uefau17.com

Kerugian Akibat Penipuan dan Peretasan Kripto Sentuh Rp 851 Miliar Sepanjang Mei 2024 - Crypto

, Jakarta - Menurut laporan Immunefi terbaru, aset digital senilai USD 52,3 juta atau setara Rp 851,3 miliar (asumsi kurs Rp 16.255 per dolar AS) hilang akibat peretasan dan penipuan dalam 21 insiden spesifik sepanjang Mei 2024. 

Laporan tersebut menyatakan kerugian ini 12% lebih rendah dari dari Mei 2023 senilai USD 59,3 juta atau setara Rp 963,9 miliar dan 28% lebih rendah dari kerugian April 2024.

Insiden peretasan dan penipuan pada Mei 2024 membuat kerugian kripto sepanjang 2024 menjadi USD 473,2 juta atau setara Rp 7,6 triliun. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan USD 595,4 juta atau setara Rp 9,67 triliun yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu.

Seperti yang ditunjukkan oleh data laporan, ada dua proyek yang menonjol yaitu Gala Games, yang mengalami kerugian sebesar USD 21 juta, dan Sonnefinance dengan USD 20 juta, yang menyumbang hampir 80% dari total kerugian. 

Selain itu, ada tiga insiden sepuluh besar lainnya di mana penyerang mengambil aset digital senilai USD 1 juta atau lebih. Dalam serangan yang tersisa, kerugian berkisar antara USD 540.000 dan USD 300.000.

Sama seperti pada April, peretas hanya berhasil melakukan serangan terhadap platform keuangan terdesentralisasi (defi). Platform keuangan terpusat tidak mengalami satu pun serangan besar. 

Menguraikan serangan-serangan tersebut, laporan Immunefi menyoroti peretasan tetap menjadi metode serangan paling ampuh bagi penjahat dunia maya.

"Peretasan terus menjadi penyebab utama kerugian dibandingkan penipuan. Sebanyak USD 50,6 juta hilang karena peretasan di 14 insiden tertentu. 7 peristiwa penipuan terjadi di bulan Mei, dengan total USD 1,75 juga," kata laporan itu, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (5/6/2024). 

Sementara itu, laporan tersebut juga mengungkapkan Immunefi, platform layanan keamanan, telah memfasilitasi pembayaran terbesar dalam sejarah perangkat lunak.  Dalam salah satu pembayaran ini, Immunefi mengatakan pihaknya membantu pembayaran sebesar USD 10 juta untuk kerentanan yang ditemukan di Wormhole.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Peretasan Kripto Turun pada Kuartal I 2024

Sebelumnya, pada kuartal pertama 2024 industri mata uang kripto mengalami penurunan kerugian yang diakibatkan oleh peretasan. Menurut data perusahaan keamanan blockchain Immunefi, terjadi penurunan signifikan sebesar 23,1% pada Maret 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut laporan tersebut, jumlah total kerugian akibat insiden peretasan pada kuartal I 2024 berjumlah sekitar USD 336,3 juta. Namun, kerugian sebesar USD 336,3 juta merupakan penurunan 23,1% dibandingkan kerugian sebesar USD 437,5 juta pada kuartal yang sama tahun lalu.

Pasar mata uang kripto mengalami 46 insiden peretasan dan 15 kasus aktivitas penipuan pada kuartal pertama tahun 2024, yang menyebabkan kerugian melebihi USD 321 juta. Dengan total nilai hampir USD 100 miliar yang terkunci dalam protokol Web3, platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) tetap menjadi target utama para peretas, menyumbang 100% eksploitasi yang diidentifikasi oleh Immunefi pada kuartal I, dibandingkan dengan nol untuk platform terpusat (CeFi).

Melansir Cointelegraph, Senin (1/4/2024), dua proyek menyumbang sebagian besar kerugian, dengan total USD 144,5 juta, yang merupakan 43% dari jumlah keseluruhan. Serangan terbesar, sebesar USD 81,7 juta, menargetkan Orbit Bridge selama perayaan Tahun Baru. Adapun Januari menunjukkan kerugian bulanan tertinggi di kuartal I, dengan total USD 133 juta.

CEO Immunefi, Mitchell Amador menekankan kerentanan platform DeFi terhadap pelanggaran kunci pribadi, menyoroti kebutuhan mendesak untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan di seluruh infrastruktur kode dan protokol. Pada akhir kuartal, serangan terbesar kedua melibatkan eksploitasi senilai USD 62 juta pada game NFT berbasis Blast, Munchables.

 

3 dari 4 halaman

Pemulihan dalam 24 Jam

Namun, pemulihan terjadi dalam waktu 24 jam ketika peretas menyerahkan kunci pribadi ke dompet yang berisi aset Munchables. Secara keseluruhan, USD 73,9 juta (22%) dari dana yang dicuri dari tujuh eksploitasi di kuartal I telah diperoleh kembali.

Jumlah serangan juga menurun sebesar 17,6%, dari 74 pada kuartal I 2023 menjadi 61 pada tahun ini. Pada kuartal I, peretasan mendominasi kerugian, mencapai 95,6% (USD 321,6 juta) pada 46 insiden, sementara penipuan, penipuan, dan penarikan permadani menyumbang 4,4% (USD 14,7 juta) pada 15 insiden.

Ethereum mendapatkan kembali posisinya sebagai rantai yang paling ditargetkan, melampaui BNB Chain, dengan kedua jaringan menyumbang 73% dari total kerugian jika digabungkan. Ethereum menghadapi jumlah serangan tertinggi, dengan 33 insiden, yang merupakan 51% dari kerugian.

BNB Chain mengalami 12 serangan, mewakili 22% dana yang dieksploitasi. Insiden lainnya terjadi di Arbitrum, Solana, Optimism, Bitcoin, Blast, Polygon, Conflux Network, dan Base.

4 dari 4 halaman

Survei Binance: 73% Pengguna Eropa Optimistis tentang Masa Depan Kripto

Sebelumnya diberitakan, pertukaran mata uang kripto Binance baru-baru ini mensurvei penggunanya di Eropa di Prancis, Spanyol, Italia, dan Swedia untuk memahami kebiasaan investasi kripto-nya. Survei tersebut dilakukan antara 14 Oktober-8 November 2023 dengan melibatkan 10.498 peserta. 

Berdasarkan hasil, 73% responden optimis terhadap masa depan mata uang kripto, dengan 55% secara eksklusif menggunakan mata uang kripto untuk pembelian sehari-hari dan 24% melakukan lebih dari separuh perdagangan mereka di mata uang kripto. 

Selain pengeluaran sehari-hari, survei tersebut mengungkapkan beragam penggunaan kripto yaitu 34% untuk perdagangan jangka panjang, 26% untuk tabungan, 13% untuk perdagangan harian, dan 9% untuk pembelian rutin.

CMO Binance, Rachel Conlan mengatakan pihaknya senang melihat tingkat optimisme yang tinggi di antara pengguna kripto Eropa, yang mencerminkan meningkatnya minat terhadap teknologi kripto dan blockchain.

“Meningkatnya penggunaan kripto dalam pembelian sehari-hari dan beragam penerapannya menyoroti integrasi aset digital ke dalam kehidupan kita,” kata Conlan, dikutip dari Bitcoin.com, ditulis Minggu (4/2/2024). 

Conlan menambahkan, dengan Eropa yang berada di garis depan dalam menerapkan kerangka peraturan yang aman dan harmonis untuk industri melalui MiCA, terbukti kawasan ini secara aktif membuka jalan bagi adopsi aset digital secara umum.

Di antara responden survei, 82% telah terlibat dalam kripto setidaknya selama satu tahun, dengan 73% dalam rentang satu hingga lima tahun dan 5% memasuki dunia kripto dalam enam bulan terakhir. 

Selain itu, lebih dari separuh (53%) adalah pedagang aktif, menggunakan frekuensi yang beragam, dari bulanan (23%) hingga mingguan (17%) dan harian (12%).

Mengenai pendorong utama adopsi kripto, 20% responden menyebutkan potensi keuntungan yang tinggi sebagai pendorong utama, 18% menekankan cita-cita desentralisasi dan otonomi keuangan, dan 17% menyatakan mereka termotivasi oleh inovasi dan teknologi.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat