uefau17.com

CEO Miller Value Partners Bill Miller Ungkap Alasan Bitcoin Masih Diremehkan - Crypto

, Jakarta - CEO perusahaan Miller Value Partners sekaligus investor kripto, Bill Miller menjelaskan mengapa bitcoin masih dinilai terlalu rendah meskipun mata uang kripto tersebut berada pada level tertinggi baru-baru ini.

Dikutip dari laman Bitcoin.com, Miller menekankan potensi bitcoin sebagai sistem moneter revolusioner yang lebih unggul dari mata uang fiat, yang tunduk pada kendali manusia dan penurunan nilai. Miller yakin kapitalisasi pasar bitcoin memiliki ruang untuk pertumbuhan substansial.

“Saya percaya Bitcoin saat ini masih Diremehkan Secara Signifikan,” kata Miller.

Miller menjelaskan dalam sebuah postingan blog pribadinya pada Senin, 10 Juni 2024 alasan mengapa dia masih bertaruh pada bitcoin.

“Meskipun bitcoin baru-baru ini mencapai titik tertinggi baru terhadap semua mata uang fiat, saya yakin bitcoin saat ini masih terlalu rendah nilainya dan bahwa dunia kemungkinan berada pada tahap awal perubahan sekuler mengenai cara berpikir manusia tentang modal dan tata kelolanya,” tulis Miller.

Dia menuturkan, uang berfungsi sebagai sistem akuntabilitas, tetapi kendali manusia menyebabkan kesalahan dan pengaruh, menyebabkan devaluasi mata uang karena politisi dan regulator menciptakan unit baru.

Miller mencatat, “Broken Money” karya Lyn Alden menunjukkan teknologi moneter yang unggul semakin unggul, seiring dengan upaya masyarakat untuk melestarikan atau mengembangkan pilihan keuangan mereka.

Menurut Miller, menentukan nilai intrinsik bitcoin merupakan hal yang menantang, tetapi ia yakin nilainya jauh lebih besar daripada kapitalisasi pasar saat ini sebesar USD1,5 triliun, terutama dalam sistem fiat global yang mendekati satu kuadriliun dolar. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apakah Bitcoin Bakal Berkembang?

Dia mencatat, bitcoin hanya mewakili sebagian kecil dari pasar modal dunia, tetapi blockchainnya lebih akuntabel dan aman dibandingkan sistem fiat terbaik.

“Tidak seperti apa pun yang pernah kita lihat sebelumnya, bitcoin adalah terobosan teknologi yang sesungguhnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa dengan bitcoin, kini terdapat jaringan buku besar global yang secara efektif tidak dapat diubah, otomatis, dan transparan dengan tata kelola terdesentralisasi yang memungkinkan pengalihan hak properti melalui ruang dan waktu tanpa izin manusia atau kemungkinan penyitaan.

Miller menyimpulkan sebagai teknologi inovatif, Bitcoin dapat mengalami perkembangan dan perubahan nilai yang tidak terduga. Meskipun mungkin tidak ada gunanya bagi sebagian orang.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

Apa Itu Bitcoin?

Sebelumnya, Bitcoin menjadi salah satu aset kripto terbesar di dunia saat ini berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Berdasarkan harga pun, Bitcoin menjadi salah kripto yang memiliki harga termahal. Lantas sebenarnya apa itu Bitcoin dan bagaimana cara kerjanya? 

Dilansir dari Investopedia, Kamis (28/7/2022), Bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi yang dapat dibeli, dijual, dan ditukarkan secara langsung, tanpa perantara seperti bank. 

Bitcoin diperkenalkan ke publik pada 2009 oleh pengembang anonim atau kelompok pengembang yang menggunakan nama Satoshi Nakamoto. Nakamoto, awalnya menggambarkan perlunya “sistem pembayaran elektronik berdasarkan bukti kriptografi, bukan kepercayaan.”

Setiap transaksi Bitcoin yang pernah dilakukan ada di buku besar publik yang dapat diakses oleh semua orang, membuat transaksi sulit untuk dibalik dan sulit dipalsukan. 

Hal ini dirancang karena inti dari sifatnya yang terdesentralisasi, Bitcoin tidak didukung oleh pemerintah atau lembaga penerbit mana pun, dan tidak ada yang menjamin nilainya selain bukti yang tertanam di jantung sistem.

Sejak itu menjadi cryptocurrency paling terkenal di dunia. Popularitasnya telah mengilhami pengembangan banyak cryptocurrency lainnya. 

Pesaing ini mencoba untuk menggantikannya sebagai sistem pembayaran atau digunakan sebagai utilitas atau token keamanan di blockchain lain dan teknologi keuangan yang muncul.

Harga Bitcoin sejak 2009 terus meningkat secara drastis, walaupun begitu pergerakan harganya sangat ekstrem bisa melesat cukup tinggi, namun tak lama kemudian bisa kembali merosot. 

 

4 dari 5 halaman

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin?

Bitcoin awalnya dirancang dan dirilis sebagai metode pembayaran peer-to-peer. Namun, kasus penggunaannya berkembang karena nilai dan persaingannya yang meningkat dari blockchain dan cryptocurrency lainnya.

Dilansir dari Forbes, Bitcoin dibangun di atas catatan digital terdistribusi yang disebut blockchain. Sesuai namanya, blockchain adalah kumpulan data yang terhubung, terdiri dari unit yang disebut blok yang berisi informasi tentang setiap transaksi, termasuk tanggal dan waktu, nilai total, pembeli dan penjual, dan kode pengenal unik untuk setiap pertukaran. 

Entri dirangkai dalam urutan kronologis, menciptakan rantai blok digital. Blockchain terdesentralisasi, yang berarti tidak dikendalikan oleh satu organisasi mana pun.

CEO dan salah satu pendiri pertukaran cryptocurrency Afrika Quidax, Buchi Okoro mengatakan cara kerjanya seperti Google Doc yang dapat dikerjakan oleh siapa saja.

“Tidak ada yang memilikinya, tetapi siapa pun yang memiliki tautan dapat berkontribusi padanya. Ketika orang yang berbeda memperbaruinya, salinan Anda juga diperbarui.” kata Okoro.

Kode-kode ini panjang, angka acak, membuatnya sangat sulit untuk diproduksi secara curang. Tingkat keacakan statistik dalam kode verifikasi blockchain, yang diperlukan untuk setiap transaksi, sangat mengurangi risiko siapa pun dapat melakukan transaksi Bitcoin palsu

 

5 dari 5 halaman

Bagaimana Penggunaan Bitcoin?

Bitcoin saat ini memiliki berbagai penggunaan misalnya adalah untuk pembayaran dan investasi. Sebagai pembayaran, Anda harus memiliki dompet cryptocurrency. 

Dompet menyimpan kunci pribadi untuk bitcoin yang Anda miliki, yang perlu dimasukkan saat Anda melakukan transaksi. Bitcoin diterima sebagai alat pembayaran untuk barang dan jasa di banyak pedagang, pengecer, dan toko.

Sedangkan sebagai investasi, Anda bisa mendaftar di berbagai pertukaran kripto dan membeli sejumlah Bitcoin yang bisa anda simpan untuk jangka panjang, atau melakukan trading dalam jangka waktu pendek. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat