu dan menyediakan pinjaman kripto dan layanan staking yang dapat dituntut oleh platform lain. 

Namun, kurangnya kejelasan peraturan federal di bidang kripto telah menciptakan lapangan bermain yang tidak seimbang bagi para pelaku pasar, menghambat adopsi arus utama dan membuat kepatuhan terhadap peraturan menjadi menantang, menurut kepala kepatuhan Robinhood.

 

4 dari 4 halaman

Anggota Parlemen AS Pertanyakan Proyek Kripto dan Blockchain Meta

Sebelumnya, Komite Layanan Keuangan DPR Amerika Serikat, Maxine Waters memberikan tekanan pada Meta untuk terbuka tentang rencana terkait blockchain atau kriptonya. Ini karena lima aplikasi merek dagang terkait cryptocurrency dan blockchain milik META masih aktif sejak 2022.

Dilansir dari Cointelegraph, Rabu (24/1/2024), Maxine Waters menyatakan dalam surat pada 22 Januari kepada pendiri dan CEO Meta Mark Zuckerberg dan kepala operasi META, Javier Olivan permohonan merek dagang yang diajukan pada 18 Maret 2022 mewakili niat berkelanjutan untuk memperluas keterlibatan perusahaan dalam ekosistem aset digital.

Waters mengatakan, aplikasi tersebut menunjukkan Meta sedang mengerjakan aset digital meskipun Meta memberi tahu staf Komite Jasa Keuangan Demokrat pada 12 Oktober 2023,  tidak ada aset digital yang sedang dikerjakan di Meta.

Meta membatalkan rencana pembayarannya kripto stablecoin Diem (sebelumnya Libra) pada pertengahan 2019 karena tekanan dari anggota parlemen. Ia menjual Diem seharga USD 200 juta atau setara Rp 3,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.658 per dolar AS pada Januari 2022 ke Silvergate Bank yang sekarang bangkrut.

Rencana Meta pada pertengahan 2019 untuk merilis dompet digital, Novi (sebelumnya Calibra), pada 2020 juga gagal tanpa ada indikasi tanggal rilis baru. 

Pengajuan merek dagang META menunjukkan berbagai layanan untuk perdagangan kripto, aset blockchain, pertukaran, pembayaran, transfer, dompet, dan infrastruktur perangkat keras dan perangkat lunak terkait.

Meta memiliki waktu paling cepat hingga 15 Februari untuk merespons surat pertama yang dikirimkan. NOA terbaru dikirimkan pada 16 Januari, artinya masih ada waktu hingga 16 Juli untuk merespons.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat